Evaluasi Pembangunan Ekonomi Berbasis Desa Wisata (Studi Kasus Cangkringan)

Authors

  • Wahyu Kuntoro Universitas Islam Indonesia
  • Ahmad Saifudin Mutaqi Universitas Islam Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.55606/jurritek.v2i1.903

Keywords:

Desa wisata, Kewirausahaan social, Pembangunan

Abstract

  Pandemi yang terjadi pada tahun 2020 cukup berdampak pada perekonomian dunia, salah satunya di Indonesia. Di Indonesia sendiri, banyak masyarakat yang mengalami keterpurukan ekonomi baik dari sektor perdagangan, bisnis hingga sektor pariwisata merasakan dampak tersebut. Dampak menurunnya perekonomian juga sangat dirasakan oleh masyarakat di pedesaan.  Ditengah menurunnya kondisi ekonomi di masyarakat, kewirausahaan sosial diperlukan sebagai solusi untuk membangkitkan kembali kondisi ekonomi dan mengatasi masalah – masalah sosial di Indonesia terutama di pedesaan. Peningkatan ekonomi di pedesaan dapat dilakukan dengan hadirnya kewirausahaan sosial. Desa dengan potensi yang menarik dapat menjadi sumber peningkatan ekonomi masyarakat dengan diadakannya usaha berbasis desa wisata. Diperlukan peran masyarakat dan perhatian pemerintah guna mendukung peningkatan ekonomi masyarakat berbasis desa wisata. Oleh karena itu, sinergi antara masyarakat dengan pemerintah setempat sangat dibutuhkan untuk mengatasi masalah tersebut. Salah satu solusi tersebut adalah dengan melihat potensi yang ada pada desa dan dikembangkan menjadi desa wisata. Cangkringan sendiri memiliki ketujuh kriteria sesuai dengan peryataan Hadiwijoyo (2012). Peran pemerintah daerah sangat dibutuhkan untuk terwujudnya Cangkringan menjadi desa wisata.  

References

Tenrinippi,A (2019) “Kewirausahaan Sosial di Indonesia (Apa, Mengapa, Kapan, Siapa, Dan Bagaimana)” Meraja Journal, Vol. 2, No. 3.

Satato, et all (2019) “Potensi Wisata Kampung Pelangi Sebagai Daya Tarik Wisata” Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, Vol.12, No.1.

Ridwan (2018) “Pemberdayaan Masyarakat Desa Dalam Mengembangkan Ekonomi Kreatif Di Desa Citengah Kabupaten Sumedang” Jurnal Riset Akuntansi Kontemporer, Vol. 10, No.01.

Wibowo, Alfarisy (2020) “Analisis Potensi Ekonomi Desa Dan Prospek Pengembangannya” Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Akuntansi (JEBA), Volume 22, No. 2.

Masitah (2019) “Pengembangan Desa Wisata Oleh Pemerintah Desa Babakan Kecamatan Pangandaran Kabupaten Pangandaran” Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Negara e-ISSN 2614-2945, Volume 6, Nomor 3.

Fadjarajani, et all (2021) “Analisis Potensi Pariwisata Di Kabupaten Cianjur” Jurnal Geografi, Volume XIX, Nomor 1.

Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2009 tentang Kepariwisataan (UU Kepariwisataan)

Peraturan Gubernur (PERGUB) Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta Nomor 40 Tahun 2020.

Downloads

Published

2023-02-23

How to Cite

Wahyu Kuntoro, & Ahmad Saifudin Mutaqi. (2023). Evaluasi Pembangunan Ekonomi Berbasis Desa Wisata (Studi Kasus Cangkringan). JURAL RISET RUMPUN ILMU TEKNIK, 2(1), 104–112. https://doi.org/10.55606/jurritek.v2i1.903

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.