MANAJEMEN KEUANGAN SEKOLAH TAMAN KANAK KANAK KALAM KUDUS SIBOLGA 2022/2023

Authors

  • Rosanti Situmeang Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Al Washliyah Sibolga/Tapanuli Tengah
  • Safriadi Pohan STIE Al-Washliyah Sibolga
  • Rifka Hadia Lubis STIE Al-Washliyah Sibolga

DOI:

https://doi.org/10.55606/cemerlang.v2i4.533

Keywords:

Manajemen Keuangan dan RKAS

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan manajemen keuangan sekolah taman kanak kanak kalam kudus Sibolga Pendekatan deskriptif kualitatif dan kuantitatif digunakan dalam penelitian ini dengan menggunakan rancangan studi kasus. Sumber data dari penelitian ini menggunakan purposive sampling, dimana peneliti mengambil sampel untuk sumber data berdasarkan RKAS (Sumber Dana) dan RKAS (Penggunaan) TA. 2020/2021 serta orang yang dianggap paling tahu tentang apa yang peneliti harapkan. Data yang diperoleh melalui: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan langkah pengumpulan data, penyajian data, analisis data dan penarikan kesimpulan.

Kesimpulan penelitian ini, ditemukan bahwa manajemen keuangan di Taman Kanak Kanak Kalam Kudus Sibolga sumber keuangan terdiri dari empat sumber, yaitu: pemerintah yakni Dinas Pendidikan Sibolga, yayasan, komite sekolah dari wali murid dalam bentuk SPP, dan masyarakat atau donatur. Sekolah memiliki rencana kerja yang dibuat selama satu tahun sekali yaitu berupa Rencana Kegiatan Anggaran Sekolah (RKAS). RKAS dibuat sebelum tahun ajaran baru dimulai. Tahap penyusunan RKAS dimulai dengan menyusun rancangan anggaran kebutuhan kegiatan sekolah selama satu tahun ke depan, yang terdiri dari pengurus inti yaitu kepala sekolah, bendahara dan dewan guru. Tahap selanjutnya yaitu membuat RKAS. Setelah RKAS mendapat persetujuan dari Yayasan, Laporan pertanggungjawaban yang harus dibuat oleh sekolah dan Kepala Sekolah. Evaluasi ini dilakukan sekolah untuk mendapatkan laporan keuangan dari sekolah terkait penerimaan dan pengeluaran keuangan sekolah yang berasal dari pemerintah, yayasan, masyarakat, dan donatur.

 

References

Agus, Sartono. 2015. Manajemen Keuangan: Teori Aplikasi. Edisi Keempat. Yogyakarta: BPFE

Anonim. 2013. Manajemen Keuangan sekolah, Direktorat Tenaga Kependidikan, Direktorat Jendral, peningkatan Mutu Pendidik dan tenaga Kependidikan.

Arikunto, Suharsini. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Danumihardja Mintarsyah Hj. 2014, Manajemen Keuangan Sekolah, Jakarta : Uhamka Press

Darma.Surya. 2017 . Manajemen Keuangan Sekolah, Direktorat Tenaga Kependidikan, , Direktorat Jendral, peningkatan Mutu Pendidik dan tenaga Kependidikan.

Dharmasraya, P. 2013. Manajemen Keuangan Sekolah. [online]. Tersedia: http://www.elpramwidya.wordpress.com. Diakses tanggal 21 Mei 2022.

Fattah, Nanang. 2012. Ekonomi dan Pembiayaan Pendidikan. Bandung: PT Remada Rosdakarya Offset..

Handoko, T. Hani. 2016. Manajemen.. Edisi Kedua. Yogyakarta: Penerbit BPFE UGM.

Harsono, 2013. Pengelolaan Perguruan Tinggi.Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Mulyasa. 2018. Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta: Bumi Aksara..

Mulyono , Abdurrahman. 2012. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta : Reneka Cipta

Rohiat. 2018. Manajemen Sekolah – Teori Dasar dan Praktik Dilengkapi dengan Contoh Rencana Strategis dan Rencana Operasional. Bandung: PT. Refika Aditama.

STIE Al-Washliyah Sibolga/Tapanuli Tengah 2022, Pedoman Penulisan Laporan Penelitian Penyusunan Skripsi ”, Sibolga

Sugiyono.2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung:Alfabeta.

________ 2012. Metode Penelitian Bisnis. Bandung : Alfabeta.

Supriadi, Dedi. 2016. Satuan Biaya Pendidikan Dasar dan Menengah. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

Umiarso Imam dan Ghojali, , 2014, Manajemen Mutu Sekolah di Era Otonomi Daerah, “Menjual” Mutu Pendidikan dengan Pendekatan Quality Control bagi Pelaku Lembaga Pendidikan, Yogjakarta: IRCisoD

Downloads

Published

2022-11-14

How to Cite

Rosanti Situmeang, Safriadi Pohan, & Rifka Hadia Lubis. (2022). MANAJEMEN KEUANGAN SEKOLAH TAMAN KANAK KANAK KALAM KUDUS SIBOLGA 2022/2023 . CEMERLANG : Jurnal Manajemen Dan Ekonomi Bisnis, 2(4), 180–190. https://doi.org/10.55606/cemerlang.v2i4.533

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.