Menakar Efektivitas Rasa Bangga Dalam Penggunaan Produk Lokal Untuk Meningkatkan Eksistensi Umkm

Authors

  • Nur Indah Sari Institut Agama Islam Negeri Metro
  • Fikri A’isy Erlangga Sangrio Institut Agama Islam Negeri Metro
  • Muhammad Alfi Bimantara Institut Agama Islam Negeri Metro
  • Carmidah Carmidah Institut Agama Islam Negeri Metro

DOI:

https://doi.org/10.55606/cemerlang.v3i2.1056

Keywords:

Efektivitas, Produk Lokal, Eksistensi UMKM.

Abstract

Seolah telah menjadi rahasia umum bahwa bangsa Indonesia sepertinya terlanjur menjadi “pemuja” produk-produk luar negeri. Kita cenderung lebih bangga terhadap produk orang lain daripada produk anak bangsa sendiri. Tujuan penulisan artikel ini untuk mengingatkan betapa pentingnya mencintai produk lokal untuk menunjang eksistensi UMKM. Penulisan artikel ini menggunakan metode studi literatur. (Kurang temuan dan implikasi)

.

 

 

References

Hidapenta, D., & Anggraeni Dewi, D. (2021). PERAN PKN MENGATASI FENOMENA KECINTAAN PRODUK LUAR YANG TERJADI DI INDONESIA. Jurnal Kewarganegaraan, 5, 1-8.

Alvindo Riandova, I., Basyir, M., Maulana Matin, H., & Ashadama, A. (2022). HUBUNGAN PENGGUNAAN BATIK PADA BUSANA PESTA TERHADAP KECINTAAN KEPADA PRODUK LOKAL. Jurnal Ilmu Budaya, 10, 1-7.

Amildha Yanuarita, H., & Susanto, D. (2021). Menakar Efektivitas Bantuan Sosial Terhadap Pemenuhan Kebutuhan Masyarakat Terdampak COVID-19 di Kota Malang. ejournal mandalanursa, 5, 1-11.

Setiawan, E. (2014). ANALISIS SIKAP KONSUMEN TERHADAP PRODUK FASHION LOKAL DAN IMPOR. Jurnal Economia, 10, 1-11.

Siswanto. (2017). MENCINTAI PRODUK DALAM NEGERI SEBAGAI MANIFESTASI. Jurnal Pertahanan & Bela Negara, 7, 1-21.

Suleman, D. (2022). Upaya Menciptakan Rasa Bangga Membeli Produk UMKM Naik Kelas Kabupaten Bogor. PaKMas (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 2, 1-6.

Zahrah, A., & Arie Wijaya, P. (2019). MANFAAT EKSISTENSI USAHA MIKRO KECIL MENENGAH (UMKM). SOCIETY Jurnal Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial, 10, 1-7.

Zein Nasution, L., & Khoirul Fuddin, M. (2015). DANA PENSIUN MENDORONG KESEJAHTERAAN PEKERJA DAN PENJAGA EKSISTENSI UMKM DALAM MENGHADAPI MASYARAKAT EKONOMI ASIA. JURNAL EKONOMI PEMBANGUNAN, 13, 1-20.

Downloads

Published

2023-04-09

How to Cite

Nur Indah Sari, Fikri A’isy Erlangga Sangrio, Muhammad Alfi Bimantara, & Carmidah Carmidah. (2023). Menakar Efektivitas Rasa Bangga Dalam Penggunaan Produk Lokal Untuk Meningkatkan Eksistensi Umkm. CEMERLANG : Jurnal Manajemen Dan Ekonomi Bisnis, 3(2), 08–18. https://doi.org/10.55606/cemerlang.v3i2.1056

Similar Articles

1 2 3 4 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.