TEORI BELAJAR PADA PEMBELAJARAN PKN DI SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.55606/cendikia.v3i1.819Keywords:
Teori Belajar, PKn, Sekolah DasarAbstract
Teori belajar adalah materi inti bagi seorang guru dalam praktik pembelajaran bagi siswa. Ini terkait dengan kemampuan profesional guru dalam melaksanakan tugas utamanya dalam mengajar. Jika dikaitkan dengan program pendidikan nasional, bahwa seorang guru harus memiliki keilmuan yang cukup dalam ilmu pedagogis, teori belajar merupakan hal yang mendasar. Oleh karena itu, makalah ini akan membahas beberapa teori tentang pengajaran dan pembelajaran yang secara luas dikenal di kalangan pakar pendidikan. Metodologi yang digunakan dalam karya ini adalah model analisis kualitatif deskriptif yang menguraikan teori secara rinci sehingga memungkinkan pembaca untuk memberikan analisis yang lebih mendalam. Oleh karena itu, isi teori mungkin sedikit sederhana, tetapi penjelasannya akan menjadi hal yang penting.
References
Agus Suprijono. 2009. Cooperative Learning.Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Ahma Susanto. 2016. Teori Belajar dan pembelajaran disekolah dasar, Jakarta: Kencana
Annurrahman 2014. Belajar dan pembelajaran, bandung: alfebeta
Aunurrahman. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Baharuddin dan Esa Nur Wahyuni. 2015 .Teori Belajar dan Pembelajaran.Yogyakarta:Ar- RuzzMedia.
Dimayanti, Mudjiono. 2013. Belajar dan pembelajaran. Jakarta: PT RinekaCipta
Mardianto. 2009. Psikologi Pendidikan. Bandung: Citapustaka.
Maulana Arafat Lubis. 2018. Pembelajaran PPKn di SD/MI Implementasi Pendidikan Abad 21. Medan: AkashaSakti.
Sugiyono. 2011 Metode Penelitian Pendidikan PendekatanKuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta Bandung
Thobroni, M. 2015. Belajar dan Pembelajaran.Yogyakarta: Ar-RuzzMedia.
Trianto. 2010. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara
Winarmo.2014, Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Jakarta: BumiAksara