PENGARUH DUKUNGAN SOSIAL ORANG TUA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PADA MAHASISWA FAKULTAS PSIKOLOGI UNIVERSITAS INDONESIA TIMUR MAKASSAR

Authors

  • Andi Zulfiana Institut Agama Islam Negeri Parepare

DOI:

https://doi.org/10.55606/cendikia.v2i3.493

Keywords:

Dukungan Sosial Orang Tua, Motivasi Belajar. Pengaruh

Abstract

Pengaruh Dukungan Sosial Orang Tua Terhadap Motivasi Belajar Pada Mahasiswa Fakultas PsikologimUniversitas Indonesia Timur Makassar. Penelitian kuantitatif ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Dukungan sosial  Orang  Tua Terhadap Motivasi Belajar Pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Indonesia Timur.

Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif,  Populasi dalam penelitan ini sebanyak 124 mahasiswa dan diperoleh Jumlah sampel melalui teknik Purposive Sampling sebanyak 55 mahasiswa yang terdiri dari 28 orang laki-laki dan 27 orang perempuan yang berasal dari mahasiswa semester 6 sebanyak 16 orang, mahasiswa semester 4 sebanyak 15 orang, dan mahasiswa semester 2 sebanyak 25 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan skala Likert dengan memberikan kuesioner pada responden, wawancara, dan dokumentasi. Teknik Analisis data dengan menggunakan uji validitas dan uji reabilitas, uji asumsi klasik, dan Uji-t.

Hasil pengujian membuktikan bahwa dari 55 responden telah mendapatkan hasil yaitu terdapat pengaruh Dukungan sosial orang tua  terhadap motivasi belajar dengan koefisien sebesar 0,204 atau sebesar  20,4%,. Pengaruh tersebut disebabakan oleh aspek-aspek yang ada dalam penelitian ini. Presentase ini akan bertambah jika nilai konstantan naik maka akan bertambah pulah nilai koefisien  Ini sesauai dengan kaidah jika nilai t hitung ≥ nilai t tabel, maka Ho ditolak dan Ha diterima Jika nilai t hitung ≤ nilai t tabel, maka Ho diterima dan Ha ditolak.

 

 

References

Lestari (2012). Efikasi diri, dukungan sosial keluarga dan selfregulatedlearning pada siswa kelas VIII. Jurnal Humanitas, 8, 1, 17-27. Byrne, D. (2012). Psikologi sosial: Jilid 2. Jakarta: Erlangga.

Chohan, B. I., & Khan, R. M. (2012). Impactof parental supportontheacademicperformanceandselfconceptofthestudent.

JournalofResearchandReflections in Education, 4 (1), 14-26. DeGoede, I. H. A., Branje, S. J. T., Meeus, W. H. J. (2012). Developmentalchanges in adolescents’ perceptionsofrelationshipswiththeirparents. JournalofYouthandAdolescence, 38, 75-88. Doi: 10.1007/s10964-008-9286-7.

Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia. (2012). Undang-undang dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945. Diunduh dari http://www.dpr.go.id/jdih/uu1945. Dhitaningrum, M., & Izzati, U. A. (2012). Hubungan antara persepsi mengenai dukungan sosial orang tua dengan motivasi belajar siswa SMA Negeri 1 Gondang Kabupaten Tulungagung. Jurnal Penelitian Psikologi, 1 (2).

Grolnick, W. S., Friendly, F. W., Bellas, V. M. (2012). Parentingandchildren’smotivationatschool. Dalam K. R. Wentzel dan A. Wigfield (Editor). Handbookofmotivationatschool(279- 300). New York: Routledge.

Hamdu, L. (2012). Pengaruh motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar IPA di sekolah dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan, 12 (1), 81-86. ISSN: 1412-565X. Karwati, E., &Priansa, D. J. (2012). Manajemen kelas. Bandung: Alfabeta.

Ghazvini, S. D. (2012). The roleof parental involvementaffect in children’sacademicperformance. Procedia: SocialandBehavioralSciences, (15), 1204-1208. Doi: 10.1016/j.sbspro.2011.03.263. Ning, H. K., &Downing, K. (2012). The reciprocalrelationshipbetweenmotivationandself-regulation: a longitudinal study onacademicperformance. Learningand Individual Differences, 20, 682-686. Doi: 10.1016/j.lindif.2010.09.010.

Pierce, G. R., Sarason, B. R., Sarason, I. G., Joseph, H. J., Henderson, C. A. (1996). Conceptualizingandassessingsocialsupport in thecontextoffamily. Dalam G. R. Pierce,

B. R. Sarason, dan I. G. Sarason (Editor). HandbookofSocialSupportandthe Family (3- 23). New York: PlenumPress.

Rozali, Y. A. (2012). Hubungan dukungan sosial dengan motivasi belajar pada mahasiswa Universitas Esa Unggul. Jurnal Psikologi, 12 (2), 43-47.

Rambe, A. R. R. (2012). Korelasi antara dukungan sosial orang tua dan selfdirectedlearning pada siswa SMA. Jurnal PsikologiUniversitas Sumatera Utara. 37 (2). 216-233. Jurnal Empati, Agustus 2012 Volume 7 (Nomor 3), Halaman 154 – 159 159 Van Breda, M. J. (2012).

Abdorrakhman Gintings. (2010). Esensi Praktis: Belajar & Pembelajaran. Bandung: Humaniora.

Abin Syamsuddin Makmun. (2009). Psikologi Kependidikan. Bandung: PTRemaja Rosdakarya.

Alief Budiyono. (2010). “Meningkatkan Moralitas Remaja melalui Dukungan Sosial.” Komunika: Jurnal Dakwah dan Komunikasi. (Online). Nomor 2 Volume 4. Hlm. 235-250. ISSN: 1978-1261. (Diambil dari

http://download.portalgaruda.org/article.php?article=49253&val=3911 , pada 13 Januari 2015 pukul 18:14).

Arum Sutriyani Yoga. (2014). “Ekoturisme Kutawaru”. Diambil dari http://cilacapkab.go.id/v2/files/2014_09_hut_korpri_arum.pdf , pada tanggal 1 Oktober 2014.

Baron, Robert A. & Byrne, Donn. (2005). Psikologi Sosial. Edisi Kesepuluh. Jilid 2. (Penerjemah: Ratna Djuwita, dkk). Jakarta: Erlangga.

Cohen, Sheldon & Syme, S. Leonard. (1985). Social Support and Health. Florida: Academic Press, Inc.

Danang Sunyoto. (2007). Analisis Regresi dan Korelasi Bivariat. Yogyakarta: Amara Books.

Deni Darmawan. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Djaali dan Pudji Muljono. (2008). Pengukuran dalam Bidang Pendidikan. Jakarta: Grasindo.

Eva Latipah. (2012). Pengantar Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: Pedagogia.

Hamzah B. Uno. (2010). Teori Motivasi & Pengukurannya. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Downloads

Published

2022-08-20

How to Cite

Andi Zulfiana. (2022). PENGARUH DUKUNGAN SOSIAL ORANG TUA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PADA MAHASISWA FAKULTAS PSIKOLOGI UNIVERSITAS INDONESIA TIMUR MAKASSAR. CENDEKIA: Jurnal Ilmu Sosial, Bahasa Dan Pendidikan, 2(3), 149–167. https://doi.org/10.55606/cendikia.v2i3.493