Program Corporate Social Responsibility Pada PT Bank Mandiri Balkondes Di Desa Kenalan, Borobudur, Jawa Tengah
DOI:
https://doi.org/10.55606/jurritek.v2i1.918Keywords:
PT Bank Mandiri, CSR, kewirausahaan sosialAbstract
Salah satu program pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dari segala sisi yaitu program corporate social responsibility (CSR). Program CSR merupakan program wajib pemerintah yang diatur dalam salah satu Undang-Undang yaitu UU No 40 tahun 2007 mengenai perseroan terbatas. Tujuan program CSR yaitu memunculkan potensi masyarakat yang dimiliki serta dapat dikembangkan supaya masyarakat dapat mencapai kehidupan yang mandiri dan sejahera secara kontinus melalui kewirausahaan sosial. Metode yang digunakan adalah metode analisis deskriptif, yaitu menjelaskan gambaran suatu data dan informasi yang diperoleh. Berdasarkan hasil laporan CSR PT Bank Mandiri Persero Tbk mengalokasikan dana untuk pembangunan Balai Ekonomi Desa di Desa Kenalan, Borobudur sebesar 1 miliar rupiah. Balai Ekonomi Desa tersebut dikelola secara professional yang dilengkapi dengan homestay dan dipamerkan produk souvenir, makanan, dan produk lainnya hasil kreasi masyarakat desa. Balai ini juga memiliki tempat pelatihan untuk meningkatkan kapabilitas masyarakat desa. Oleh karena itu, masyarakat sekitar telah mengembangkan potensi yang ada di daerah tersebut melalui Balai Ekonomi Desa Kenalan, Borobudur sehingga masyarakat dapat meningkatkan kesejahteraan hidupnya.
Downloads
References
Nayenggita, Raharjo, Resnawaty. 2019. Praktik Corporate Social Responsibility
Fahrial, Utama, Dewi. 2019. Pemanfaatan Corporate Social Responsibility (CSR) terhadap Pembangunan Perkonomian Desa
PT Bank Mandiri. 2017. Laporan CSR Program Balai Ekonomi Desa (BALKONDES)
Pemerintah Indonesia. 2007. UU No. 40 Tahun 2007
Widjaja & Pratama. 2008. Risiko Hukum dan Bisnis Perusahaan Tanpa CSR. Jakarta: Forum Sahabat
Kotler, P., & Nance, L. (2005). Corporate Social Responsibility: Doing the Most Good for Your Company and Your Cause. John Wiley & Sons Inc.
Solihin, Ismail. (2009). Corporate Social Responsibility: From Charity to Sustainability. Jakarta: Salemba Empat
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta