Motivasi Remaja Melakukan Cyberbullying di Media Sosial

Authors

  • Astuti Rana Universitas Negeri Makassar
  • Basti Tetteng Universitas Negeri Makassar

DOI:

https://doi.org/10.55606/jurrish.v2i1.787

Keywords:

Cyberbullying, Motivasi, Remaja

Abstract

Cyberbullying merupakan tindakan agresif di media sosial untuk melecehkan, mempermalukan, dan mengejek orang lain. Penelitian ini berfokus pada motivasi remaja melakukan cyberbullying di media sosial. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Responden dalam penelitian ini merupakan tiga remaja perempuan pelaku cyberbullying. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara. Hasil analisis data menunjukkan terdapat perilaku motivasi remaja melakukan cyberbullying di media sosial, motivasi tersebut dapat dibagi menjadi dua yaitu motivasi internal, yang berasal dari dalam diri dan motivasi eksternal, yang berasal dari luar. Adapun motivasi internal terbagi menjadi lima, yaitu: Sering melakukan bullying di dunia nyata sehingga di lakukan di media sosial, karena media sosial merupakan jalan yang paling mudah melakukan penindasan. 2. Adanya ketidakseimbangan kuasa, atau apa yang dilakukan pelaku cyberbullying dalam segi mental dan sosial merasa lebih kuat. 3. Merasa mempunyai segalanya sehingga apapun bisa dilakukan kepada korban. 4. Membuat mental korban hancur sehingga korban mempunyai keinginan untuk berhenti bersekolah bahkan pindah sekolah. 5. Identitas yang tidak di ketahui oleh korban memudahkan pelaku melakukan tindakan cyberbullying. Sedangkan motivasi ekstrinsik terbagi menjadi 2 yaitu: 1. Sifat dan karakteristik korban yang mengundang untuk di tindas. 2. Tertantang dari sebuah film sehingga ingin melakukan tindakan cyberbullying.

References

Amira, Nurul., S., Fahmal,Muin., A, & Mapasseleng, Fadillah., N. (2021). Efektivitas penerapan Restorative Justice terhadap anak sebagai pelaku tindak pidana cyberbullying di Polrestabes Makassar. Jurnal of Criminal Law, 3(1), 431-439.

Athanasiou, K., Melegkovits, E., Andrie, E.K. Magoulas, C., Tzavara, C.K., Richardson, C., Greydanus, D., Tsolia, M., & Tsitsika, A.K. (2018). Crossnational aspects of cyberbullying victimization among 14–17-year-old adolescents across seven European countries. BMC public health, 18(800),1186-12889.

Creswell, J. W. (2016). Research Design: Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Terjemahan oleh Heppy El Rais Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Dewi, H . A., Suryani, & Sriati, A. (2020). Faktor-Faktor yang Memengaruhi Cyberbullying Pada Remaja: A Systematic Review. Journal of Nursing Care, 3(2), 128–141.

Hinduja, S., & Patchin, J. W. (2012). Cyberbullying: A review of the legal issues facing educators. Preventing School Failure, 55(2), 1–8.

Jennifer, D.S. & Danielle, M.L.(2013). Apakah Satu Ukuran Cocok Untuk Semua ? Perbedaan Etnis dalam Perilaku. Journal Youth Adolescence. 1(4), 36-47.

Kholifa. (2017). Dampak Tayangan Televisi Terhadap Kejahatan Anak. Lex Et Societatis, 3(9), 5–14.

Kowalski, R. M., Giumetti, G. W., Schroeder, A. N., & Lattanner, M. R. (2014). Bullying in the digital age: A critical review and meta-analysis of cyberbullying research among youth. Psychological Bulletin, 14(4), 1073–1137.

Malihah, Z., & Alfiasari, A. (2018). Perilaku Cyberbullying pada Remaja dan Kaitannya dengan Kontrol Diri dan Komunikasi Orang Tua. Jurnal Ilmu Keluarga Dan Konsumen, 11(2), 145–156.

Mar'uf, H. (2020). Perilaku agresi relasi siswa di sekolah. Yogjakarta: Aswaja Pressindo.

Primasari, P. P., & Suminaar, D. R. (2019). Hubungan antara Empati dan Cyberbullying pada Remaja. Jurnal psikologi pendidikan dan perkembangan, 8(1), 32–42.

Rizza, C., & Pereira, Â. G. (2013). Social Networks and Cyberbullying among Teenage. Italy: Publications Office of the European Union.

Satalina, D. (2014). Kecenderungan perilaku cyberbullying ditinjau dari tipe kepribadian ekstrovert dan introvert. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 2(2), 2301-8267.

Sukmawati, A., Puput, A., & Kumala, B. (2020). Dampak cyberbullying pada remaja di media sosial. Alauddin Scientific Journal of Nursing, 1(1), 55–65.

Uno, B., Hamzah. (2018) Teori motivasi dan pengukurannya: analisis di bidang pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Zakiyah, E. Z., Humaedi, S., & Santoso, M. B. (2017). Faktor Yang Mempengaruhi Remaja Dalam Melakukan Bullying. Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 324–330.

Downloads

Published

2023-01-19

How to Cite

Rana, A., & Basti Tetteng. (2023). Motivasi Remaja Melakukan Cyberbullying di Media Sosial. Jurnal Riset Rumpun Ilmu Sosial, Politik Dan Humaniora, 2(1), 149–158. https://doi.org/10.55606/jurrish.v2i1.787

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.