TEORI BELAJAR PADA PEMBELAJARAN PKN DI SEKOLAH DASAR

Authors

  • Dea Rahma Damanik Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Abdul Gani Jamora Nasution Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Zakiyah Andiny Sihombing Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Muhammad Fathoni Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Tasya Fatiha Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Fitri Situmorang Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.55606/cendikia.v3i1.819

Keywords:

Teori Belajar, PKn, Sekolah Dasar

Abstract

Teori belajar adalah materi inti bagi seorang guru dalam praktik pembelajaran bagi siswa. Ini terkait dengan kemampuan profesional guru dalam melaksanakan tugas utamanya dalam mengajar. Jika dikaitkan dengan program pendidikan nasional, bahwa seorang guru harus memiliki keilmuan yang cukup dalam ilmu pedagogis, teori belajar merupakan hal yang mendasar. Oleh karena itu, makalah ini akan membahas beberapa teori tentang pengajaran dan pembelajaran yang secara luas dikenal di kalangan pakar pendidikan. Metodologi yang digunakan dalam karya ini adalah model analisis kualitatif deskriptif yang menguraikan teori secara rinci sehingga memungkinkan pembaca untuk memberikan analisis yang lebih mendalam. Oleh karena itu, isi teori mungkin sedikit sederhana, tetapi penjelasannya akan menjadi hal yang penting.

References

Agus Suprijono. 2009. Cooperative Learning.Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Ahma Susanto. 2016. Teori Belajar dan pembelajaran disekolah dasar, Jakarta: Kencana

Annurrahman 2014. Belajar dan pembelajaran, bandung: alfebeta

Aunurrahman. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Baharuddin dan Esa Nur Wahyuni. 2015 .Teori Belajar dan Pembelajaran.Yogyakarta:Ar- RuzzMedia.

Dimayanti, Mudjiono. 2013. Belajar dan pembelajaran. Jakarta: PT RinekaCipta

Mardianto. 2009. Psikologi Pendidikan. Bandung: Citapustaka.

Maulana Arafat Lubis. 2018. Pembelajaran PPKn di SD/MI Implementasi Pendidikan Abad 21. Medan: AkashaSakti.

Sugiyono. 2011 Metode Penelitian Pendidikan PendekatanKuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta Bandung

Thobroni, M. 2015. Belajar dan Pembelajaran.Yogyakarta: Ar-RuzzMedia.

Trianto. 2010. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara

Winarmo.2014, Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Jakarta: BumiAksara

Downloads

Published

2023-01-21

How to Cite

Dea Rahma Damanik, Abdul Gani Jamora Nasution, Zakiyah Andiny Sihombing, Muhammad Fathoni, Tasya Fatiha, & Fitri Situmorang. (2023). TEORI BELAJAR PADA PEMBELAJARAN PKN DI SEKOLAH DASAR. CENDEKIA: Jurnal Ilmu Sosial, Bahasa Dan Pendidikan, 3(1), 198–208. https://doi.org/10.55606/cendikia.v3i1.819