Pendidikan Karakter berbasis budaya pada Pondok Pesantren Nurul Hakim Kediri Lobar

Authors

  • Bustanul Arifin Universitas Nahdlatul Wathan Mataram
  • Ali Imron Universitas Negeri Malang
  • Achmad Supriyanto Universitas Negeri Malang
  • Imron Arifin Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.55606/cendikia.v2i4.452

Keywords:

Pendidikan Karakter, Budaya Pesantren

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pendidikan karakter santri pondok pesantren Nurul Hakim Kediri Lobar yang bertumpu pada budaya pondok pesantren, nilai karakter yang ditanamkan melalui budaya di pondok pesantren, dan pendekatan yang digunakan Tuan Guru dalam menanamkan karakter santri. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Pengambilan data dengan teknik wawancara mendalam, obsevasi non partisipan, dan studi dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis dengan pendekatan analisis induktif. Keabsahan data dilakukan melalui kredibilitas, transferabilitas, dependabilitas, konfirmabilitas, dan diskusi teman sejawat. (lengkapi sampai dengan analisis data). Hasil penelitian ini menunjukkan pembentukan karakter dilakukan secara simultan antara Santri, Tuan Guru, Ustaz, Lingkungan, dan budaya pondok pesantren yang diterapkan di setiap waktu. Ada lima karakter yang ditanamkan kepada para santri yang termuat dalam Panca Jiwa Pesantren yaitu keikhlasan, kesederhanaan, kemandirian, ukhuwah Islamiyah, dan kebebasan terbatas. Karakter santri tercermin dalam sikap setiap hari di lingkungan dan di luar pondok pesantren.

 

References

Affandi M, F. (2012). Pola Kepemimpinan Kyai Dalam Pendidikan Pesantren (Penelitian di Pondok Pesantren As-syi’ar Leles). Jurnal Pendidikan Universitas Garut, 6(1). https://journal.uniga.ac.id/index.php/JP/article/view/46

A’la, A. (2006). Pembaharuan Pesantren (Vol. 1). Pustaka Pesantren. https://www.nu.or.id/post/read/8812/pembaharuan-pesantren

Al-Azhari, M. L. A. (2018). Manajemen Pendidikan Pesantren (Telaah Sistem Perencanaan, Pengelolaan dan Pelaksanaan Pendidikan Pesantren).pdf. Al-Mabsut:Jurnal Studi Islam dan Sosial, 12(1). http://iaingawi.ac.id/ejournal/index.php/almabsut/article/view/298/136

Amaliah, I., Aspiranti, T., & Purnamasari, P. (2015). The Impact of the Values of Islamic Religiosity to Islamic Job Satisfaction in Tasikmalaya West Java, Indonesia, Industrial Centre. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 211, 984–991. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.11.131

Asmani, J. M. (2012). Buku Panduan Internalisasi Pendidikan Karakter di Sekolah (yogyakarta) [Text]. http://library.fip.uny.ac.id/opac/index.php?p=show_detail&id=5062

Azra, A. (1999). Pendidikan Islam: Tradisi dan Modernisasi Menuju Milenium Baru (Jakarta). Logos Wacana Ilmu. //opac.fah.uinjkt.ac.id/index.php?p=show_detail&id=3657&keywords=Pendidikan+Pesantren%3A+Tradisi+dan+Modernisasi+Menuju+Milenium+Baru

Badan Penelitian dan Pengembangan. (2010). Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa. Badan Penelitian dan Pengembangan. Pusat Kurikulum. http://new-indonesia.org/beranda/images/upload/dok/kurikulum/pengembangan-pendidikan-budaya-dan-karakter-bangsa.pdf

Basyit, A. (2017). Pembaharuan Model Pesantren: Respon terhadap Modernitas. Kordinat | Jurnal Komunikasi Antar Perguruan Tinggi Agama Islam, 16(2), 293-324–324. https://doi.org/10.15408/kordinat.v16i2.6444

Biklen, S. K., & Casella, R. (2007). A practical guide to the qualitative dissertation. Teachers College Press.

Brata, D. P. N., Imron, A., K.H, A. S., & Arifin, I. (2017). Headmaster Leadership Behavior in Strengtening Character Values In Vocational High School. IOSR Journal of Humanities and Social Science, 22(06), 07–12. https://doi.org/10.9790/0837-2206060712

de la Riva de la Riva, G. A., Espinosa Fajardo, C. C., & Juárez Nájera, M. (2015). Sustainability in engineering education: An approach to reach significant learning and character skills. In J. P. Davim (Ed.), Sustainability in Higher Education (pp. 97–125). Chandos Publishing. https://doi.org/10.1016/B978-0-08-100367-1.00005-6

Dhofier, Z. (2011). Tradisi pesantren: Studi pandangan hidup kyai dan visinya mengenai masa depan indonesia (Vol. 1). LP3ES.
Notice: Undefined variable: url in /var/www/html/opac/template/default/index_template.inc.php on line 113

