Pengalaman Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Dalam Memfasilitasi Masyarakat Belajar di Paud Kartini Sidodadi Kecamatan Pangkatan Kabupaten Labuhan Batu

Authors

  • Suci Rahmaida Sihombing Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Sukriani Hasibuan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Yuda Mulia Ramadhan Sitepu Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.55606/cendikia.v3i1.665

Keywords:

PKBM, Fasilitas Belajar, Kurlikulum

Abstract

Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) merupakan suatu wadah dimana kegiatan belajar masyarakat dalam rangka peningkatan pengetahuan, keterampilan/keahlian, hobi, atau bakatnya yang dikelola dan diselenggarakan sendiri oleh masyarakat sekitar. Salah satu contohnya yaitu sebuah Pendidikan Luar Sekolah (PLS) di Paud Kartini Sidodadi  Kecamatan Pangkatan Kabupaten Labuhan Batu. Sejalan dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta masalah-masalah pendidikan masyarakat serta kebutuhan akan pendidikan masyarakat, definisi PKBM terus disempurnakan terutama dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, kebutuhan lembaga, sasaran, kondisi daerah serta model pengelolaan. Faktor penunjang keberhasilan pengembangan program PKBM di Paud Kartini Sidodadi  Kecamatan Pangkatan Kabupaten Labuhan Batu meliputi: a) kemampuan mengidentifikasi dan mencatat kebutuhan masyarakat (warga belajar), b) melayani kebutuhan dan minat warga belajar dalam kegiatan yang bervariasi atau sesuai kebutuhan dan minatnya, c) memobilisasi sumberdaya yang ada di masyarakat, d) membangun kemitraan dan kerjasama secara terbuka secara terbuka dengan berbagai lembaga atau oranisasi, sehingga PKBM mampu mengembangkan berbagai aktivitas pembangunan masyarakat yang sesuai dengan kebutuhan lokal, e) memonitor perkembangan kegiatan serta keberhasilan sehingga dijadikan dasar pengembangan program ke depan, f) mencatat berbagai kelebihan dan kekurangan dari kegiatan yang dikelembagaan  PKBM.

References

Creswell, J. W. (2014). Penelitian kualitatif & desain riset: Memilih di antara lima pendekatan, edisi ketiga. (Diterjemahkan dari Qualitative Inquiry & Research Design: Choosing Among Five Approaches, Third Edition. SAGE, 2013). Penerjemah: Ahmad Lintang Lazuardi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Kaufman, R.,& Mayer dalam Rita C. Richey. (2013). Encyclopedia of terminology for educational communications and technology. New York: Springer.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2012). Standar dan prosedur penyelenggaraan pusat kegiatan belajar masyarakat (PKBM). Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Sitepu, B.P. (2014). Pengembangan sumber belajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Suparman, A. (2010). Desain instruksional. Jakarta: Universitas Terbuka, 2010.

https://m.mediaindonesia.com/humaniora/336733/pusat-kegiatan-belajar-masyarakat-kejar-pendidikan-di-wilayah-3t

https://datakata.wordpress.com/2014/11/28/pkbm-pusat-kegiatan-belajar-masyarakat/

Downloads

Published

2023-01-04

How to Cite

Suci Rahmaida Sihombing, Sukriani Hasibuan, & Yuda Mulia Ramadhan Sitepu. (2023). Pengalaman Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Dalam Memfasilitasi Masyarakat Belajar di Paud Kartini Sidodadi Kecamatan Pangkatan Kabupaten Labuhan Batu. CENDEKIA: Jurnal Ilmu Sosial, Bahasa Dan Pendidikan, 3(1), 94–106. https://doi.org/10.55606/cendikia.v3i1.665