Pengaruh Celebrity Endorser dan Iklan Terhadap Minat Beli Konsumen pada Produk Scarlett di Kota Palopo

Authors

  • Wahyudi Wahyudi Universitas Andi Djemma Palopo
  • Ander Ander Universitas Andi Djemma Palopo
  • Randa Limbong Universitas Andi Djemma Palopo
  • Farel Pasulle Universitas Andi Djemma Palopo
  • Rudianto Rudianto Universitas Andi Djemma Palopo

DOI:

https://doi.org/10.55606/jurrie.v2i2.1609

Abstract

Penelitian Pengaruh Celebrity Endorser dan Iklan Terhadap Minat Beli Konsumen pada Produk Scarlett di Kota Palopo telah dilakukan. Tujuan penelitian ini yaitu Untuk mengetahui Pengaruh Celebrity Endorser dan Iklan terhadap Minat Beli Konsumen pada Produk Scarlett di Kota Palopo. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh pelanggan atau konsumen pada produk Scarlett. Menurut Utama (2016) besarnya jumlah sampel tergantung pada jumlah indikator yang dikalikan 10 kalinya. Jumlah sampel minimal dalam penelitian ini yaitu 11 x 10 = 110 orang konsumen yang membeli produk Scarlett. Metode pengumpulan data dengan menggunakan tindakan observasi, wawancara dan kuesioner kepada responden pelanggan pada Produk Scarlett di Kota Palopo.  Data yang didapatkan akan dianalisis secara Deskriptif, Uji Validitas, Uji Reliabilitas, Koefisien Determinasi (R2) serta Analisis Regresi Linier Berganda. Dari hasil analisis didapatkan nilai F hitung (183,456) > f tabel (2,310) dengan taraf signifikan 0,000, yang berarti bahwa Celebrity Endorser dan Iklan berpengaruh Signifikan terhadap Minat Beli Konsumen pada Produk Scarlett di Kota Palopo. Dan nilai T hitung 2,019 > t tabel dengan taraf signifikan 0,046. Taraf signifikan tersebut lebih kecil dari 0,05. Hal yang dapat disimpulkan bahwa celebrity endorse berpengaruh signifikan terhadap Minat Beli konsumen pada produk Scarlett di Kota Palopo. Nilai Koefisien Determinasi (R Square) sebesar 0,774 hal ini dapat disimpulkan bahwa variabel bebas celebrity endorser (XI) dan iklan (X2) mempunyai kontribusi atau berpengaruh terhadap variabel terikat (minat beli) sebesar 77,4% sedangkan sisanya (100% - 77,4% = 22,6%) dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Artinya bahwa hipotesis ketiga diterima. Penelitian ini dapat memberikan saran dan rekomendasi bagi pengembang Produk Scarlet dalam mengembangkan strategi pemasaran dan meningkatkan Celebrity Endorser dan Iklan guna menarik Minat Beli.

References

Abdurahman, Muhidin, & Somantri. 2011. Dasar-Dasar Metode Statistika Untuk Penelitian.Bandung : Pustaka Setia

Ali H. (2018) jurnal indoviri ; pengaruh citra merek kualitas merek dan kualitas produk dah harga terhadap minat beli pakaian indonesia indovisi institute, I (Iii),83-104 Diambu. Dari htt:/ journal. Dosen Indonesia. Orang.[jurnal].

Arikunto (2016), Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Assauri, Sofjan. 2011. Strategic Management, Sustainable Competitive Advantage. Indonesia, Jakarta.

Azhari, H., & Rustam, T. A. (2021). Analisis Pengaruh Ease Of Use, Shopping Experience Dan Advertisement Terhadap Minat Beli E-Commerce Customers Tokopedia Di Kota Batam. ScientiaJournal: Jurnal Imliah Mahasiswa, 3(4).

Basu Swastha Dharmmesta. (2014). Manajemen Pemasaran. BPFE: Yogyakarta.

Dewi Priyatno, 2018, Mandiri Belajar SPSS - Bagi Mahasiswa dan Umum, Yogyakarta: MediaKom.

Djayakusumah, Tams. 2012. Pengertian Periklanan. Bandung : CV. Armico.

Ferdinand. (2011). Metode penelitian manajemuk pedoman penelitian untuk penulisan skripsi, tesis dan disertai ilmu manajemen. [jurnal].

