Pengaruh Nilai Pelanggan Dan Kepercayaan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Toko Batik Aisyah

Authors

  • Muhlisa Muhlisa Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) BIMA
  • Muhajirin Muhajirin Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) BIMA

DOI:

https://doi.org/10.55606/jurrie.v2i2.1641

Keywords:

Nilai Pelanggan, Kepercayaan, Kepuasan Pelanggan

Abstract

Penelitian  ini  bertujuan  untuk  mengetahui  pengaruh Nilai Pelanggan dan Kepercayaan terhadap Kepuasan Pelanggan pada Toko Batik Aisyah. Jenis penelitian yang digunakan  dalam  penelitian  ini  adalah  asosiatif kausal.  Populasi  dalam  penelitian  ini  adalah seluruh pelanggan yang pernah berbelanja di Toko Batik Aisyah,  dengan  jumlah  sampel  yang  terdiri  dari  96  responden. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling  dengan  teknik  pengambilan  data  menggunakan  kuesioner.  Metode  analisis  data yang  digunakan  adalah  analisis  regresi  linier  berganda  dengan  alat  bantu  aplikasi  SPSS  (Statistical Product And Service Solution). Berdasarkan hasil uji t dalam penelitian ini menunjukkan bahwa: 1.  Nilai Pelanggan memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan pada Toko Batik Aisyah; 2. Kepercayaan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan pada Toko Batik Aisyah. Dan hasil uji f pada penelitian ini menyatakan bahwa Nilai Pelanggan dan Kepercayaan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan pelanggan pada Toko Batik Aisyah

References

Azwar, S. 2017. Reliabilitas Dan Validitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Fitra mulyana, Y. 2016. “Pengaruh Kepercayaan, Persepsi Resiko, Dan Keamanan Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Toko Online : Study Pada Toko Online OLX.Co.Id.” Universitas Negeri Yogyakarta.

Ghozali. 2018a. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25. Semarang.

———. 2018b. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Kholifah, S., & Koerniawan, I. (2022). Desain Sistem Informasi Pemasaran Produk Kewirausahaan Mahasiswa Program Studi Komputerisasi Akuntansi Universitas Stekom Semarang Berbasis Web Dan Mobile. Stability: Journal of Management and Business, 5(2), 137-147.

Kotler Philip dan Kevin L. Keller. 2016. Marketing Management. 15th ed. Pearson Education Limited .

Kotler Philip, and Kevin L. Keller. 2016. Marketing Management 15th Global Ed. 15th ed. Pearson.

Koerniawan, I. (2020). Pengantar Akuntansi. Penerbit Yayasan Prima Agus Teknik, 1-275.

Kurniawan, I., Dewi, M. A., Pambudi, A., Ranatarisza, M. M., & Wardani, P. (2020). The Realization Of Economic Revitalization Through MSME. European Journal of Molecular & Clinical Medicine, 7(11), 1926-1931.

Lupiyoadi. 2014. Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi.

Paputungan, Tatinaya, Lucky F. Tamengkel, and Aneke Y. Punuindong. 2022. “Pengaruh Nilai Pelanggan Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan PT. Telkom Kotamobagu.” Universitas Sam Ratulangi.

Putra Mahendra, Kevin, and Ratih Indriyani. 2018. “PENGARUH KEPERCAYAAN PELANGGAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN CV MITRA PERKASA UTOMO.” Universitas Kristen Petra.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: CV Alfabeta.

———. 2019. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: CV Alfabeta.

———. 2021a. METODE PENELITIAN KUANTITATIF KUALITATIF Dan R&D. 2nd ed. Bandung: CV Alfabeta.

———. 2021b. METODE PENELITIAN KUANTITATIF KUALITATIF Dan R&D. 2nd ed. Bandung: CV Alfabeta.

Tjini, Sartika Sari Ayu, and Zaki Baridwan. 2013. “Pengaruh Kepercayaan, Persepsi Kegunaan, Persepsi Kemudahan, Dan Persepsi Kenyamanan Terhadap Minat Penggunaan Sistem Internet Banking.” Jurnal Akuntansi dan Bisnis Universitas Brawijaya Malang 1(2).

Tjiptono, Fandy. 2014. Pemasaran Jasa – Prinsip, Penerapan & Penelitian. Yogyakarta: Penerbit Andi Offset.

Tjiptono, Fandy, and Gregorius Chandra. 2016. Service, Quality & Satisfaction. Yogyakarta : CV Andi Offset.

Downloads

Published

2023-10-31

How to Cite

Muhlisa, M., & Muhajirin, M. (2023). Pengaruh Nilai Pelanggan Dan Kepercayaan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Toko Batik Aisyah. Jurnal Riset Rumpun Ilmu Ekonomi, 2(2), 189–202. https://doi.org/10.55606/jurrie.v2i2.1641

Similar Articles

1 2 3 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.