Pelatihan Penerapan Model Pembelajaran Inovatif dan Praktikum Sains Biologi Pasca Pandemi Covid-19

Authors

  • Astuti Muh.Amin Institut Agama Islam Negeri

DOI:

https://doi.org/10.55606/nusantara.v2i4.1023

Abstract

Guru harus mampu mengidentifikasi sejauh mana pengajaran yang diberikan kepada siswa terkait dengan pengembangan pembelajaran selama dan setelah pasca pandemi Covid-19. Pengembangan proses sains dalam pembelajaran menjadi tantangan tersendiri bagi guru dan calon guru biologi. Mereka dituntut agar dapat memiliki pengetahuan dan keterampilan untuk mewujudkan desain pembelajaran yang inovatif, melatih keterampilan sains serta mengamodasi kebutuhan belajar abad 21. Metode yang digunakan dalam program pengabdian ini adalah penyuluhan, pelatihan, dan pendampingan. Tahapan kegiatan terdiri dari observasi kebutuhan, pemberian materi pelatihan, pendampingan di kelas, pendampingan praktikum, refleksi dan diskusi interaktif, pembagian kuesioner. Hasil kegiatan menunjukkan adanya  peningkatan kemampuan pengetahuan dan pemahaman terkait model pembelajaran inovatif dan praktikum sains siswa SMA AL-Khairat Kota Ternate, Maluku Utara.

References

Adib, R. S. (2020). Lembar Kegiatan Literasi Saintifik Untuk Pembelajaran Jarak Jauh Topik Penyakit Coronavirus 2019 (Covid-19). Jurnal Edukatif, 2(1), 28–37. https://www.edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/80.

Amin, A.M., Adiansyah, R., & Hujjatusnaini, N. (2021). Hubungan Antara Motivasi Belajar dengan Keterampilan Argumentasi pada Mahasiswa Biologi. Jurnal Biotek, 9(2), 140-157.

Amnah, S., Mellisa., & Rahmi, L. (2022). Pelatihan Model Active Learning dan Cooperative Learningdi SMPN 34 Pekanbaru. Community Education Engagement Journal, 4(1), 70-76.

Anwar, M., & Puspita, V. (2018). Analisis Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa SD IT Adzkia. Conference: Seminar Nasional PGSD: Pembelajaran Literasi Lintas Disiplin Ilmu Ke-SDan, 186–199.

Ardan, A. S. (2016). The Development of Biology Teaching Material Based on The Local Wisdom Of Timorese to Improve Students Knowledge and Attitude of Environment in Caring the Persevation of Environment. International Journal of Higher Education, 5(3), 190-200. https://doi.org/10.5430/ijhe.v5n3 p190.

Arends, R. (2012). Learning to Teach (9th ed.). McGraw-Hill.

Budiarti, R. P. N., Rulyansah, A., Rihlah, J., Rizqina, R., Mardhotillah., & Nurfaiza, Y.I. (2023). Pelatihan Pembelajaran Aktif di Sekolah Dasar: Sebuah Experiential Learning sebagai Upaya Mewujudkan Potensi Pembelajaran Aktif. Indonesia Berdaya, 4(1), 77-84.

Davies, A., Fidler, D., & Gorbis, M. (2011). Future Work Skills 2020. Palo Alto, California: Institute for the Future for University of Phoenix Research Institute. http://hdl.voced.edu.au/10707/19 4830.

Hidayati, N.A., & Cahdriyana, R.A. (2019). Pelatihan Active Learning bagi Guru SMP Muhammadiyah Se Kota Yogyakarta. Abdimas Dewantara, 2(1), 16-26.

Hernawati, D., Maulina, D., Fitriani, R., & Putra, R.R. (2020). Bio-Literacy Perspective: A Study of the Implementation of Outdoor Learning-Based Science Process Skills in Plant Introduction. Jurnal Bioedukatika, 8(1), 31-37. doi.org/10.26555/bioedukatika.v8i1.15067.

Kyllonen, P. C. (2012). Measurement of 21st Century Skills within the Common Core State Standards. In Invitational Research Symposium on Technology Enhanced Assessments.

Widodo, M., Suyanto, E., Kartika, A., & Meirita, S. (2021). Pelatihan Model-Model Pembelajaran Bagi Guru Bahasa Indonesia di SMP Kabupaten Pesawaran. Jurnal Griya Cendekia, 6(2), 384-389.

Xhaferi, B., & Xhaferi, G. (2020). Online Learning Benefits and Challenges During the Covid-19-Pandemic-Students’ Perspective From Seeu. SEEU Review, 15(1), 86–103. https://doi.org/10.2478/seeur-2020-0006.

Downloads

Published

2023-04-03

How to Cite

Astuti Muh.Amin. (2023). Pelatihan Penerapan Model Pembelajaran Inovatif dan Praktikum Sains Biologi Pasca Pandemi Covid-19. NUSANTARA Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(4), 142–149. https://doi.org/10.55606/nusantara.v2i4.1023