Peningkatan Pengetahuan Siswa Sekolah Dasar Negeri Klabang, Jatirejo, Sawit, Boyolali Dalam Manajemen Informasi Perpustakaan Sekolah
DOI:
https://doi.org/10.55606/nusantara.v1i1.401Keywords:
Pengetahuan, Siswa, Manajemen, Informasi, Perpustakaan.Abstract
Sekolah dasar merupakan tempat pembelajaran bagi siswa memperoleh pendidikan dasar. Pembelajaran merupakan suatu proses perubahan tingkah laku yang diperoleh melalui pengalaman individu yang bersangkutan. Kegiatan pengabdian ini bertujuan meningkatkan pengetahuan siswa Sekolah Dasar Negeri Klabang dalam penerapan pengelolaan buku dalam kehidupan untuk menunjang belajarnya. Metode yang digunakan melalui penyuluhan dan pelatihan praktik bagi siswa. Kegiatan diawali dengan mengajak siswa dalam menata buku dan menulis katalog buku serta cara menata buku-buku pada rak yang tersedia secara konvensional. Kemudian kegiatan dilanjutkan dengan memberikan penyuluhan dan praktik cara penginputan data buku serta melihat hasil laporan dalam menggunakan manajemen informasi perpustakaan sekolah berbasis komputerisasi. Setelah adanya kegiatan ini, siswa sekolah dasar negeri Klabang, mendapatkan tambahan pengetahuan, yang diharapkan memberikan dampak bagi siswa dalam mengimplementasikan dalam penataan buku yang di rumah masing-masing guna memudahkan siswa dalam mencari buku-buku pribadi secara efektif dan efisien yang digunakan belajar.
Downloads
References
Ali, Muhammad. Guru Dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung. Penerbit Sinar Baru Algensindo, 2010.
Bafadal, Ibrahim. Pengelolaan Perpustakaan Sekolah, Malang : Bumi Aksara, 2013.
Danim, Sudarwan. 2010. Media Komunikasi Pendidikan. Jakarta. PT. Bumi Aksara
Hamalik, Oemar. 2013. Proses Belajar Mengajar. Jakarta. PT. Bumi Aksara.
Hasugian, Jonner. 2009. Katalog Perpustakaan: dari Katalog Manual Sampai Katalog Online (OPAC). Medan: USU Digital Library.
http://librarycorner.org/2007/06/22/pengertian-katalog-dan-katalog-induk/
http://sekolah.data.kemdikbud.go.id/index.php/chome/profil/A0616A56-2DF5-E011-8B05-ED678935342F
Mary Liu Kao, Cataloguing and Classification for Library Technicians, 2nd ed. (New York: The Haworth Press, 2001) hlm. 10.
Masruri dkk, Dasar-Dasar Katalogisasi. Yogyakarta: Fakultas Adab Dan Ilmu Budaya UIN, 2008.
Meimulyani, Yani dan Caryoto. 2013. Media Pembelajaran Adaptif. Jakarta. PT. Luxima Metro Media.
Syihabuddin, Qalyubi, dkk, Dasar-dasar Ilmu Perpustakaan dan Informasi. Yogyakarta: Jurusan Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, Fakultas Adab UIN Sunan Kalijaga, 2007
Thobroni, Muhammad & Mustofa, Arif. 2011. Belajar & Pembelajaran. Jogjakarta. Ar-Ruzz Media.