IMPLEMENTASI ADMINISTRASI DAN SUPERVISI PENDIDIKAN DI MAN KOTA PALANGKA RAYA

Authors

  • Muhammad Idris Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya
  • Musyarafah Musyarafah Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya
  • Muslimah Muslimah Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya

DOI:

https://doi.org/10.55606/cendikia.v3i1.656

Keywords:

Administrasi, Pendidikan, Ekstrakurikuler.

Abstract

 Tujuan dalam penulisan artikel ini untuk mengetahui administrasi dan supervisi pendidikan    di MAN Kota Palangka Raya.  Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi.  Teknik analisis data menggunakan: l) Kondensasi data 2) penyajian data (data displays dan 3) penarikan kesimpulan/verifikasi (conclusion drawing/veriffication). Hasil penelitiannya administrasi pendidikan merupakan suatu proses daur ulang penyelenggaran pendidikan yang dimulai dari perencanaan, diikuti oleh pengorganisasian, pengarahan, pelaksanaan, pemantauan dan penilaian tentang usaha untuk mencapai tujuan.   Penerapan administrasi dan supervise pendidikan kebijakan dan program-program sekolah harus membangun, meningkatkan pengetahuan serta dapat memudahkan tercapainya tujuan pendidikan. Penerapan administrasi pendidikan di MAN Kota Palangka Raya melibatkan semua instansi pendidikan. Penerapan zero waste dalam sistem manajemen sekolah mencakup semua bidang garapan administrasi pendidikan. Penerapan ini juga meliputi ranah tanggung jawab, dan program kegiatan dari wakil kepala sekolah bidang sarana dan prasarana, wakil kepala sekolah bidang kurikulum, wakil kepala sekolah bidang humas, wakil kepala sekolah bidang kesiswaan.   Pembelajaran di sekolah mengenalkan administrasi pada kegiatan ekstrakurikuler sekolah dan administrasi pembelajaran.

References

Bafadal, I. (2011). Supervisi Pengajaran (Teori dan Aplikasinya dalam Membina Profesional Guru). Jakarta: Bumi Aksara.

Feralys, N. M. (2015). Kompetensi Guru Dalam Peningkatan Prestasi Belajar Pada Smp Negeri Dalam Kota Banda Aceh. Jurnal Administrasi Pendidikan : Program Pascasarjana Unsyiah, 3(1), 45–67.

Fitri, A. Z., & Haryanti, N. (2020). Metodologi Penelitian Pendidikan: Kuantitatif, Kualitatif, Mixed method dan Research and Development. Malang: Madani Media.

Haryanti, N. (2014). Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam. Bandung: Alfabeta.

Haryanti, N., & Hidayati, Y. (2022). Inovasi Model Aplikasi Pembelajaran Online Daring di Sekolah. Purbalingga: Eurika Media Aksara.

Mastur, M., Soim, S., Haryanti, N., & Gufron, M. (2022). The Influence of Transformational Leadership and Organizational Culture on Job Satisfaction and Organizational Citizenship Behavior (OCB) in Islamic Educational Institutions. AL-TANZIM: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 6(3), 948–961. https://doi.org/10.33650/al-tanzim.v6i3.3431

Moewardi, A., Tampubolon, H., & Simanjuntak, W. B. P. (2020). Efektivitas Supervisi Kepala Sekolah Dalam Peningkatan Mutu Lulusan (Studi Kasus Di Sekolah Menengah Kejuruan Pelita Iv Jakarta Barat), 2018. Jurnal Manajemen Pendidikan, 9(1), 39–50. https://doi.org/10.33541/jmp.v9i1.3011

Mukhtar, A., & Luqman. (2020). Pengaruh Kompetensi Guru Terhadap Kinerja Guru Dan Prestasi Belajar Siswa Di Kota Makassar. Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 4(1), 1. https://doi.org/10.24252/idaarah.v4i1.13899

Sahertian, A. P. (2008). Konsep Dasar dan Teknik Supervisi. Jakarta: Rineka Cipta.

Setyosari, P. (2013). Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta: Kencana Prenadamedia. Kencana Prenadamedia.

Siagian, S. P. (2004). Administrasi Pembangunan Konsep, Dimensi, Stateginya. Jakarta: Bumi Aksara.

Soebiantoro, & Haryanti, N. (2022). Perilaku Organisasi. Purbalingga: Eurika Media Aksara.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suharsaputra, U. (2013). Administrasi Pendidikan. Bandung: Refika Aditama.

Syaputra, M. D., Makhdalena, & Sumarno. (2020). THE EFFECT OF SCHOOL PRINCIPAL SUPERVISION AND TEACHER. Jurnal JUMPED (Jurnal Manajemen Pendidikan), 8(2), 146–155.

Yama, S. F., & Setiyani, R. (2016). Pengaruh Pelatihan Guru, Kompetensi Guru dan Pemanfaatan Sarana Prasarana Terhadap Kesiapan Guru Prodi Bisnis Manajemen dalam Implementasi Kurikulum 2013. Economic Education Analysis Journal, 5(1), 85–99. Diambil dari http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/eeaj

Downloads

Published

2023-01-01

How to Cite

Muhammad Idris, Musyarafah Musyarafah, & Muslimah Muslimah. (2023). IMPLEMENTASI ADMINISTRASI DAN SUPERVISI PENDIDIKAN DI MAN KOTA PALANGKA RAYA. CENDEKIA: Jurnal Ilmu Sosial, Bahasa Dan Pendidikan, 3(1), 46–55. https://doi.org/10.55606/cendikia.v3i1.656