OPTIMALISASI POTENSI DAERAH DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN ASLI DAERAH (PAD) PASCA PANDEMI COVID-19 DI KABUPATEN BINTAN

Authors

  • Delia Alfrianty Universitas Maritim Raja Ali Haji
  • Qori Hidayasa Universitas Maritim Raja Ali Haji

DOI:

https://doi.org/10.55606/cendikia.v2i4.450

Keywords:

Pendapatan Asli Daerah, Pajak, Potensi Daerah

Abstract

Kabupaten Bintan merupakan bagian dari Provinsi Kepulauan Riau yang memiliki ribuan pulau besar dan kecil serta memiliki potensi-potensi daerah yang menyokong peningkatan pendapatan daerah. Penelitian ini bertujuan untuk melihat upaya pemerintah daerah Kabupaten Bintan dalam meningkatkan penerimaan daerah melalui PAD guna membiayai otonomi daerah di Kabupaten Bintan dan mengetahui potensi-potensi yang dapat meningkatkan PAD. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan wawancara. Adapun hasil penelitian ini yaitu berupa gambaran mengenai jenis pajak atau retribusi daerah yang kedepannya dapat meningkatkan penerimaan daerah Kabupaten Bintan. Adapun dari 11 jenis pajak yang ada di Kabupaten Bintan, terdapat 2 jenis pajak yang dapat diandalkan oleh Pemerintah Kabupaten Bintan untuk meningkatkan PAD yaitu Pajak Penerangan Jalan (PPJ) dan pajak Bea Perolehan Hak Atas Tanah dan Bangunan (BPHTB).

References

Badrudin, Rudy. 2011. Ekonomi Otonomi Daerah. Yogyakarta: UPP STIM YKPN.

Budiansyah, Rahmat. “Analisis Kinerja Pendapatan Asli Daerah Pada Masa Pandemi Covid-19 Kota Banda Aceh.”

Fadilla, Hemas Noor, and Novi Lailiyul Wafiroh. 2022. “Perbandingan Kontribusi Pajak Hotel Dan Restoran Terhadap Pendapatan Asli Daerah Masa Pandemi Covid-19 Dan New Normal.” IQTISHADUNA: Jurnal Ilmiah Ekonomi Kita 11(1): 78–89.

Halim, Abdul. 2007. Akuntansi Sektor Publik: Akuntansi Keuangan Daerah. Jakarta: Salemba empat.

Mardiasmo. 2011. Perpajakan, Edisi Revisi 2011. Yogyakarta: Andi.

Ramadhan, Puja Rizky. 2019. “Pengaruh Pajak Daerah Dan Retribusi Terhadap Pendapatan Asli Daerah Kabupaten/Kota Di Sumatera Utara.” JURNAL AKUNTANSI DAN BISNIS : Jurnal Program Studi Akuntansi 5(1): 81.

Sianturi, Anastasia, Sjamsiar Sjamsuddin, and Tjahjanulin Domai. 2006. “Peran Pendapatan Asli Daerah Dalam Menunjang Desentralisasi Fiskal Dan Pembangunan Daerah (Studi Pada Dinas Pendapatan Kota Batu).” 2(3): 557–63.

Supramono, and Theresia Woro Damayanti. 2010. Perpajakan Indonesia. Jakarta: CV. Andi Offset.

Downloads

Published

2022-10-27

How to Cite

Delia Alfrianty, & Qori Hidayasa. (2022). OPTIMALISASI POTENSI DAERAH DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN ASLI DAERAH (PAD) PASCA PANDEMI COVID-19 DI KABUPATEN BINTAN. CENDEKIA: Jurnal Ilmu Sosial, Bahasa Dan Pendidikan, 2(4), 60–72. https://doi.org/10.55606/cendikia.v2i4.450