PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, PERSEPSI HARGA, CITA RASA DAN VARIASI PRODUK TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN CV. SUMBER GARUDA MAS

Authors

  • Chayatul Jannah Universitas Media Nusantara Citra
  • Lutfi Alhazami Universitas Media Nusantara Citra

DOI:

https://doi.org/10.55606/jurrie.v1i2.361

Abstract

Persaingan dunia usaha harus mampu berupaya untuk mencapai tujuan dengan menciptakan dan mempertahankan konsumen yang berorientasi mengarah pada kepuasan konsumen. Kepuasan konsumen memiliki beberapa atribut yang terdiri dari cita rasa, harga, variasi produk, kecepatan pelayanan, dan kemampuan memberi informasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh positif kualitas pelayanan, persepsi harga, cita rasa dan variasi produk terhadap kepuasan konsumen. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif asosiatif kausal dengan jumlah sampel 100 responden. Instrumen yang digunakan adalah kuisioner. Pengujian kualitas instrumen meliputi uji validitas dan uji reliabilitas. Analisis data menggunakan analisis deskriptif, sedangkan untuk pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi linier berganda, koefisien determinasi, uji asumsi klasik, dan uji parsial (uji T). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara kualitas pelayanan, persepsi harga, cita rasa dan variasi produk terhadap kepuasan konsumen dengan nilai R-Square sebesar 0,790. Artinya sebanyak 79% variabel indpenden mempengaruhi variabel dependen. Penelitian ini hanya dilakukan pada konsumen CV. Sumber Garuda Mas yang mencantumkan akun sosial media pada akun marketplace.

 

References

Apriyani, D., & Sunarti, S. (2017). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN (Survei pada Konsumen The Little A Coffee Shop Sidoarjo). Jurnal Administrasi Bisnis S1 Universitas Brawijaya, 51(2), 1–7.

Arianto, N. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Promosi Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Alfamart Roda Hias Serpong. Jurnal Ekonomi Efektif, 2(1). https://doi.org/10.32493/jee.v2i1.3512

Ghozali. (2016). Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23 (8 ed.). Badan Penerbit Universitas Diponegoto.

Indrasari, N. (2018). Pengaruh Cita Rasa, Nilai Gizi Dan Variasi Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Yes Delivery Di Plosokandang Tulungagung. Simki-Economic, 01(03), 1–14. simki.unpkediri.ac.id

Jumarodin, J., Sutanto, A., & Adhilla, F. (2019). Pengaruh Variasi Produk Terhadap Loyalitas Konsumen Bedukmutu Di Umy. Jurnal Manajemen Bisnis, 10(1), 102–119. https://doi.org/10.18196/mb.10171

Kanuk, S., & Suryani, D. (2013). Pengaruh Citra Merek, Persepsi Harga, Kualitas Produk, Dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Oppo. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, 3, 1–22. http://repository.umy.ac.id/bitstream/handle/123456789/16066/k. Naskah Publikasi.pdf?sequence=11&isAllowed=y

Kemenperin, H. (2021). Menggali Potensi Kerja Sama Industri Makanan Minuman. https://www.kemenperin.go.id/artikel/22963/Menggali-Potensi-Kerja-Sama-Industri-Makanan-Minuman

Kojongian, A. S. C., Tumbel, T. M., & Walangitan, O. (2022). Pengaruh Variasi Produk dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Careofyou . id pada Media Sosial Instagram. 3(2).

Krisdiyanto, Haryono, & Gagah. (2018). Analisis Pengaruh Harga, Kualitas Pelayanan, Fasilitas, dan Lokasi terhadap Kepuasan Konsumen di I Cafe Lina Putra Net Bandungan. Journal of Management, 4(4).

Maimunah, S., S1, P., Fakultas, M., & Dan Bisnis, E. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Persepsi Harga, Cita Rasa Terhadap Kepuasan Konsumen Dan Loyalitas Konsumen. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Persepsi Harga, Cita Rasa Terhadap Kepuasan Konsumen Dan Loyalitas Konsumen, 1(2), 1–68.

Mursida, & Anna. (2017). CITARASA DAN KERAGAMAN MENU DALAM MEMPENGARUHI KEPUASAN KONSUMEN NASI UDUK BETAWI MPOK TIYAH. STIE Ipwija, 19–30.

Muschilati. (2015). Pengaruh Kualitas Layanan Dan Inovasi Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Rumah Sakit Buah Hati Kudus. Management Analysis Journal 4, 341–347.

Rahmawaty, P. (2019). Pengaruh Variasi Produk, Harga, Dan Customer Experience Terhadap Keputusan Pembelian Ulang Roti Breadtalk Yogyakarta. Jurnal Ilmu Manajemen, 12(1), 89–98. https://doi.org/10.21831/jim.v12i1.11744

Rangkuti, F. (2008). The Power of Brand’s. Gramedia Pustaka Utama.

Sugiyono. (2017). METODE PENELITIAN Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (26 ed.). Alfabeta.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Bisnis (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi dan R&D). Alfabeta.

Suparno Saputra, R. Y. S. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Di Grand Setiabudi Hotel& Apartment. Jurnal Bisnis dan Pemasaran, 9(2), 21–31.

Tjiptono. (2012). Strategi Pemasaran (Edisi 3). Yogyakarta: ANDI.

Downloads

Published

2022-10-01

How to Cite

Chayatul Jannah, & Alhazami, L. . (2022). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, PERSEPSI HARGA, CITA RASA DAN VARIASI PRODUK TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN CV. SUMBER GARUDA MAS. Jurnal Riset Rumpun Ilmu Ekonomi, 1(2), 029–045. https://doi.org/10.55606/jurrie.v1i2.361