Analisis Sikap Percaya Diri Siswa Melalui Kegiatan Menarik dan Menantang Pramuka Pada Kelas II UPTD SDN Gili Timur 2 Bangkalan

Authors

  • A’yunun Nadhirah Universitas Trunojoyo Madura
  • Adtya Dyah Puspitasari Universitas Trunojoyo Madura

DOI:

https://doi.org/10.55606/jurripen.v3i1.2675

Keywords:

Self Confidence, Scout, Elementary Student

Abstract

The aim of this research is "Describe how trusting is students themselves through the scouting method 'Interesting and challenging activities' on Scout extracurricular node material in class II UPTD SDN Gili Timur 2 Bangkalan”. This research is a qualitative research. The type of research is field study. The population used is alert students. Samples used 1 male standby student and 1 female standby student. Data collection techniques use observation, documentation and interviews. Data validity techniques using Triangulation. The triangulation used is technical triangulation and triangulation source. Triangulation techniques for conducting observations, interviews and documentation. Triangulation of sources using student sources, scout leaders and teachers. Results From data analysis, it states that the attitude of self-confidence that emerges is self-confidence, assertiveness, responsibility and positive thinking.

References

Afdal. & Widodo, H. 2019. Analisis Pelaksanaan Kegiatan Pramuka Di SD Negeri 004 Samarinda Utara Tahun 2019. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar 4 (2), 68-81

Ambarawati, A. & Teguh, S.R. 2018. Prinsip Kepemimpinan Character of A Leader Pada Era Generasi Milenial. Journal of Psychology 2 (2),114-127, 2018.

Ameliasari V. 2022. Upaya Meningkatkan Karakter Peserta Didik Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Kepramukaan. Tunas Nusantara, 4 (1), 458-463.

Arikunto, S. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Amri, S. 2018. Pengaruh kepercayaan diri (Self Confidence) berbasis ekstrakulikuler pramuka terhadap prestasi siswa SMA Negeri 6 Kota Bengkulu. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia 2 (2), 156-170

Aqib, Zainal & Sujak. 2011. Panduan dan Aplikasi Pendidikan Karakter. Bandung: Yrama Widya.

Azizi, K. 2015. Hubungan konsep diri dengan rasa percaya diri. Surabaya : Abe books Daryanto. Darmiatun, S. Bintoro. Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Jogyakarta: Dava Media.

Dharmayana & Wiguna. 2021. Peran Pendidikan pramuka dalam menumbuhkan Pendidikan karakter anak. Jurnal ilmu Pendidikan. 1 (01), 56-70

Faizah. U. 2019. An Authentic Assessment Model to Assess Kinderganten Student’ Character. REID (Research and Evaluation in Education), 4 (2), 103-119.

Ghymnastiar.A. 2003. Berani Karena Benar. Bandung: Dar Mizan.

Gunawan, H. 2022. Pendidikan Karakter Konsep dan Implementasi. Bandung: Alfabeta.

Habibullah. 2023. Analisis penanaman karakter disiplin dan percaya diri melalui ekstrakulikuler pramuka. Universitas Islam Sultan Agung.

Hamdiyah. Dkk. 2022. Pengantar Psikologi Kebidanan. Jakarta : Global Eksekutif Teknologi

Hikmah, A. N. & Rizky, A. F. 2021. Implementasi Pembinaan Pramuka dala Membentuk Karakter Percaya Diri siswa di SD IES Al-Ghuroba Kabupaten Sorong Tahun Ajaran 2020/2021. Jurnal Pendidikan Dasar 3 (1), 15-20.

Ilham, A & Efendy, Y. 2012. 4 Dzikir Super Dasyat. Tangerang: Qultum Media

Jihad, S.A. 2013. Menjadi Guru Profesional: Strategi Meningkatkan Kulifikasi dan Kualitas Guru di Era Global. Surabaya: Erlangga

Kristi, C. 2020. Implementasi Pendidikan Karakter melalui Kegiatan Pramuka di UPT SD Negeri 18 Gresik. Artikel Dalam Buku Pendidikan Karakter 8 (3), 569-580.

KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia). Kamus versi Online/daring (Dalam Jaringan). Di akses pada 27 September. 2023. https://kbbi.web.id/didi

Komarudin, N. dkk. 2010. Pendidikan Karaker. Jakarta: Direktorat Jendral Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah Kementrian Pendidikan Nasional.

