LOCAL WISDOM UNTUK SOLUSI MASYARAKAT GLOBAL

Authors

  • Asiah Sanyah Hasanah Simanjuntak Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Yuliza Chintia Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.55606/jurrish.v1i2.151

Keywords:

Local wisdom dan masyarakat global

Abstract

Local wisdom atau disebut dengan kearifan lokal yang merupakan cara atau suatu kegitan yang sedang di lakukan masyarakat pada daerah tertentu mengenai suatu pemahahan yang sangat mendalam mengenai suatu pengetahuan mengenai bagaimana asal mula dari suatu tempat tinggal yang sedang di tempati sekitar dan memiliki perkembangan Local wisdom atau kearifan lokal adalah cara atau praktik yang dilakukan masyarakat di daerah tertentu tentang pemahaman mendalam mereka yang berasal dari lingkungan sekitar dan dikembangkan oleh warga setempat secara turun temurun. Kearifan local muncul dari dalam mereka sendiri dan dikembangkan selama beberapa generasi dan tertanam dalam diri masyarakat. Kearifan local merupakan warisan nenek moyang yang menyatu dengan religi, budaya dan adat istiadat.namun sekaran kearifan local sudah mulai memudar karena masyarakat modern menganggap bahwa kehidupan modern lebih baik. Oleh karena iitu literatur ini bertujuan untuk memberikan wawasan tentang kearifan lokal. Metode yang digunakan yaitu sistematik literature review yang didapat dari hasil review dari beberapa sumber artikel.

References

Rahyono, FX,Kearifan Budaya dalam Kata, (Jakarta: Wedatama Widyasastra, 2009)

Abubakar, Mustafa,Membangun Semangat Nasionalisme dengan Bingkai Kearifan LokalRakyat Aceh Tinjauan Ketahanan Pangan, 2010, [Online], Tersedia:www.setneg.go.id,[12Desember 2015]

Sternberg, Robert J,Foolishnessdalam Sternberg, Robert J, Jordan, Jennifer.Ed,A Handbookof Wisdom: Psychological Perspective, (Cambridge: Cambridge University Press,2005).

Sibarani,R,Pembentukan Karakter Berbasis Kearifan Lokal, 2013, [Online], Tersedia:http://www.museum.pusaka-nias.org/2013/02/pembentukan-karakter-berbasis-kearifan.html, [12Desember 2015].

Downloads

Published

2022-07-06

How to Cite

Asiah Sanyah Hasanah Simanjuntak, & Yuliza Chintia. (2022). LOCAL WISDOM UNTUK SOLUSI MASYARAKAT GLOBAL. Jurnal Riset Rumpun Ilmu Sosial, Politik Dan Humaniora, 1(2), 72–77. https://doi.org/10.55606/jurrish.v1i2.151

Similar Articles

1 2 3 4 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.