Penerapan Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Kelas XII Pada Mata Pelajaran PAI di SMA N 1 Kec Payakumbuh

Authors

  • Annisa Saskia UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
  • Ulva Rahmi UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
  • Murmahdi Murmahdi UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi

DOI:

https://doi.org/10.55606/cendikia.v3i1.631

Keywords:

Metode Demonstrasi, Meningkatkan Pemahaman, Pernikahanan

Abstract

Metode pembelajaran adalah proses untuk menyampaikan ilmu pengetahuan. Macam-macam metode pembelajaran itu banyak salah satunya yaitu metode demonstrasi. Pentingnya metode demonstrasi diterapkan dalam pendidikan agama islam, karena metode ini diharapkan bisa meningkatkan pemahaman anak didik materi pernikahan kelas XII di SMP Negeri 1 Kec Payakumbuh. Dengan dilaksanakannya metode demonstrasi ini diharapkan bagi pendidik berperan sebagai penggerak dan juga pembimbing. Dan anak didik sebagai penerima dan juga dibimbing.  Penelitian ini bertujuan supaya apakah menggunakan metode demonstrasi ini bisa meningkatkan hasil belajar PAI materi pernikahan pada anak didik kelas XII di SMA Negeri 1 Kec Payakumbuh . dalam penelitian ini menggunakan penelitian PTK yang mana mengguakan 2 siklus da nada 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini siswa kelas XII IPS 2 SMA Negeri 1 Kec Payakumbuh dengan jumlah 34 orang siswa. Memperoleh data dari hasil tes, hasil pengamatan pelaksanaan dalam pembelajaran. Dengan menggunakan metode demonstrasi ini pemahaman anak didik mengalami peningkatan dari siklus 1 sampai siklus 2. Rata-rata penilaian yang diperoleh siklus 1 70,17, siklus 2 80,23. Jadi dapat ditarik kesimpulan bahwa metode demonstrasi ini bisa dibuktikan bahwa pemahaman anak didik meningkat setelah menerapkan metode demonstrasi yang terjadi di siklus 1 dan siklus 2.

References

Arif Armai. 2002. Pengantar Ilmu dan Metodologi Pendidikan Islam. Jakarta: Ciputat Pers.

Arifin H. Muzayyin . 2005. Filsafat Pendidikan Islam . Jakarta: Bumi Aksara

Asril, Zainal. 2018. Micro Teaching. Depok: Rajawali Pers.

Djamarah Syaiful Bahri dan Aswan Zein. 2006. Strategi Belajar Mengajar Jakarta: PT Rineka Cipta.

Dr. Rusman. 2016. MODEL-MODEL PEMBELAJARAN Mengembangkan Profesionalisme. Guru. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada

Fathurrohman, pupuh dan M. Sobry Sutikno. 2007. Strategi Belajar Mengajar Melalui Konsep Umum dan Konsep Islami. Bandung: PT Refika Aditama.

Huda Miftahul. 2013. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), online search.

Mulyono. 2012. Strategi Pembelajaran Malang: UIN-Maliki Press.

Nuzilatus RS. 2014. Tinjauan Tentang Pemahaman . Digilib UIN Sunan Ampel Surabaya.

Purwati. 2016. Meningkatkan Hasil Pemahaman Siswa Melalui Model Cooperatif Learning Tipe Jigsaw. Jurnal Kreatif Tadulako Online. Vol. 3. No.

Poerwadarminta W.J.S. 1986. Kamus Umum Bahasa Indonesia . Jakarta: Balai Pustaka

Ramayulis. 2005. Metodologi Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Kalam Mulia.

Roestiyah N.K. 1989. Didaktik Metodik . Jakarta: Bina Aksara.

Downloads

Published

2022-12-29

How to Cite

Saskia, A., Ulva Rahmi, & Murmahdi Murmahdi. (2022). Penerapan Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Kelas XII Pada Mata Pelajaran PAI di SMA N 1 Kec Payakumbuh. CENDEKIA: Jurnal Ilmu Sosial, Bahasa Dan Pendidikan, 3(1), 29–45. https://doi.org/10.55606/cendikia.v3i1.631