UPAYA GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENINGKATKAN KEMATANGAN KARIER SISWA DI MAN 1 PADANG LAWAS UTARA

Authors

  • Nursyahdia Harahap Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.55606/cendikia.v3i1.820

Keywords:

Bimbingan dan Konseling, Kematangan Karier.

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kondisi kematangan karier siswa kelas X, upaya guru bimbingan dan konseling dalam meningkatkan kematangan karier siswa kelas X, pengembangan kematangan karier siswa kelas X di MAN 1 Padang Lawas Utara. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Data diperoleh dari guru BK,  koordinator BK/Wakasek Kesiswaan, dan 4 siswa kelas X. Hasil penelitian menyatakan bahwa (1) Menunjukkan bahwa kondisi kematangan karier siswa kelas X berbeda – beda, adanya bukti 15 siswa (7 laki – laki dan 8 perempuan) mengalami masalah pada kematangan karier tidak mendapatkan dukungan dari orang tua, tidak mengetahui kemampuan yang dimilikinya, tidak peduli dengan karier dan kurang memahami informasi karier, (2)  Upaya guru bimbingan dan konseling dalam meningkatkan kematangan karier siswa kelas X dengan menerapkan layanan bimbingan kelompok, layanan konseling individu, (3) Mengembangkan kematangan karier siswa kelas X dengan bimbingan kelompok, memberikan dukungan kepada siswa, melengkapi failitas, memberikan pelatihan yang sesuai kebutuhan potensi yang dimilki siswa. Berdasarkan pada temuan penelitian di atas, maka dapat disimpulkan bahwa kematangan karier siswa kelas X dapat ditingkatkan melalui bimbingan karier, layanan bimbingan kelompok, layanan konseling individu yang dilakukan oleh guru BK MAN 1 Padang Lawas Utara.

References

Badrul K., Daniati. 2016. Layanan Informasi dalam Meningkatkan Kematangan Karir pada Peserta Didik Kelas X di Sekolah Madrasah Aliyah Qudsiyah Kotabumi Lampung Utara Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Bimbingan dan Konseling. Vol: 3 (2)

Hendrianti. N. P., Dewinda. H. R. 2019. Konsep Diri dan Dukungan Sosial Keluarga Terhadap Kematangan Karir Pada Siswa Kelas XII SMK . Jurnal RAP UNP. Vol: 10 (1)

Irawan, M., Hasibuan. L. 2020. Profil Kematangan Karir Siswa Kelas XI SMA Negeri 15 Medan dan Implikasinya Terhadap Layanan Bimbingan dan Konseling Tahun Ajaran 2017/2018. Jurnal Indonesia Counseling And Psychology. Vol: 1 (1)

Ismail M., Mohammad, dkk. 2018. Student’s Career Maturity: Implications on Career Counselling. International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences. Vol: 8 (4)

Marpaung, D. N., & Yulandri, N. 2016. Kematangan Karir Siswa SMU Banda Aceh Ditinjau Dari Jenis Kelamin dan Jenis Sekolah. Jurnal Psikoislamedia. Vol: 1(1

Manrihu, M.T. 1998. Pengantar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Depdikbud

Pratama. B. D., Suharnan. 2014. Hubungan Antara Konsep Diri dan Internal Locus Of Control Dengan Kematangan Karir Siswa SMA. Jurnal Psikologi Indonesia. Vol: 3 (3)

Syukur Y., dkk. 2019. Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Malang: IRDH

Sumarto. 2017. Bimbingan dan Konseling. Jambi: Pustaka Ma’Arif Press

Syafaruddin. 2017. Bimbingan dan Konseling Perspektif Al-Quran dan Sains. Medan: Perdana Publishing

Sisrianti,dkk. 2013. Persepsi Siswa Tentang Kompetensi Kepribadian Guru Bimbingan dan Konseling/Konselor Di SMP N 5 Pariaman.Jurnal Ilmiah Konseling. Vol: 2 (1)

Takke, M, G., & Ghani.B. A. 2013. Examining Career Maturity Among Foreign Asian Students: Academic Level. Journal Education and Learning. Vol: 7(1)

Widyastuti. R. J., 2013. Pengaruh Self Efficacy dan Dukungan Sosial Keluarga Terhadap Kematangan Pengambilan Keputusan Karir Siswa. Jurnal BK UNESA. Vol: 3 (1).

Downloads

Published

2023-01-21

How to Cite

Nursyahdia Harahap. (2023). UPAYA GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENINGKATKAN KEMATANGAN KARIER SISWA DI MAN 1 PADANG LAWAS UTARA. CENDEKIA: Jurnal Ilmu Sosial, Bahasa Dan Pendidikan, 3(1), 209–223. https://doi.org/10.55606/cendikia.v3i1.820