Peningkatan Pengetahuan Siswa Sekolah Dasar Negeri Klabang, Jatirejo, Sawit, Boyolali Dalam Manajemen Informasi Perpustakaan Sekolah

Authors

  • Saryadi Saryadi Universitas Duta Bangsa Institusi
  • Nurohman Nurohman Universitas Duta Bangsa Institusi

DOI:

https://doi.org/10.55606/nusantara.v1i1.401

Keywords:

Pengetahuan, Siswa, Manajemen, Informasi, Perpustakaan.

Abstract

Sekolah dasar merupakan tempat pembelajaran bagi siswa memperoleh pendidikan dasar. Pembelajaran merupakan suatu proses perubahan tingkah laku yang diperoleh melalui pengalaman individu yang bersangkutan. Kegiatan pengabdian ini bertujuan meningkatkan pengetahuan siswa Sekolah Dasar Negeri  Klabang dalam penerapan  pengelolaan buku dalam kehidupan untuk menunjang belajarnya. Metode yang digunakan melalui  penyuluhan dan pelatihan praktik bagi  siswa. Kegiatan diawali dengan mengajak siswa dalam menata buku dan menulis katalog buku serta cara menata buku-buku pada rak yang tersedia  secara konvensional.   Kemudian kegiatan dilanjutkan dengan  memberikan penyuluhan dan  praktik cara penginputan data buku serta melihat hasil laporan dalam menggunakan manajemen informasi perpustakaan sekolah berbasis komputerisasi. Setelah adanya kegiatan ini, siswa sekolah dasar negeri Klabang, mendapatkan tambahan pengetahuan, yang diharapkan memberikan dampak bagi siswa dalam mengimplementasikan dalam penataan buku yang di rumah masing-masing guna memudahkan siswa dalam mencari buku-buku pribadi secara efektif dan efisien yang digunakan belajar.

References

Ali, Muhammad. Guru Dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung. Penerbit Sinar Baru Algensindo, 2010.

Bafadal, Ibrahim. Pengelolaan Perpustakaan Sekolah, Malang : Bumi Aksara, 2013.

Danim, Sudarwan. 2010. Media Komunikasi Pendidikan. Jakarta. PT. Bumi Aksara

Hamalik, Oemar. 2013. Proses Belajar Mengajar. Jakarta. PT. Bumi Aksara.

Hasugian, Jonner. 2009. Katalog Perpustakaan: dari Katalog Manual Sampai Katalog Online (OPAC). Medan: USU Digital Library.

http://duniaperpustakaan.com/2010/10/04/fungsi-katalog-induk-dalam-memenuhi-kebutuhan-informasi-stakeholders-2/

http://librarycorner.org/2007/06/22/pengertian-katalog-dan-katalog-induk/

http://sekolah.data.kemdikbud.go.id/index.php/chome/profil/A0616A56-2DF5-E011-8B05-ED678935342F

Mary Liu Kao, Cataloguing and Classification for Library Technicians, 2nd ed. (New York: The Haworth Press, 2001) hlm. 10.

Masruri dkk, Dasar-Dasar Katalogisasi. Yogyakarta: Fakultas Adab Dan Ilmu Budaya UIN, 2008.

Meimulyani, Yani dan Caryoto. 2013. Media Pembelajaran Adaptif. Jakarta. PT. Luxima Metro Media.

Syihabuddin, Qalyubi, dkk, Dasar-dasar Ilmu Perpustakaan dan Informasi. Yogyakarta: Jurusan Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, Fakultas Adab UIN Sunan Kalijaga, 2007

Thobroni, Muhammad & Mustofa, Arif. 2011. Belajar & Pembelajaran. Jogjakarta. Ar-Ruzz Media.

Downloads

Published

2021-02-22

How to Cite

Saryadi Saryadi, & Nurohman Nurohman. (2021). Peningkatan Pengetahuan Siswa Sekolah Dasar Negeri Klabang, Jatirejo, Sawit, Boyolali Dalam Manajemen Informasi Perpustakaan Sekolah . NUSANTARA Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 10–21. https://doi.org/10.55606/nusantara.v1i1.401

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.