Strategi Implementasi Literasi Keuangan Terhadap Proses Pengambilan Kredit Usaha Rakyat (KUR) Pada PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Cabang Tamalanrea Makassar

Authors

  • Ruki Ambar Arum Politeknik Pendidikan dan Pengembangan Profesi Indonesia, Makassar

DOI:

https://doi.org/10.55606/cemerlang.v2i2.467

Keywords:

Literasi Keuangan, Proses Pengambilan Kredit Usaha Rakyat (KUR)

Abstract

Penelitian yang digunakan dalam Penulisan ini bertujuan untuk mengetahui Strategi Implementasi Literasi Keuangan Terhadap Proses Pengambilan Kredit Usaha Rakyat (KUR) pada PT Bank Rakyat Indonesia (Persero)Tbk. Kantor Cabang Tamalanrea Makassar. Metode penelitian yang digunakan oleh penulis yaitu metode deskriptif yaitu mendasarkan pada hasil interview dengan informan. Untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan dalam  Literasi Keuangan Keuangan Terhadap Proses Pengambilan Kredit Usaha Rakyat (KUR) pada PT Bank Rakyat Indonesia (Persero)Tbk. Kantor Cabang Tamalanrea Makassar, penulis menggunakan pengamatan langsung ke lapangan serta melakukan wawancara pada pegawai yang bertanggung jawab pada Literasi Keuangan pada Pengambilan Kredit Usaha Rakyat (KUR). Setelah melakukan analisa dan pembahasan masalah, penulis memperoleh kesimpulan bahwa Literasi Keuangan dalam Proses Pengambilan Kredit Usaha Rakyat (KUR) pada PT Bank Rakyat Indonesia (Persero)Tbk. Kantor Cabang Tamalanrea Makassar sudah efektif, karena dengan diterapkannya Literasi Keuangan PT Bank Rakyat Indonesia (Persero)Tbk. Kantor Cabang Tamalanrea Makassar memperoleh peningkatan laba serta memberikan dampak yang baik bagi perusahaan.

 

 

References

Jurnal

Angraini Ayu, 2015, Prosedur Pemberian Kredit Komsumtif pada PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk, Cabang Panakukang Makassar, Tugas Akhir Diploma Tiga Studi Admin istrasi Bisnis Konsentrasi Administrasi Keuangan Politeknik Informatika Nasional Makassar.

Chen dan Volpe (1998; endari dan Kewal, 2014) Analisys Of Personal Financial Literacy among College Student. Financial Servis Review.

Farida Fajar Hidayati (2017), pengaruh literasi keuangan dan faktor demografi terhadap proses keputusan pengambilan kredit usaha rakyat (KUR) pada Bank Rakyat Indonesia (BRI) kantor unit mantingan, kabupaten ngawi jawa timur

Friedrich (Wahab, 2008:3), Pengertian Tentang Implementasi.

Guntur Setiawan (Setiawan:2004), mengemukakan tentang pengertian lmplementasi.

Hasibuan (2005:2), menjelaskan tentang pengertian bank

Jappelli (2010), Self-assessment: Pendekatan Literasi Keuangan

Kharchenko (2011) Financial Literacy in Ukraine: Determinants and Implication for saving Behaviour. Uraine: Kyiv School of Economic.

Kasmir (2008:2), pengertian Bank

Lynch dan Wibisono (2006), mengemukakan tentang pengertian strategi

Mega Dwi Rani Siahan (2013) Financial Literacy, Pengaruh Literasi Keuangan terhadap perilaku pengelolaan keuangan pada mahasiswa perguruan tinggi di Surabaya, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi, Surabaya.

Otoritas Jasa Keuangan (OJK, 2016), Pemahaman tujuan literasi keuangan akan meleknya keuangan.

Oseifuah (2010; Wise, 2013) Financial Literacy and Youth Entrepneurship in South Afrika.

OECD (2005), Objective Measures Like Test Score, Pendekatan Pengukuran Literasi Keuangan.

Downloads

Published

2022-05-24

How to Cite

Ruki Ambar Arum. (2022). Strategi Implementasi Literasi Keuangan Terhadap Proses Pengambilan Kredit Usaha Rakyat (KUR) Pada PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Cabang Tamalanrea Makassar. CEMERLANG : Jurnal Manajemen Dan Ekonomi Bisnis, 2(2), 202–218. https://doi.org/10.55606/cemerlang.v2i2.467

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.