MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA DI SEKOLAH DASAR ISLAM ABU DZAR KELURAHAN JOMBANG KECAMATAN CIPUTAT

Authors

  • Dalila Afif Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik / Administrasi Publik, Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Evi Satispi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik / Administrasi Publik, Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Izzatusholekha Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik / Administrasi Publik, Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Aldira Lindawati Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik / Administrasi Publik, Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Dita Rahmaditiani Junaidi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik / Administrasi Publik, Universitas Muhammadiyah Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.55606/jurrish.v1i2.161

Keywords:

Imlementasi, Manajemen, Sumber daya manusia.

Abstract

Manajemen sumber daya manusia menjadi hal yang penting untuk dimiliki oleh setiap organisasi maupun perusahaan dalam berbagai bidang Baik buruknya kualitas sumber daya manusia juga merupakan faktor penentu kualitas organisasi tersebut. . Dalam bidang pendidikan, manajemen sumber daya manusia perlu melaksanakan fungsinya dengan baik agar dapat menghadirkan para guru, karyawan serta tenaga kependidikan yang berkualitas. Kualitas sumber daya manusia yang ada dalam suatu sekolah juga akan menghasilkan output yang berkualitas sesuai dengan visi sekolah. Manajemen sumber daya manusia di SDI Abu Dzar, Jombang, Tangerang Selatan menjalankan fungsinya melalui indikator perencanaan, rekrutmen dan seleksi, peningkatan kompetensi pegawai, pengembangan karir, penilaian kinerja, dan kompensasi. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kualitatif. Adapun implementasi manajemen sumber daya manusia di SDI Abu Dzar berdasarkan hasil analisis penelitian, sudah terlaksana dengan baik yang ditandai dengan terlaksananya fungsi manajemen sumber daya manusia. seperti adanya perencanaan, pengembangan karir, peningkatan kompetensi yang baik dan dalam hal kompensasi yang sangat menyejahterakan pegawai. Walaupun dari segi rekrutmen belum sesuai dengan ketentuan yang diakibatkan oeh beberapa factor, salah satunya banyaknya jumlah peserta didik baru yang tidak dapat diprediksi setiap tahunnya namun sedikitnya jumlah pelamar saat pembukaan rekrutmen guru. Maka itu dalam proses rekrutmen, jika ada yang tidak sesuai ketentuan masih bisa diberi kesempatan. Manajemen sumber daya manusia menjadi hal yang penting untuk dimiliki oleh setiap organisasi maupun perusahaan dalam berbagai bidang Baik buruknya kualitas sumber daya manusia juga merupakan faktor penentu kualitas organisasi tersebut. . Dalam bidang pendidikan, manajemen sumber daya manusia perlu melaksanakan fungsinya dengan baik agar dapat menghadirkan para guru, karyawan serta tenaga kependidikan yang berkualitas. Kualitas sumber daya manusia yang ada dalam suatu sekolah juga akan menghasilkan output yang berkualitas sesuai dengan visi sekolah. Manajemen sumber daya manusia di SDI Abu Dzar, Jombang, Tangerang Selatan menjalankan fungsinya melalui indikator perencanaan, rekrutmen dan seleksi, peningkatan kompetensi pegawai, pengembangan karir, penilaian kinerja, dan kompensasi. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kualitatif. 

References

Referensi Cetak:

Buku

A. T. Sulistiyani and Rosidah, Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Graha Ilmu, 2009.

A.Y.Hamali, Pemahaman Manajemen Sumber Daya Manusia: Academic, Mengelola Karyawan. Yogyakarta: Centers for Academic Publishing Service, 2018.

A. A. A. P. Mangkunegara, Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2000.

Jurnal

W. F. Antariksa, “Analisis Manajemen Sumber Daya Manusia di Sekolah Dasar Islam Terpadu,” Madrasah, vol. 10, no. 1, p. 47, 2017, doi: 10.18860/madrasah.v10i1.5096.

R. Utamy, S. Ahmad, and S. Eddy, Implementasi Manajemen Sumber Daya Manusia, vol. 1, no. 3. 2020.

Referensi Elektronik:

Peraturan Pemerintah

Republik Indonesia, “UU No. 12 Nomor 2012,” Undang Undang, 2012.

Web

abudzar.sch.id, “Sekolah Islam Abu Dzar - Sekolah Islam Bermanhaj Salaf,” abudzar.sch.id. https://abudzar.sch.id/index.php (accessed Dec. 27, 2021).

Buku

E. Sutrisno, “Manajemen Sumber Daya Manusia,” 2009, p. 244.

“Sekolah Islam Abu Dzar - Menebar Sunnah di Masyarakat.” https://abudzar.sch.id/.

Downloads

Published

2022-07-14

How to Cite

Dalila Afif, Evi Satispi, Izzatusholekha, Aldira Lindawati, & Dita Rahmaditiani Junaidi. (2022). MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA DI SEKOLAH DASAR ISLAM ABU DZAR KELURAHAN JOMBANG KECAMATAN CIPUTAT. Jurnal Riset Rumpun Ilmu Sosial, Politik Dan Humaniora, 1(2), 87–96. https://doi.org/10.55606/jurrish.v1i2.161

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.