PENINGKATAN HASIL BELAJAR PAI MELALUI MODEL PEMBELAAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DI SDN 11 MALALAK

Authors

  • Sherlia Salsabilla UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
  • Yulia Rahman UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
  • Elfidraini Elfidraini SDN 11 Malalak Kabupaten Agam, Sumatera Barat

DOI:

https://doi.org/10.55606/cendikia.v3i1.640

Keywords:

Hasil Belajar, Pendidikan Agama Islam, STAD

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendapatkan gambaran hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD untuk mengevaluasi hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI materi Zakat di Kelas VI SDN 11 Jalan Bantiang agar meningkat. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Observasi dilakukan untuk memperoleh informasi tentang hasil belajar siswa, setelah itu dilakukan tindak lanjut berdasarkan observasi tersebut. Pembelajaran berlangsung dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Berdasarkan hasil analisis penelitian peningkatan pembelajaran, rata-rata siswa pada Siklus I adalah 76. Karena nilai yang dicapai pada siklus I belum memenuhi kriteria keberhasilan maka dilanjutkan pada siklus II. Berdasarkan hasil peningkatan periode kedua, skor rata-rata siswa adalah 89. Skor ini memenuhi standar kesempurnaan minimal yang telah ditetapkan. Tingkat penyelesaian adalah 90%. Berdasarkan peningkatan nilai belajar siswa, metode ini dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI pada siswa kelas VI Zakat di SDN 11 Jalan Bantiang.

References

Aisyah, Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran PAI Pada Materi Hikmah Beriman Kepada Hari Akhir Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STD Di Kelas VI A SD Negeri 3/IX Senanung, Jurnal Literasiologi, Vol. 3, No. 2, 2020.

Enoh Mochamad, Model-Model Pembelajaran Berbasis CTL, (Surabaya: Depdiknas, 2006)

Ismail SM, Strategi Pembelajaran Agama Islam Berbasis PAIKEM, (Semarang: Rasail, 2018)

Munib Achmad, Pengantar Ilmu Pendidikan, (Semaarang, Pusat Pengembangan MKU/MKDK-LP3 Univeritas, Negeri Semarang, 2012)

Muslimin dan Ibrahim, Pembelajaran Kooperatif, (Surabaya: University Press, 2000)

Purwanto Ngalim, Ilmu Pendidikan Teoritis Dan Praktis, (Bandung: Remaja Karya, 2002)

Ramayuis, Ilmu Pendidikan Islam (Jakarta: Kalam Mulia, 1998)

Rusman, Model-model Pembelajaran: Mengembangkan Profesional Guru, (Jakarta: Rajawali Pers, 2012)

Slavin.Cooeperative Learning: Theory, Reesearch, Practice. Boston: Allyn and Bacon, 1995.

Susilowati Dwi, Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Solusi Alternatif Problematika Pembelajaran, Jurnal Edunomatika, Vol. 02, No. 01, 2018.

Syaputri Trisna, Skripsi Pengaruh Model Pembelajaran Stad Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Di Kelas V MIN Glugur Darat II Kecamatan Medan Timur. 2018

Downloads

Published

2022-12-29

How to Cite

Sherlia Salsabilla, Yulia Rahman, & Elfidraini Elfidraini. (2022). PENINGKATAN HASIL BELAJAR PAI MELALUI MODEL PEMBELAAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DI SDN 11 MALALAK. CENDEKIA: Jurnal Ilmu Sosial, Bahasa Dan Pendidikan, 3(1), 01–15. https://doi.org/10.55606/cendikia.v3i1.640