PENGARUH KEMISKINAN TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI DI PROVINSI SUMATERA SELATAN

Authors

  • Adelia Suryani Institute Teknologi dan Kesehatan Tri Tunas Nasional

DOI:

https://doi.org/10.55606/jurrish.v2i1.661

Keywords:

Kesejahteraan, Kemiskinan, Pembangunan, Pertumbuhan Ekonomi.

Abstract

Kesejahteraan masyarakat merupakan tujuan yang ingin dicapai oleh setiap negara khususnya di Provinsi Sumatera Selatan, banyak kebijaksanaan yang dibuat oleh Pemerintah untuk Pembangunan Ekonomi. Pembangunan ekonomi memiliki tujuan untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat, meningkatkan lapangan pekerjaan sehingga memperluas kesempatan kerja dan mengarahkan pembagian pendapatan yang merata di setiap daerah. Penelitian ini berbasis pada penelitian diskriptif, Dikatakan diskriptif karena penelitian ini menggambarkan objek yang diteliti. Kemiskinan merupakan salah satu persoalan mendasar, karena kemiskinan menyangkut pemenuhan kebutuhan yang paling mendasar dalam kehidupan. Dan kemiskinan merupakan masalah global karena kemiskinan merupakan masalah yang dihadapi banyak negara. Berdasarkan analisis yang telah diuraikan maka dapat ditarik beberapa kesimpulan untuk menjawab rumusan masalah kemiskinan berpegaruh negatif dan signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi di Provinsi Sumatera Selatan. Kemudian kemiskinan berpengaruh negatif dan signifikan secara langsung terhadap kesejahteraan masyarakat di Provinsi Sumatera Selatan.

References

Maipita, Indra. 2013. Memahami dan Mengukur Kemiskinan. Yogyakarta: Absolute Media.

Sadono, Sukirno, 1999, Makroekonomi Modern. Jakarta: Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Sadono, Sukirno. 2006. Ekonomi Pembangunan: Proses, Masalah, dan Dasar Kebijakan. Jakarta: Prenada Media Group.

Ferezagia, D. V. (2018). Analisis tingkat kemiskinan di Indonesia. Jurnal Sosial Humaniora Terapan, 1(1).

Alam S. 2014. Ekonomi untuk SMA dan MA Kelas XI. Jakarta: Erlangga.

Ruslan, Rosady. 2006. Metode Penelitian, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Badan Pusat Statistik Sumatera Selatan, Persentase Penduduk Miskin Provinsi Sumatera Selatan menurut kabupaten kota, https://sumsel.bps.go.id/

Soleh, A. (2014). Pertumbuhan ekonomi dan kemiskinan di Indonesia. EKOMBIS REVIEW: Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 2(2).

Susanto, R., & Pangesti, I. (2021). Pengaruh Inflasi Dan Pertumbuhan Ekonomi Terhadap Tingkat Kemiskinan Di Indonesia. JABE (Journal of Applied Business and Economic), 7(2), 271-278.

Sulistiawati, R. (2013). Pengaruh Upah Minimum terhadap Penyerapan Tenaga Kerja dan Kesejahteraan Masyarakat di Provinsi di Indonesia.

Primandari, N. R. (2018). Pengaruh pertumbuhan ekonomi, inflasi dan pengangguran terhadap tingkat kemiskinan di Sumatera Selatan. Jurnal Ekonomi Pembangunan, 16(1), 1-10.

Murdiyana, M., & Mulyana, M. (2017). Analisis Kebijakan Pengentasan Kemiskinan Di Indonesia. Jurnal Politik Pemerintahan Dharma Praja, 73-96.

Suradi, S. (2012). Pertumbuhan Ekonomi dan Kesejahteraan Sosial. Sosio Informa: Kajian Permasalahan Sosial dan Usaha Kesejahteraan Sosial, 17(3).

Hudaya, D. (2009). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Tingkat Kemiskinan di Indonesia.

Suwarni, E. (2012). Pertumbuhan Ekonomi, Kemiskinan Dan Kesejahteraan. Sumber, 11, 6.

Downloads

Published

2023-01-03

How to Cite

Adelia Suryani. (2023). PENGARUH KEMISKINAN TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI DI PROVINSI SUMATERA SELATAN. Jurnal Riset Rumpun Ilmu Sosial, Politik Dan Humaniora, 2(1), 48–56. https://doi.org/10.55606/jurrish.v2i1.661