MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGANYAM ANAK KELOMPOK B DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA DAUR ULANG DI TK DHARMA WANITA PANGGUNGREJO TULUNGAGUNG

Authors

  • Nilam Nurohmah Institut Agama Islam Pangeran Diponegoro Nganjuk
  • Pendik Hanafi IAI Pangeran Diponegoro Nganjuk
  • M. Nur Huda IAI Pangeran Diponegoro Nganjuk

DOI:

https://doi.org/10.55606/jurripen.v1i1.19

Keywords:

Kemampuan Menganyam, Media Daur Ulang

Abstract

Berdasarkan analisis kebutuhan yang dilakukan dalam proses pembelajaran pada  TK Dharma Wanita Panggungrejo  Tulungagung, dalam kegiatan menganyam beberapa anak masih terlihat jari jemarinya sedikit kaku dan waktu yang digunakan relatif lama hingga waktu pembelajaran berakhir, namun dapat menyelesaikan tugas hingga selesai. Sedangkan di beberapa TK yang lain kegiatan menganyam masih jarang dilakukan dengan alasan kegiatan menganyam dianggap rumit untuk dilakukan anak. Selain itu masih banyak anak yang bertanya cara membuatnya secara berulang-ulang dan juga meminta bantuan kepada guru.  Jenis Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian tindakan secara garis besar, peneliti pada umumnya mengenal adanya empat langkah penting, yaitu pengembangan, plan (perencanaan), Act (tindakan), Observe (Pengamatan), dan Reflect (Perenungan) atau disingkat PAOR yang dilakukan secara intensif dan sistematis atas seseorang yang mengerjakan pekerjaan sehari-harinya.  

Downloads

Published

2022-03-14

How to Cite

Nilam Nurohmah, Pendik Hanafi, & M. Nur Huda. (2022). MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGANYAM ANAK KELOMPOK B DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA DAUR ULANG DI TK DHARMA WANITA PANGGUNGREJO TULUNGAGUNG . JURNAL RISET RUMPUN ILMU PENDIDIKAN, 1(1), 37–61. https://doi.org/10.55606/jurripen.v1i1.19

Similar Articles

1 2 3 4 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.