PENGEMBANGAN PRODUK WISATA PANTAI SEMBILAN KABUPATEN SUMENEP DALAM UPAYA MENINGKATKAN KUNJUNGAN WISATAWAN

Authors

  • Siti Nurul Khalishah Sekolah Tinggi Pariwisata Sahid Surakarta
  • Titik Akiriningsih Sekolah Tinggi Pariwisata Sahid Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.55606/jurrish.v1i2.147

Keywords:

Pariwisata, pengembangan objek wisata, kunjungan wisatawan

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk pengembangan produk wisata Pantai Sembilan dan untuk mengetahui pengaruh pengembangan A4 dalam upaya meningkatkan kunjungan wisatawan di obyek wisata Pantai Sembilan. Penelitian ini dilakukan di kawasan obyek wisata Pantai Sembilan dengan analisa deskriptif kualitatif. Dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis A4. Bentuk pengembangan produk wisata Pantai Sembilan dalam meningkatkan kunjungan wisatawan yaitu: meningkatkan kemudahan aksesibilitas dan standar keamanan terutama kapal penyeberangan, meningkatkan kualitas komunikasi/internet sebagai penunjang fasilitas pelayanan, meningkatkan standarisasi keamanan atraksi wisata demi keselamatan pengunjung dan pengembangan daya tarik wisata lainnya di sekitar kawasan Pantai Sembilan, serta menambah jumlah cottage. Pengaruh pengembangan A4 yaitu: dengan standarisasi keamanan atraksi wisata membuat wisatawan merasa aman saat berkunjung, pengembangan daya tarik wisata dapat memberikan atraksi baru sehingga wisatawan tidak jenuh saat berkunjung, peningkatan kemudahan aksesibilitas dan standar keamanan pada kapal penyeberangan dapat meminimalisir ketakutan calon wisatawan akan resiko kecelakaan di laut, serta peningkatan kualitas internet dan keasrian cottage dapat membuat wisatawan nyaman untuk berkunjung dalam tenggat waktu yang lebih lama.

 

 

References

Alfiyah, Nur Inna. “Upaya Peningkatan Daya Tarik Wisata di Kabupaten Sumenep melalui Smart City System.” Journal of Governance Innovation 1.1., 2019, pages 30-43.

Amiruddin, Z. “Pengembangan Destinasi Wisata Pantai Sembilan Kepulauan Giligenting Sumenep melalui Pelatihan Bahasa Inggris Kepariwisataan bagi Kelompok Sadar Wisata, Remaja dan Pedagang Kuliner.”, 2020.

Arifin, Z. “Peran Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata dalam Meningkatkan Kunjungan Wisatawan di Kota Bontang.”, 2020.

Arikunto, S. “Metode Penelitian.” Jakarta: Rineka Cipta, 2010.

Bonita, N. “Peran Dinas Kebudayaan dan Pariwisata dalam Meningkatkan Kunjungan Wisatawan Labuan Cermin di Kabupaten Berau.”, 2016.

Dani, Y. P., & Thamrin. “Pengaruh Atribut Produk Wisata dan Electronic Word of Mouth (E-WOM) terhadap Keputusan Bekunjung pada Kawasan Wisata Mandeh.”, 2019.

Decxyvanoa, Y.W., & Akiriningsih, T. “Potensi Kebun Raya Indrokilo sebagai Daya Tarik Ekowisata di Kabupaten Boyolali.” JURNAL JEMPPER, Vol 1 No. 1 Januari, 2022, hal: 63-69

Firdaus, A. M. (n.d.). ”Strategi Pengembangan Pariwisata Pantai Lombang Kabupaten Sumenep dalam Meningkatkan Kunjungan Wisatawan.”

Junaidi, A. “Strategi Pengembangan Obyek Wisata Bukit Tinggi Daramista dalam Upaya Meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD).”, 2020.

Ladia, F. H. Peran Dinas Kebudayaan dan Pariwisata dalam Pengembangan Potensi Wisata Teluk Triton Kabupaten Kaimana Provinsi Papua Barat.”, 2020.

Moleong, Lexy J. “Metodologi Penelitian Kualitatif.” Bandung: Remaja Rosdakarya, 2007.

Muljadi A.J. “Kepariwisataan dan Perjalanan, Rajawali Pers.” Jakarta, 2009.

Muljadi, A.J. “Kepariwisataan dan Perjalanan.” Jakarta: Raja Grafindo Perkasa, 2012.

Ningsih, F. E. “Upaya Dinas Kebudayaan dan Pariwisata dalam Meningkatkan Jumlah Kunjungan Wisatawan.” 2019.

Octaviany, V. “Pengaruh Kualitas Produk Pariwisata terhadap Keputusan Berkunjung di Bale Seni Barli-Kota Baru Parahyangan.” 2016.

Peraturan Perundang – undangan Nomor 10 Tahun 2009 Tentang Kepariwisataan

Prasiasa, D. P. “Destinasi Pariwisata.” Jakarta: Salemba Humanika, 2013.

Pratiwi, D. “Peran Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Dalam Mengembangkan Potensi Obyek Wisata di Daerah Kabupaten Kutai Timur.”, 2015.

Purnomo, B. “Metode Penelitian Pariwisata dalam B. Purnomo, Metode Penelitian Pariwisata (hal. 53).” Yogyakarta, 2015.

Pradipta, M. P. Y. “Pengaruh New Normal terhadap Kegiatan Pariwisata di Indonesia.” SABBHATA YATRA: Jurnal Pariwisata dan Budaya, 2021. 2 (1), hal 28-42.

Putri, S. C. “Strategi Pengembangan Kawasan Obyek Wisata Pantai Sembilan Pulau Giligenting, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur.”, 2017.

Sugiyono. “Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.” Bandung: Alfabeta, 2007.

Sugiyono. “Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.” Bandung: Alfabeta, 2009.

Suryasih, N. L. “Upaya Dinas Pariwisata dan Kebudayaan dalam Meningkatkan Kunjungan Wisatawan di Daya Tarik Wisata Pura Kehen Kabupaten Bangli.”, 2018.

Suyanto, Bagong & Sutinah. “Metode penelitian sosial.”, 2005.

Suyanto, Bagong & Sutinah. “Metode Penelitian Sosial: Berbagai Alternatif Pendekatan.” Jakarta: Kencana, 2005.

Wahab, Salah. “Manajemen Kepariwisataan.” Jakarta: PT. Pradnya Paramita, 2003.

Yoeti, O. A. “Komersialisasi Seni Budaya dalam Pariwisata.” 2013.

Yoeti, O. A. “Pemasaran Pariwisata.” Bandung: Angkasa, 1985.

Downloads

Published

2022-07-04

How to Cite

Siti Nurul Khalishah, & Titik Akiriningsih. (2022). PENGEMBANGAN PRODUK WISATA PANTAI SEMBILAN KABUPATEN SUMENEP DALAM UPAYA MENINGKATKAN KUNJUNGAN WISATAWAN. Jurnal Riset Rumpun Ilmu Sosial, Politik Dan Humaniora, 1(2), 36–45. https://doi.org/10.55606/jurrish.v1i2.147

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.