PENGARUH LAYANAN FITUR BERBAGI ZISWAF TERHADAP PREFERENSI NASABAH DALAM MENYALURKAN DONASI DI BSI KOTAWARINGIN TIMUR

Authors

  • Sofyan Hakim Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya
  • Indah Rahmanungsih Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya

DOI:

https://doi.org/10.55606/cemerlang.v2i4.375

Keywords:

Layanan Fitur Berbagi Ziswaf, Preferensi Nasabah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh layanan fitur berbagi Ziswaf terhadap preferensi nasabah dalam menyalurkan donasi di BSI Kotawaringin Timur. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif. Jenis data dalam penelitian ini adalah data primer dengan metode pengumpulan data menggunakan metode kuesioner. Sampel penelitian ini sebanyak 67 nasabah yang diambil dengan teknik Purposive Sampling. Penentuan jumlah sampel menggunakan rumus Lemeshow dengan batas toleransi 10%. Metode analisis data yang digunakan adalah metode Analisis Regresi Linier Sederhana dengan menggunakan program SPSS 22.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel layanan fitur berbagi Ziswaf berpengaruh positif dan signifikan terhadap preferensi nasabah dalam menyalurkan donasi. Artinya semakin baik layanan fitur berbagi Ziswaf ditingkatkan, maka akan meningkatkan preferensi nasabah dalam menyalurkan donasi pada BSI Kotawaringin Timur.

References

Buku

Firmansyah, M. A. (2018). Perilaku Konsumen (Sikap Dan Pemasaran). Deepublish.

Philip Kotler dan Kevin Lane Keller. (2016). Manajemen Pemasaran (Edisi 12 Jilid 1.). PT Indeks.

Setyawan, A. D. (2021). Petunjuk Praktikum Uji Normalitas Dan Homogenitas Data Dengan SPSS. CV. Tahta Media Group.

Sugiyono. (2009). Sugiyono. Metode Penelitian Bisnis Perbankan. Bandung: Alfabeta. 2009. Alfabeta.

Wangsawidjaja. (2015). Pembiayaan Bank Syariah. PT Gramedia Pustaka Utama.

Jurnal

ANIK FAIDATUL KHUSNA, 17401153116. (2019, May 9). PENGARUH MOTIVASI, PERSEPSI DAN PREFERENSI TERHADAP KEPUTUSAN NASABAH MENGGUNAKAN PEMBIAYAAN MURABAHAH DI BANK MUAMALAT KANTOR CABAN G KEDIRI [Skripsi]. IAIN Tulungagung. https://doi.org/10/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf

Citra Dian Sari. (2021). PENERAPAN SISTEM MOBILE BANKING PADA BANK SYARIAH INDONESIA KANTOR KAS YOGYAKARTA UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA. Fakultas Bisnis Dan Ekonomika Universitas Islam Indonesia.

Firmansyah, M. A. . (2018). Perilaku Konsumen (Sikap Dan Pemasaran). Deepublish.

NUR HABIBAH, 12402173562. (2021, June 21). PENGARUH PENYALURAN ZISWAF DAN PERTUMBUHAN EKONOMI TERHADAP KESENJANGAN PENDAPATAN DI INDONESIA TAHUN 2011-2019 [Skripsi]. IAIN Tulungagung. https://doi.org/10/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf

Sidik, S. (2021, August 23). Gegara Ini, Mobile Banking Bank Syariah Indonesia Melesat 98%. CNBC Indonesia. https://www.cnbcindonesia.com/syariah/20210823140844-29- 270488/gegara-ini-mobile-banking-bank-syariah-indonesia-melesat-98

Undang-undang Nomor 21 Tahun 2008 Tentang Perbankan Syariah. (n.d.). Retrieved October 5, 2022, from https://www.ojk.go.id/id/kanal/perbankan/regulasi/undang- undang/Pages/undang-undang-nomor-21-tahun-2008-tentang-perbankan-syariah.aspx

Zulaikah, R. D. (2016). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN PATRONASE FIGUR TERHADAP PREFERENSI NASABAH TABUNGAN HAJI DI PT. BANK RAKYAT INDONESIA SYARIAH KANTOR CABANG PENBANTU KOTA BLITAR [Masters, UIN Sunan Ampel Surabaya]. http://digilib.uinsby.ac.id/14834/

Downloads

Published

2022-10-25

How to Cite

Sofyan Hakim, & Indah Rahmanungsih. (2022). PENGARUH LAYANAN FITUR BERBAGI ZISWAF TERHADAP PREFERENSI NASABAH DALAM MENYALURKAN DONASI DI BSI KOTAWARINGIN TIMUR. CEMERLANG : Jurnal Manajemen Dan Ekonomi Bisnis, 2(4), 43–54. https://doi.org/10.55606/cemerlang.v2i4.375

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.