Analisis Faktor Kepuasan Konsumen Terhadap Produk Roti Pinkan Bakery & Cake dengan Algoritma C4.5

Authors

  • Novita Indriyani STIKOM Tunas Bangsa, Pematangsiantar, Indonesia
  • Heru Satria Tambunan STIKOM Tunas Bangsa, Pematangsiantar, Indonesia
  • Zulia Almaida Siregar STIKOM Tunas Bangsa, Pematangsiantar, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.55606/jurritek.v1i2.413

Keywords:

Kepuasan Konsumen, Data Mining, Algoritma C4.5, Roti, Bakery & Cake.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besar tingkat kepuasan konsumen terhadap produk roti Pinkan Bakery & Cake. Dengan mengetahui tingkat kepuasan konsumen, maka pihak toko dapat memperbaiki dan meningkatkan faktor kepuasan konsumen apabila ada kelemahan dan kekurangan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini dengan data mining yaitu Algoritma C4.5, sumber data diambil dengan menggunakan angket/kuesioner pada tahap survei pengisian lembar kertas kepada pengunjung toko atau masyarakat sekitar di lingkungan Desa Bangun. Adapun variabel yang digunakan yaitu (1) Harga, (2) Rasa, (3) Kualitas Produk, (4) Kebersihan Tempat. Untuk memudahkan proses pembuatan pohon keputusan proses uji penelitian menggunakan software Rapidminer 5.3. Berdasarkan seluruh hasil tahapan penelitian yang telah dilakukan pada Penerapan Algoritma C4.5 pada analisis faktor Kepuasan Konsumen terhadap Produk Roti Pinkan Bakery and Cake dapat disimpulkan bahwa permasalahan menentukan faktor kepuasan konsumen terhadap produk Roti dapat diselesaikan menggunakan teknik data mining, yaitu dengan Algoritma C4.5. Menghasilkan 5 rules dan Tingkat akurasi yang dihasilkan oleh metode tersebut adalah 93%. Dari perhitungan dengan Algoritma C4.5 maka didapatkan faktor yang paling dominan adalah Rasa (C2) dengan nilai gain sebesar 0,333610402.

References

Arminarahmah, N., GS, A. D., Bhawika, G. W., Dewi, M. P., & Wanto, A. (2021). Mapping the Spread of Covid-19 in Asia Using Data Mining X-Means Algorithms. IOP Conf. Series: Materials Science and Engineering, 1071(1), 012018. https://doi.org/10.1088/1757-899X/1071/1/012018

Asmaul Husnah Nasrullah. (2018). penerapan metode C45 untuk klasifikasi mahasiswa drop out. ILKOM Jurnal Ilmiah, 10, 244–250.

Ester, R., Sihombing, A., Hardinata, J. T., Masruro, Z., Bangsa, S. T., & Utara, S. (2019). Penerapan Algoritma C4 . 5 Data Mining Dalam Mengukur Tingkat Kepuasaan Masyarakat Kecamatan Siantar Terhadap Perbaikan Jalan 2019. 2(2), 91–98.

Febriani, S., & Sulistiani, H. (2021). ANALISIS DATA HASIL DIAGNOSA UNTUK KLASIFIKASI GANGGUAN. 2(4), 89–95.

Febriyati, N. A., GS, A. D., & Wanto, A. (2020). GRDP Growth Rate Clustering in Surabaya City uses the K- Means Algorithm. International Journal of Information System & Technology, 3(2), 276–283.

Gultom, W. T. C., Wanto, A., Gunawan, I., Lubis, M. R., & Kirana, I. O. (2021). Application ofThe Levenberg Marquardt Method In Predict The Amount of Criminality in Pematangsiantar City. Journal of Computer Networks, Architecture, and High-Performance Computing, 3(1), 21–29. https://doi.org/10.47709/cnahpc.v3i1.926

Hanafiah, M. A., & Wanto, A. (2020). Implementation of Data Mining Algorithms for Grouping Poverty Lines by District/City in North Sumatra. International Journal of Information System & Technology, 3(2), 315–322.

Hermansyah, D., & Roessali, W. (2021). Analisis Faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Konsumen Pada Pembelian Sawi Organik di Farmers Market Semarang Analyze of Factors Affecting Consumer Satisfaction on The Purchase of Organic Mustard Green in Famers Market Semarang Kepuasan konsumen mempunyai vi. 19(2), 177–188.

Hutagalung, J., Ginantra, N. L. W. S. R., Bhawika, G. W., Parwita, W. G. S., Wanto, A., & Panjaitan, P. D. (2021). COVID-19 Cases and Deaths in Southeast Asia Clustering using K-Means Algorithm. Journal of Physics: Conference Series, 1783(1), 012027. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1783/1/012027

Irnanda. (2020). Penerapan Klasifikasi C4.5 Dalam Meningkatkan Kecakapan Berbahasa Inggris dalam Masyarakat. Seminar Nasional Teknologi Komputer & Sains (SAINTEKS), 304–308.

Nasrullah, A. H. (2018). PENERAPAN METODE C4 . 5 UNTUK KLASIFIKASI MAHASISWA. 10, 244–250.

Nurellisa, L., & Fitrianah, D. (2020). Analisis Rekomendasi Calon Debitur Motor pada PT.XYZ menggunakan Algortima C 4.5. Jurnal Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 7(4), 673. https://doi.org/10.25126/jtiik.2020742080

Oktavia, R., Hardinata, J. T., & Irawan, I. (2020). Penerapan Metode Algoritma K-means Dalam Pengelompokan Angka Harapan Hidup Saat Lahir Menurut Provinsi. Kesatria: Jurnal Penerapan …, 1(4), 154–161.

Sadewo, M. G., Windarto, A. P., Damanik, I. S., & Hartama, D. (2018). Penerapan C4.5 Untuk Memprediksi Kepuasan Pasien Terhadap Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit. Ready Star, 1(1), 21–30.

Sinaga, T. H., Wanto, A., Gunawan, I., Sumarno, S., & Nasution, Z. M. (2021). Implementation of Data Mining Using C4.5 Algorithm on Customer Satisfaction in Tirta Lihou PDAM. Journal of Computer Networks, Architecture, and High-Performance Computing, 3(1), 9–20. https://doi.org/10.47709/cnahpc.v3i1.923

Wanto, A., Siregar, M. N. H., Windarto, A. P., Hartama, D., Ginantra, N. L. W. S. R., Napitupulu, D., … Prianto, C. (2020). Data Mining : Algoritma dan Implementasi. Yayasan Kita Menulis.

Downloads

Published

2022-10-17

How to Cite

Novita Indriyani, Heru Satria Tambunan, & Zulia Almaida Siregar. (2022). Analisis Faktor Kepuasan Konsumen Terhadap Produk Roti Pinkan Bakery & Cake dengan Algoritma C4.5. JURAL RISET RUMPUN ILMU TEKNIK, 1(2), 76–90. https://doi.org/10.55606/jurritek.v1i2.413

Similar Articles

1 2 3 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.