HUBUNGAN PERKEMBANGAN SOSIAL DENGAN KESEHATAN MENTAL PADA ANAK USIA SEKOLAH

Authors

  • Suyatno Suyatno ITS PKU Muhammadiyah Surakarta
  • Nurul Istiqomah ITS PKU Muhammadiyah Surakarta
  • Anik Enikmawati ITS PKU Muhammadiyah Surakarta
  • Luthfiah Chusnul Khotimah ITS PKU Muhammadiyah Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.55606/cendikia.v2i2.459

Keywords:

Perkembangan sosial, Kesehatan mental.

Abstract

Anak usia sekolah adalah anak - anak yang berusia 7 - 12 tahun. Terdapat beberapa faktor yang memengaruhi kesehatan mental anak, termasuk faktor eksternal dan internal.Tujuan: mengetahui hubungan perkembangan sosial dengan kesehatan mental pada anak usia sekolah.Metodologi: Penelitian ini menggunakan cross sectional pada 65 responden. Teknik sampling probability sampling.Instrumen penelitian ini mengguakan kuesioner, analisa yang digunakan dengan uji chie -square.Hasil: hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan antara perkembangan sosial dengan kesehatan mental pada anak usia sekolah (nilai p 0,001 < 0,005).Kesimpulan:.Jumlah Responden penelitian sebanyak 65 orang siswa SDN Karangwuni dengan usia 7-8 tahun sebanyak 21 orang (32,3%), usia 9-10 tahun sebanyak 24 orang (37.0%)., usia 11-12 tahun sebanyak 20 orang (30,7%)2. perkembangan sosial dengan ketegori cukup sebanyak 37 responden (56.9%) dan kategori baik sebanyak 28 responden (43.1%)3. Untuk kesehatan mental menunjukkan bahwa kesehatan mental dengan kategori normal sebanyak 42 responden (64.5%) dan kategori tidak normal sebanyak 23 responden (35.4%). Maka terdapat hubungan antara perkembangan sosial dengan kesehatan mental pada anak usia sekolah menggunakan Uji Chi-square dengan didapatkan bahwa nilai p- value 0.01.

References

A, Aziz, Hidayat. 2017. Metode Penelitian Keperawatan dan Teknik Analisa data. Jakarta: Salemba Medika

Alimul Hidayat A.A., 2011. Metode Penelitian Kesehatan Paradigma Kuantitatif, Jakarta: Heatlh Books.

Aqib, Zainal. 2013. Model-model, Media dan Strategi Pembelajaran Kontekstual. Bandung: Penerbit Yrama Widya

Arikunto, S.,2010. Prosedur Penilitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Azwar Saifuddin. 2010. Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Azwar, S. 2012. Metode penelitian. Yogyakarta: Pustaka Belajar

Baron, R.A dan Byrne D. 2012. Psikologi sosial jilid 2. Alih Bahasa: Ratna Djuwita. Edisi kesepuluh. Jakarta: Erlangga

Dewi, K. N., Wirya., N., & Ujianti,.PR 2017. Pengaruh Metode Bermain peran terhadap Perkembangan sosial Emosional pada anak kelompok B di kanak gugus VII Kecamatan Buleleng, Jurnal Pendidikan anak usia dini undiksha. Vol 5, No. 3

Dinas Kesehatan, 2016. Kabupaten Sukoharjo. Data Angka Gangguan Kesehatan Mental Puskesmas Baki.

Doll, E. 1965. Vineland Social Maturity Scale Condensed Manual Of Direction 1965 Edision. American Guidance Service, Inc: America

Gunarsa, Yulia Singgih D. & Singgih D Gunarsa. 2012. Psikologi untuk keluarga. Jakarta; Penerbit Libri

Hurlock Elizabet. 2013. Perkembangan Anak Jilid 1 Edisi 6: Jakarta: Erlangga

Istiqomah, 2017. Parameter Psikometri Alat Ukur Strengths Difficulties Questionnaire. PSYMPATIC: Jurnal Ilmiah Psikologi, vol 4 no.2, 251-264

Kemenkes RI. 2013. Riset Kesehatan Dasar. Jakarta.

Kemenkes RI. 2016 Pedoman Pelaksanaan Stimulasi, Deteksi Dan Intervensi Dini Tumbuh Kembang Anak. Jakarta: Kementrian Kesehatan RI.

Kementrian Kesehatan RI. 2018. Profil Kesehatan Indonesia: Jakarta.

Mayar Farida. 2013. Perkembangan Sosial Anak usia Dini Sebagi Bibit Masa depan Bangsa. Jurnal Al Ta’ lim, Jilid 1, Nomor 6

Muhimmatul Hasanah, 2018. Pengaruh Gadget Terhadap Kesehatan Mental Anak. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Islam Indonesia

Muhyani. 2012. Kesadaran Regilius dan Kesehatan Mental. Jakarta Pusat: Kementrian Agama Republik Indonesia

Murti, Bhisma. 2010. Desain dan Ukuran Sampel Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif Di Bidang Kesehatan. Yogyakarta: UGM

Notoatmodjo. 2012. Metodologi penelitian Kesehatan. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Nurmalitasari, F. 2015. Perkembangan Sosial Emosi Pada anak usia Prasekolah. Bulletin psikologi, Volume 23, No. Desember 2015: 103-111

O’Reilly, M. (2015). The Palgrave Handbook Of Child Mental Health. UK: Pagrave Macmilan

Santjaka Aris. 2011. Statistik Untuk Penelitian Kesehatan 1 dan 2. Yogyakarta: Nuba Medika

Santrock, John W. 2014. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Salemba.

Stuart Gail.W .2016. Keperawatan Kesehatan Jiwa. Indonesia: Elsever.

Sugiyono. 2011. Metode penelitian kuantitatif kualitatif & RND. Bandung: Alfabeta

Sujarweni, W. 2014. SPSS untuk penelitian. Yogyakarta: Pustaka Baru

Susilo., Suyanto. 2014. Metode Penelitian. Yogyakarta: Bursa Ilmu.

Tusyana & Trengginas, R. 2019. Analisis Perkembangan Sosial Emosional Anak. Jurnal Iventa, 3(1), 18-26.

Waddell, Charlote.2012. Improving the Mental Health of Young Children. Columbia: children health policy centre.

Yusuf, Ahmad. 2015. Buku Ajar Keperawatan Jiwa. Jakarta: Salemba Medika

Downloads

Published

2022-05-29

How to Cite

Suyatno Suyatno, Nurul Istiqomah, Anik Enikmawati, & Luthfiah Chusnul Khotimah. (2022). HUBUNGAN PERKEMBANGAN SOSIAL DENGAN KESEHATAN MENTAL PADA ANAK USIA SEKOLAH. CENDEKIA: Jurnal Ilmu Sosial, Bahasa Dan Pendidikan, 2(2), 127–134. https://doi.org/10.55606/cendikia.v2i2.459