KURIKULUM PENDIDIKAN MUADALAH ULA DI PONDOK PESANTREN DARUNNUR ALMUSTHAFA PALEMBANG

Authors

  • Ahmad Zainuri Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Yunita Yunita Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Ibrahim Ibrahim Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Ani Marlia Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Mohammad Harist Al Agam Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama Palembang
  • Lidia Oktavia Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang

DOI:

https://doi.org/10.55606/cendikia.v2i4.745

Keywords:

Kurikulum, Muadalah Ula, Pondok Pesantren

Abstract

Artikel ini membahas Kurikulum Pendidikan Muadalah Ula di Ponpes Darunur Al-Musthafa Palembang. Penelitian ini bertujuan menganalisis manajemen dan implementasi Kurikulum Muadalah Tingat Ula. Jenis penelitian adalah kualitatif, dengan pendekatan deskriptif. Data diperoleh melalui teknik observasi, wawancara langsung dengan pengurus dan juga pimpinan pondok beserta para asatidz pondok pesantren, serta dilakukan penggalian data melalui dokumentasi terkait kurikulum yang dilaksanakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pondok pesantren Darunnur Almusthafa sudah menerapkan kurikulum Muadalah Ula dengan baik, kurikulum ini merupakan kurikulum penyetaraan dan telah ditetapkan sebagai lembaga yang setara dengan lembaga pendidikan formal lainnya oleh Kementerian Agama. Ini penting dilaksanakan oleh lembaga agar santri memiliki pengakuan dalam proses pendidikan dan ketika santri keluar dari Pondok Pesantren bisa melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi dan ada pengakuan yang jelas.

 

References

Burhanudin, Jajat dan Dina Afriyanti. (2006). Mencetak Muslim Modern Peta Pendidikan Islam Indonesia. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Daulay, Haidar Putra. (2014). Sejarah Pertumbuhan dan Pembauan Pendidikan Islam di Indonesia. Jakarta: Kencana.

Kokom, Euis & Yaya Suryana. (2017). Manajemen Kurikulum di Pesantren. Jurnal Islamic Education Manajemen.

Menteri Agama Republik Indonesia. PMA Nomor 30 tahun 2020 tentang pendirian dan penyelenggaraan pesantren. Jakarta: Direktur Jenderal Peraturan Perundang undangan KEMENKUMHAM RI.

Moleong, Lexy J. (2001). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mujamil, Qomar. (2010). Manajemen Pendidikan Islam. Bandung: Erlangga.

Mulyana, Dedy. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Mushollin. (2014). Kurikulum Pondok Pesantren Muadalah. Nuansa, Vol. 11 No. 1 Januari – Juni 2014.

Nata, Abudin. (2014). Sejarah Pendidikan Islam. Jakarta: Prenada Media Group.

Nizar, Samsul. (2016). Sejarah Pendidikan Islam Menelusuri Jejak Sejarah Pendidikan Era Rasulullah Sampai Indonesia. Jakarta: Kencana.

(2017). Model Kurikulum Pesantren Salafiyah dalam Perspektif Multikultural. Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, Volume 8, No. II.

Syarif, A Hamid. (2006). Pengembangan Kurikulum. Surabaya: PT. Bina Ilmu.

Thohir, Kholis. (2017). Kurikulum dan Sistem Pembelajaran Pondok Pesantren Salafi di Kecamatan Kresek Kabupaten Tangerang Provinsi Banten. Jurnal Analytica Islamica Vol. 6 No. 1.

Poerbakawatja, Soegarda. (2007). Pendidikan Dalam Alam Indonesia Merdeka. Jakarta: Gunung Agung.

Prasetiyo, Joko. (2013). Evaluasi dan Remediasi Belajar. Jakarta: Trans Info Media.

Rohimah, RT Bai. (2021). Menguatkan Karakter Pesantren Melalui Konsep Muadalah”. Jurnal Pendidikan karakter JAWARA.

Sukandarrumidi. (2004). Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Yusuf, C. F. (2009). Pedoman Penyelenggaraan Pondok Pesantren Muadalah. Jakarta: Bumi Akasara.

Zuhairini. (2015).. Sejarah Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara.

Downloads

Published

2022-12-28

How to Cite

Ahmad Zainuri, Yunita Yunita, Ibrahim Ibrahim, Ani Marlia, Mohammad Harist Al Agam, & Lidia Oktavia. (2022). KURIKULUM PENDIDIKAN MUADALAH ULA DI PONDOK PESANTREN DARUNNUR ALMUSTHAFA PALEMBANG. CENDEKIA: Jurnal Ilmu Sosial, Bahasa Dan Pendidikan, 2(4), 215–226. https://doi.org/10.55606/cendikia.v2i4.745