PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBER HEAD TOGETHER UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKn SISWA KELAS IV MI UJUNG BULO

Authors

  • Syamsu Alam MI Ujung Bulo Kec. Parangloe

DOI:

https://doi.org/10.55606/cendikia.v1i2.858

Keywords:

Model Pembelajaran Kooperatif, Number Head Together (NHT), Hasil Belajar

Abstract

Permasalahan yang sering terjadi dilapangan bahwa pembelajaran cenderung menggunakan metode ceramah. Teknik mengajar guru dalam pembelajaran kurang mampu membuat siswa aktif. Siswa masih kurang pemahaman terhadap materi pembelajaran. Berdasarkan masalah tersebut, peneliti melakukan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui penerapan dan efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe NHT dalam meningkatkan hasil belajar PKn siswa kelas IV MI Ujung Bulo Kec. Parangloe Kab. Gowa tahun 2020-2021. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Hasil penilaian daya serap klasikal pada Siklus I dan II sebesar 70,85% dan 86,05%. Sedangkan ketuntasan belajar klasikal pada Siklus I dan II sebesar 40,63% dan 96,88%. Dan daya serap individu pada Siklus I dan II sebanyak 31 siswa dan 31 siswa. Hasil tersebut menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT yang dilakukan guru dapat meningkatkan hasil belajar PKn siswa kelas IV MI Ujung Bulo Kec. Parangloe Kab. Gowa tahun 2020-2021. Selain itu juga, bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT sangat efektif digunakan guru untuk meningkatkan hasil belajar PKn siswa kelas IV MI Ujung Bulo Kec. Parangloe Kab. Gowa tahun 2020-2021.

 

 

References

BSNP. (2006). Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Depdiknas.

Depdiknas. (2006). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Pusat Kurikulum, Balitbang Depdiknas.

Dimyati dan Mudjiono. (2006). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. (2006). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Rineka. Cipta.

Hartono. (2008). SPSS 16,0 Analisis Data Statistika dan Penelitian. Yogyakarta:

Pustaka Pelajar.

Hisuam, Zaini. (2011). Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: CTSD.

Huda, M. (2013). Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Kemendikbud. (2014). Permendikbud Nomor 104 Tahun 2014 Tentang Penilaian Hasil Belajar Oleh Pendidik Pada Pendidikan Dasar dan pendidikan Menengah. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

Muhammad, Ali. (2008). Psikologi Remaja. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Prasetyo, Bambang & Jannah, Lina Miftahul. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Purwanto, Ngalim M. (2006). Prinsip-prinsip Dan Tehnik Evaluasi Pengajaran. Bandung: Remaja Karya.

Ramayulis. (2002). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kalam Mulia.

Sudjana, Nana. (2009). Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Sugihartono, dkk. (2007). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Pres.

Downloads

Published

2021-05-22

How to Cite

Syamsu Alam. (2021). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBER HEAD TOGETHER UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKn SISWA KELAS IV MI UJUNG BULO . CENDEKIA: Jurnal Ilmu Sosial, Bahasa Dan Pendidikan, 1(2), 16–30. https://doi.org/10.55606/cendikia.v1i2.858