TATA KELOLA PERSIAPAN AKREDITASI SD ISLAM ASSALAF TAHFIDZUL QUR’AN

Authors

  • Aldira Lindawati Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Evi Satispi Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Izzatusholekha Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Dalila Afif Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Dita Rahmaditiani Junaidi Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.55606/jurrish.v1i2.162

Keywords:

pengelolaan, persiapan, akreditasi sekolah.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) proses pembentukan tim akreditasi sekolah, (2) pelaksanaan pengisian instrumen akreditasi dan bukti fisik, (3) faktor penghambat dan pendukung dalam persiapan akreditasi sekolah, (4) quality control dari proses pengisian instrumen akreditasi dan bukti fisik, (5) tindak lanjut persiapan akreditasi sekolah, dan (6) strategi keberhasilan dalam akreditasi sekolah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan rancangan penelitian studi kasus. Lokasi penelitian di SD Islam As-salaf Tahfidzul Qur’an Serpong, Tangerang Selatan. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini (1) proses pembentukan tim melalui penunjukan ketua tim oleh kepala sekolah, (2) pelaksanaan pengisian instrumen akreditasi dan bukti fisik melalui menghadiri sosialisasi, melakukan checklist instrumen akreditasi, persiapan data akreditasi dan pemenuhan bukti fisik, (3) faktor penghambat yaitu belum adanya tenaga dibidang administrasi sekolah, keterbatasanya waktu, bukti fisik berupa dokumen yang letak nya tidak beraturan dan terkadang tidak adanya bukti berupa foto, fasilitas yang kurang memadai berupa printer, sedangkan faktor pendukung yaitu bantuan dan motivasi kepala sekolah, kerja sama antar tim, dan bantuan stakeholders sekolah (4) quality control melalui pengecekan dan rapat evaluasi, (5) tindak lanjut persiapan dengan membiasakan kelengkapan perangkat sekolah, membuat program sekolah, dan (6) strategi keberhasilan dalam akreditasi sekolah terdapat strategi untuk mendapatkan nilai A dan strategi supaya cepat selesai.

References

Asmani, J. M. (2009). Manajemen Pengelolaan dan Kepemimpinan Pendidikan Profesional. yogyakarta: diva press.

Awaludin, A. A. (2017). akreditasi sekolah sebagai suatu upaya penjaminan mutu pendidikan di indonesia . susunan artikel pendidikan , 12-21.

Emilia Nur Chasanah Sholihin, I. B. (2018). PENGELOLAAN PERSIAPAN AKREDITASI SEKOLAH. JAMP: Jurnal Adminitrasi dan Manajemen Pendidikan, 171-178.

soedjono. (2012). Pengembangan Model Penyelenggaraan Akreditasi Sekolah Menengah Atas Di Kota Semarang. jurnal manajemen pendidikan, 155-176.

Supriyatno, S. E. (2013). Pengelolaan Akreditasi Sekolah (Studi Situs SD Negeri 2 Mranti Kecamatan Purworejo Kabupaten Purworejo). Jurnal Penelitian Humaniora, vol 14 no 2 144-152.

banjarmasin.tribunnews.com. (2018, 4 Agustus). Peran Akreditasi dalam Peningkatan Mutu Pendidikan. Diakses 28 Desember 2021, dari https://banjarmasin.tribunnews.com/2018/08/04/peran-akreditasi-dalam-peningkatan-mutu-pendidikan

bansm. mekanisme akreditasi sekolah/madrasah. Diakses pada 28 Desember 2021, dari https://bansm.kemdikbud.go.id/page/detail/mekanisme-akreditasi-

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Yogyakarta: Pustaka Yustisia

Downloads

Published

2022-07-14

How to Cite

Aldira Lindawati, Evi Satispi, Izzatusholekha, Dalila Afif, & Dita Rahmaditiani Junaidi. (2022). TATA KELOLA PERSIAPAN AKREDITASI SD ISLAM ASSALAF TAHFIDZUL QUR’AN. Jurnal Riset Rumpun Ilmu Sosial, Politik Dan Humaniora, 1(2), 97–103. https://doi.org/10.55606/jurrish.v1i2.162

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.