ANALISIS FAKTOR-FAKTOR PENGHAMBAT PEMBELAJARAN MEMBACA PERMULAAN PADA SISWA KELAS I SEKOLAH DASAR NEGERI 104204 SAMBIREJO TIMUR TAHUN AJARAN 2022/2023
DOI:
https://doi.org/10.55606/cendikia.v2i4.495Keywords:
Teori belajar, Membaca PermulaanAbstract
Membaca permulaan merupakan tahapan proses belajar membaca bagi siswa sekolah dasar kelas awal. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor penghambat pembelajaran membaca permulaan siswa kelas 1 Sekolah Dasar Negeri 104204 Sambirejo Timur Tahun Ajaran 2022/2023, dan untuk mengetahui apa saja upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi hambatan pembelajaran membaca permulaan pada siswa kelas 1 Sekolah Dasar Negeri 104204 Sambirejo Timur Tahun Ajaran 2022/2023.
Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas 1 Sekolah Dasar Negeri 104204 Sambirejo Timur Tahun Ajaran 2022/2023. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan data yang didapat peneliti, maka hasil penelitian adalah masik terdapat siswa yang mengalami kesulitan membaca dan terdapat faktor-faktor penghambat pembelajaran membaca permulaan yaitu diantaranya faktor dari diri siswa itu sendiri yaitu siswa masik mengeja dan belum mampu membaca dengan lancar dan tuntas. Dan faktor penghambat lainnya yaitu faktor lingkungan termasuk orang tua.
References
Bua, Teding Mety. “Efektivitas Media Animasi pada Keterampilan Membaca Permulaan Siswa di Sekolah Dasar”. Jurnal Basicedu 06, No.3 (2022): 3594.
Depdiknas, (2002). Metode Khusus Pengajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar, Jakarta: Depdiknas Dirjen Dikdasmen
Depdiknas, (2003). Undang-Undang Republik Indonesia No. 2 Tahun 1989 Tentang Sistem Pendidikan Nasional (SISDIKNAS). Jakarta: Depdiknas
Dwi L, Novita Dian. “Analisis Faktor-Faktor yang Menghambat Belajar Membaca Permulaan pada Siswa Sekolah Dasar”. Jurnal Basicedu 05, No. 4(2021): 2611.
Gibbons, (1993). Learning to Learn in a Second Language, Australia: Heinemann
Mulyono Abdurrahman, (2003). Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta:
Portmourth NH.Rineka Cipta
Sedarmayanti dan Syarifuddin Hidayat. 2002. Metodologi Penelitian. Bandung: CV. Mandar Maju.
Tarigan, (1985). Pengajaran Gaya Bahasa. Bandung : Angkasa Udhiyanasari, Khusna Yulinda. 2019. Upaya Penanganan Kesulitan Membaca Permulaan Pada Anak Berkesulitan Membaca Pada Kelas II Di SDN Manahan Surakarta. https://jurnal.ikipjember.ac.id/index.php/speed/article/view/203
Wahyudin. 2014. Upaya Meningkatkan Keterampilan Membaca Siswa Kelas I Melalui Media Kartu Huruf di MI Al Huda Sakti Ciputat Tangerang Selatan. Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.
Windrawati, Wiyani Solehun dan Harum Gafur. 2020. Analisis Faktor-Faktor Penghambat Belajar Membaca Permulaan pada Siswa Kelas 1 SD Inpres 141 Matalamagi Kota Sorong. https://unimuda.ejournal.id/jurnalpendidikandasar/article/view/405
Zahrotunnisa. 2016. Analisis Faktor-Faktor Penghambat Pembelajaran Membaca Permulaan Pada Siswa Kelas 1 SD Negeri Gugus Diponegoro Kecamatan Adiwerna Kabupaten Tegal. Jawa Tengah: UNNES