Dreyer, J. S., & Hermans, C. (2014). Spiritual character traits and leadership in the school workplace: An exploration of the relationship between spirituality and school leadership in some private and religiously affiliated schools in South Africa. ResearchGate, 79(2), 9. https://doi.org/10.4102/koers.v79i2.2136

Elkind, D. H., & Sweet, F. (2020). How to Do Character Education. Character Education - Social Emotional Learning - Life Skills - Lesson Plans & Curriculum. https://www.goodcharacter.com/how-to-articles/how-to-do-character-education/

Farahani, E. A. K., & salehi, A. (2013). Development Model of Islamic Citizenship Education. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 89, 64–68. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2013.08.810

Fauzi, M. L. (2012). Traditional Islam in Javanese Society: The roles of Kyai and Pesantrenin Preserving Islamic Tradition and Negotiating Modernity. Journal of Indonesian Islam, 06(01), 20. https://media.neliti.com/media/publications/94521-EN-traditional-islam-in-javanese-society-th.pdf

Humaisi, M. S., Thoyib, M., Arifin, I., Imron, A., & Sonhadji, A. (2019). Pesantren Education and Charismatic Leadership: A Qualitative Analysis Study on Quality Improvement of Islamic Education in Pondok Pesantren Nurul Jadid Paiton, Probolinggo. Universal Journal of Educational Research, 7(7), 1509–1516. https://doi.org/10.13189/ujer.2019.070704

Imron, A. (2009). Akar Religi, Sosial dan Kultural Manajemen Mutu SD Berbasis Religi. Jurnal Ilmu Pendidikan, 16(3), 9. http://journal.um.ac.id/index.php/jip/article/view/2567/1393

Imron, A. (2017). Empirical model pupil management integrating with balancing competitive-solidarity value for the preparation of character generation competitive and social- solidarity to be ready demographic bonus and the best economic era. Journal of Social Sciences (COES&RJ-JSS), 6(1), 1–13. https://doi.org/10.25255/jss.2017.6.1.1.13

Junaidi, F., Cahyani, D. I., & Yulianeta, D. (2018). The Internalization of Character Education Values for Students in Islamic Boarding School. Nternational Journal of Science and Research (IJSR), 7(2), 5. https://doi.org/10.21275/ART2018288

Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldaña, J. (2014). Qualitative data analysis: A methods sourcebook (Third edition). SAGE Publications, Inc.

Narvaez, D. (2007). How Cognitive and Neurobiological Sciences Inform Values Education for Creatures Like us. Values Education and Lifelong Learning, 127–146. https://doi.org/10.1007/978-1-4020-6184-4_7

Ponpes Nurul Hakim – Pusat Pendidikan Berbasis Pondok Pesantren. (2018). https://nurulhakim.or.id/

Ponpes Nurul Hakim – Pusat Pendidikan Berbasis Pondok Pesantren. (2020). Ponpes Nurul Hakim – Pusat Pendidikan Berbasis Pondok Pesantren. https://nurulhakim.or.id/

Putri, D. E., Imron, A., & Sunandar, A. (2019). Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Membangun Citra Publik. Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan, 2(4), 213–221. https://doi.org/10.17977/um027v2i42019p213

Redfield, R. (1956). Peasent Society And Culture. The University Of Chicago Press. http://archive.org/details/peasentsocietyan030677mbp

Rofiq, A. (2005). Pemberdayaan pesantren: Menuju kemandirian dan profesionalisme santri dengen metode daurah kebudayaan. Pustaka Pesantren kerjasama dengan Yayasan Kantata Bangsa. https://books.google.co.id/books?id=bmydAAAAMAAJ

Tan, B. P., Mahadir Naidu, N. B., & Jamil@Osman, Z. (2018). Moral values and good citizens in a multi-ethnic society: A content analysis of moral education textbooks in Malaysia. The Journal of Social Studies Research, 42(2), 119–134. https://doi.org/10.1016/j.jssr.2017.05.004

Ugurlu, N. (2014). Important Values of American and Turkish Students. ResearchGate, 14(55). https://doi.org/10.14689/ejer.2014.55.6

Wahid, A. (1974). Bunga Rampai Pesantren. CV. Dharma Bhakti. https://books.google.com/books/about/Bunga_rampai_pesantren.html?hl=id&id=5hhyuAAACAAJ

Wardani, N. W., & Imron, A. (2016). Perencanaan Pengembangan Kurikulum pada Kulliyatul Mu’allimien Al-Islamiyah. 1(5), 7. journal.um.ac.id › index.php › jptpp › article › download

Zuhry, A. D. (2018). Peradaban sarung: Veni, vidi, santri. PT Elex Media Komputindo. https://s3.amazonaws.com/elexmedia/preview/9786020477053.pdf

Downloads

Published

2022-10-28

How to Cite

Bustanul Arifin, Ali Imron, Achmad Supriyanto, & Imron Arifin. (2022). Pendidikan Karakter berbasis budaya pada Pondok Pesantren Nurul Hakim Kediri Lobar. CENDEKIA: Jurnal Ilmu Sosial, Bahasa Dan Pendidikan, 2(4), 73–88. https://doi.org/10.55606/cendikia.v2i4.452