Lestari, K. E. Dan Yudhanegara, M. R. 2015. Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT Refika Aditama.

Lickona, T. 2013. Education For Character. Jakarta: Bumi Aksara.

Ma’mur, J.A. 2011. Pendidikan Karakter Filsafat Pendidikan Teori Pendidikan. Jogjakarta: Diva Press.

Mahendra, Y. 2019. Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Pagelaran Pendidikan Dasar Nasional (PPDN), 1 (1) 257-266.

Marzuki. 2022. Pendidikan Karakter Islam. Jakarta: Amzah.

Nainggolan, N. 2011. Peranan Kepramukaan dalam Membina Sikap Nasionalisme pada Gugus Melat Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar Unsyiah, 1 (1), 88-97.

Nandy. 2022. 45 Sifat Manusia: Sifat Positif & Sifat Negatif. Jakarta: Gramedia.

Nurdin. Dkk. 2021. Membentuk Karakter melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka pada Anak 6-8 Tahun. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6 (2), 957-958.

Nasrudin, Roni. 2010. Pengaruh Partisipasi Siswa Dalam Kegiatan Ekstrakurikuler Terhadap Motif Berprestasi Siswa SMKN 2 Garut. Bandung: UPI Bandung.

Norvia. 2022.. penerapan pendekatan learning by doing dalam meningkatkan rasa kepercayaan diri siswa sekolah dasar negeru 3 tangkiling. Jurnal Pendidikan islam. 8 (2_, 71-87.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia No. 36 Tahun 2014.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia No. 39 Tahun 2008.

Peraturan Presiden Nomor 87 Tahun 2017.

Peraturan Undang-Undang Kepramukaan No. 12 Tahun 2010

Praditya. 2022. Studi pustaka terhadap penggunaan metode praktik dalam gerakan pramuka untuk penanaman sikap social siswa MI/SD. FITK UIN yarif Hidayatullah Jakarta

Rahayu, dkk. 2023. Self Confidence berbasis ekstrakurikuler pramuka. Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah 1 (2), 83-92.

Ramdhani, dkk. 2016. Psikologi untuk Indonesia tangguh dan Bahagia. Jogjakarta : Gadjah Mada University Press

Rifanty,, E. 2018 Implementasi Pendidikan Karakter Percaya Diri pada Kegiatan Ekstrakulikuler Pramuka di SD N Sutan. Basic Education. 7 (26), 2-512-2.522.

Restianti, dkk. 2019. Analisis Pelaksanaan Ekstrakurikuler Pramuka terhadap Nilai-nilai Karakter Siswa di SD Negeri Pamongan 2. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 12 (2), 113-122.

Sabrina. A. dkk. 2022. Peran Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka Dalam Penanaman Karakter Siswa DI SDN 26 Mataram Tahun Pelajaran 2020/2021. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 8 (1).

Santoso. 2023. Pembentukan karakter siswa melalui kegiatan ekstrakurikuler pramuka di MAN 1 Banyuwangi Tahun Pelajaran 2023/2024.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian. Kulaitatif, Kuantitatif. Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suhardita, K. 2011. Efektifitas penggunaan teknik permainan dalam bimbingan kelompok untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa. Penelitian Quasi Eksperimen pada Sekolah Menengah Atas Laboratorium

Wondo, M. T. S. & Meke. K. D. P. 2021. Analisis Pengaruh Sikap Percaya Diri Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Menggunakan Model PBL berbantuan Media Manipulatif, Jurnal Pendidikan Matematika. 4 (1) 11-21

Zubaedi. 2015. Desain Pendidikan Karakter. Jakarta: Prenada Group.

Downloads

Published

2024-02-16

How to Cite

A’yunun Nadhirah, & Adtya Dyah Puspitasari. (2024). Analisis Sikap Percaya Diri Siswa Melalui Kegiatan Menarik dan Menantang Pramuka Pada Kelas II UPTD SDN Gili Timur 2 Bangkalan. JURNAL RISET RUMPUN ILMU PENDIDIKAN, 3(1), 48–56. https://doi.org/10.55606/jurripen.v3i1.2675

Similar Articles

1 2 3 4 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.