PENGARUH DISIPLIN KERJA, LINGKUNGAN KERJA DAN MOTIVASI TERHADAP KINERJA GURU SEKOLAH DASAR KECAMATAN SUMOWONO KABUPATEN SEMARANG

Authors

  • Tri Maryati Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Pariwisata Semarang

DOI:

https://doi.org/10.55606/jurrie.v1i1.9

Keywords:

disiplin kerja, lingkungan kerja,, motivasi, kinerja.

Abstract

Suatu organisasi akan mempunyai kemampuan bersaing jika sumber daya manusia yang ada pada organisasi tersebut memiliki kemampuan yang unggul diatas rata–rata atau kemampuan tenaga kerja tersebut lebih tinggi dari kemampuan standar yang di tetapkan organisasi. Sumber daya manusia dalam suatu organisasi merupakan kunci dari kesuksesan organisasi tersebut, karena sumber daya manusialah yang menjadi kendali dari pada seluruh sumber daya yang ada pada organisasi.

Perumusan masalah dalam skripsi ini adalah : 1) Bagaimana pengaruh disiplin kerja terhadap kinerja guru Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Sumowono Kabupaten Semarang ? 2) Bagaimana pengaruh lingkungan kerja terhadap kinerja guru Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Sumowono Kabupaten Semarang ? 3) Bagaimana pengaruh motivasi terhadap kinerja guru Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Sumowono Kabupaten Semarang ? 4) Bagaimana pengaruh disiplin kerja, lingkungan kerja, dan motivasi secara Bersama-sama terhadap kinerja guru Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Sumowono Kabupaten Semarang ? 5) Variabel manakah yang berpengaruh paling dominan ?

Metode penelitian menggunanakan analisa kuantitatif dengan analisis regresis linear berganda. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 101 orang, sampel dalam penelitian ini berjumlah 81 responden. Teknik sampel dengan teknik purposive sampling yang dihitung dengan rumus slovin.

Hasil penelitian ini adalah berdasarkan uji t pengaruh disiplin kerja terhadap kinerja guru adalah sebesar 10,482 dengan nilai signifikan sebesar 0,000, maka diperoleh bahwa Hipotesis 1 diterima. Dengan demikian, maka disiplin kerja berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru. Hasil uji t pengaruh lingkungan kerja terhadap kinerja guru adalah sebesar 4,462 dengan nilai signifikan sebesar 0,000, maka diperoleh bahwa Hipotesis 2 diterima. Dengan demikian, maka lingkungan kerja berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru. Hasil uji t pengaruh motivasi terhadap kinerja guru adalah sebesar 6,203 dengan nilai signifikan sebesar 0,000, maka diperoleh bahwa Hipotesis 3 diterima. Dengan demikian, maka motivasi berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru.

Downloads

Published

2022-03-01

How to Cite

Tri Maryati. (2022). PENGARUH DISIPLIN KERJA, LINGKUNGAN KERJA DAN MOTIVASI TERHADAP KINERJA GURU SEKOLAH DASAR KECAMATAN SUMOWONO KABUPATEN SEMARANG. Jurnal Riset Rumpun Ilmu Ekonomi, 1(1), 10–19. https://doi.org/10.55606/jurrie.v1i1.9

Similar Articles

1 2 3 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.