Heller Dkk. (2016) . Foucault, Discourse, and the Birth of British Public Relations, Enterprise & Society, Vol. 17, No. 3, hal. 651-677. [jurnal].

Henny, H., & Iwan Koerniawan. (2018). Persepsi Karyawan Terhadap Penggunaan Teknologi Informasi Dalam Sistem Informasi Akuntansi (Studi Empiris Di Rumah Sakit Permata Grup) . Jurnal Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 9(1), 39-44.

Husein Umar, 2015. Metode Penelitian.Jakarta : Salemba Empat.

Iwan Koerniawan, & Eka Satria Wibawa. (2019). Pengaruh Partisipasi Penyusunan Anggaran Dan Karakteristik Tujuan Anggaran Terhadap Kinerja Manajerial Dengan Lingkungan Kerja Non Fisik Sebagai Variabel Moderasi. Kompak :Jurnal Ilmiah Komputerisasi Akuntansi , 12(1), 34-46.

Jefkins, Frank, (2017). Periklanan Edisi X. Penerbit Erlangga.

Kasali, Rhenald, 2017, Manajemen periklanan, konsep dan aplikasinya di Indonesia.

Kotler dan Keller (2015).Manajemen Pemasaran. Edisi 12.Jakarta : Erlangga

Kotler, Philip, dan Gary Armstrong 2012. Prinsip-prinsip Pemasaran.Edisi 13.Jilid 1.Erlangga : Jakarta.

Lee Jess, (2022). Pengaruh Celebrity Endroser, dan Iklan Terhadap Minat Beli Konsumen E-Commerce Lazada Pada Masyarakat Kota Batam. Skripsi.

Melati, Dwinda Aulia. 2010. “Teori Iklan” (Online). http://www.blogtopsites.com.html.

Mubarok, (2016). Pengaruh Celebrity Endorsement terhadap Minat Beli Konsumen (Studi pada Konsumen Mahasiswa Kelas Reguler Sore STIE INABA Bandung).

Nurdin, dkk (2019). Dampak Celebrity Endorser dan Iklan Terhadap Minat Beli Konsumen Honda Beat. Jurnal.

Pujiyanto, 2011, Periklanan, Malang: Universitas Negeri Malang.

Savitri Nyoman Wisniari (2017) Pengaruh Celebrity Endorser dan Iklan Melalui Media Televisi Terhadap Minat Beli Pada Tokopedia Di Denpasar. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana.

Schiffman, Leon.G. dan Leslie Lazar Kanuk. (2017). Perilaku Konsumen.Edisi Ke-7.Diterjemahkan oleh Zoelkifli Kasip. PT. Indeks, Jakarta.

Simak, A. H., Saerang, I., & Jan, A. B. H. (2017). Pengaruh Celebrity Endorser Dan Iklan Televisi Terhadap Minat Beli Sepeda Motor Yamaha (Study Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Sam Ratulangi Manado). Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 5(2), 2377–2384. https://doi.org/10.35794/emba.v5i2

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Syafitri Eka Putri, (2019). Pengaruh Celebrity Endorser Terhadap Minat Beli Pengguna Sosial Media Instagram Pada Mahasiswa Program Studi Manajemen Universitas Muhammadiyah Makassar. Skripsi.

Tjiptono. 2015. Strategi Pemasaran. Edisi 4: Andi.

Koerniawan, I., & Fatmawati, I. (2021). Sistem Informasi Pengelolaan Keuangan Berbasis Client Server Pada Sma Ky Ageng Giri Banyumeneng Mranggen Demak. Jurnal Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 12(1), 51-57.

Zaerofi dan Mawarendra (2022) tentang Pengaruh Celebrity Endorsement dan Iklan Istagram Terhadap Minat Pembelian.

Downloads

Published

2023-10-23

How to Cite

Wahyudi, W., Ander, A., Limbong, R. ., Pasulle, F. ., & Rudianto, R. (2023). Pengaruh Celebrity Endorser dan Iklan Terhadap Minat Beli Konsumen pada Produk Scarlett di Kota Palopo. Jurnal Riset Rumpun Ilmu Ekonomi, 2(2), 162–172. https://doi.org/10.55606/jurrie.v2i2.1609