MENGEMBANGKAN PENILAIAN KARAKTER SAINS SISWA BERBASIS METODE ILMIAH PADA KELAS IV SEKOLAH DASAR

Authors

  • Khofifatun Rohmah Universitas Muhammadiyah Purworejo
  • Nur Ngazizah Universitas Muhammadiyah Purworejo
  • Titi Anjarini Universitas Muhammadiyah Purworejo

DOI:

https://doi.org/10.55606/cendikia.v2i4.449

Keywords:

penilaian, karakter, sains, metode ilmiah

Abstract

Penilaian dalam dunia pendidikan terdiri dari berbagai macam penilaian yang harus terpenuhi salah satunya yaitu penilaian karakter sains siswa namun masih ada sekolah yang belum menerapkan penilaian pada karakter sains siswa dalam pembelajaran di kelas padahal hal ini sangat penting. Adanya penilaian karakter sains siswa ini membantu anak agar lebih aktif dalam pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangankan instrument penilaian karakter sains siswa dengan berbasis metode ilmiah pada pembelajaran di sekolah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan metode ADDIE. Asumsi dari penelitian ini adalah karena pada umumnya guru melakukan penilaian pada siswa secara kognitifnya saja, pada penilaian karakter sains siswa belum dilakukan. Penelitian ini mengembangkan sebuah instrumen penilaian karakter sains siswa pada mapel tematik kelas IV sekolah dasar. Kajian penelitian yang relevan dengan penelitian ini adalah penelitian yang dilakukan oleh Ferdinandus Bele Sole,dkk yang meneliti tentang mengembangkan instrumen penilaian sikap ilmiah sains siswa sekolah dasar dengan berbasis pendidikan karakter.

References

Arif, R. M. (2017). Implementasi pendidikan karakter dalam pembelajaran sains. STILISTIKA: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 2(1). https://www.jurnal.stkipbim.ac.id/index.php/STI/article/view/385. Diakses pada tanggal 11 September 2021.

Asriani, P., & Sa'dijah, C. (2017). Bahan ajar berbasis pendidikan karakter untuk siswa kelas IV sekolah dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 2(11), 1456-1468. http://journal.um.ac.id/index.php/iptpp/article/view/10160. Diakses pada tanggal 28 Oktober 2021.

Asrofah, Z. A., & Ngazizah, N. (2021, April). KARAKTER SAINS ABAD 21 DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK. In SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN DASAR (Vol. 3). http://eproceedings.umpwr.ac.id/index.php/semnaspgsd/article/view/1596. Diakses pada tanggal 20 Oktober 2021.

Bariah, S. K. (2019). Rancangan Pengembangan Instrumen Penilaian Pembelajaran Berbasis Daring. Jurnal Petik, 5(1), 31-47. https://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/petik/article/view/445. Diakses pada tanggal 15 Oktober 2021.

Cahyadi, R. A. H. (2019). Pengembangan bahan ajar berbasis ADDIE model. Halaqa: Islamic Education Journal, 3(1), 35-42. http://ojs.umsida.ac.id/index.php/halaqa/article/view/2124. Diakses pada tanggal 10 Oktober 2021.

Candra, K. (2019). Kemampuan Guru Melaksanakan Penilaian Autentik dengan Pendekatan Saintifik di Kelas IV pada SD Negeri Petinggen Yogyakarta Tahun Pelajaran 2018/2019 (Doctoral dissertation, Widya Universitas Dharma). http://repository.unwidha.ac.id/1803/. Diakses pada tanggal 18 September 2021.

Desstya, A. (2016). Kedudukan dan aplikasi pendidikan sains disekolah dasar. Profesi Pendidikan Dasar, 1(2), 193-200. https://journals.ums.ac.id/index.php/ppd/article/viewFile/1002/679. Diakses pada tanggal 25 Oktober 2021.

Fatimah, S. (2017). Analisis Karakter Sains Dan Keterampilan Proses Sains Ditinjau Dari Efikasi Diri Pada Pembelajaran IPA Berbasis Masalah Melalui Metode Proyek. Prosiding FKIP, 2(6), 10-17. SITI-FATIMAH-2-p02.pdf. Diakses pada tanggal 12 Oktober 2021.

Hairun, Y. (2020). Evaluasi dan penilaian dalam pembelajaran. Deepublish. https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id-GLTqDwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PP1&dq=Hairun,+Y.+(2020).+Evaluasi+dan+penilaian+dalam+pembelajaran.+Deepublish.&otsIgDDdi_195&sig=Nhlb_u7tepb9Yxrexb5XhAJLLA&redirescy#v=onepage&q=Hairun%2C%20Y.%20(2020).%20Evaluasi%20dan%20penilaian%20dalam%20pembelajaran.%20Deepublish.&f=false. Diakses pada tanggal 16 September 2021.

Haryati, S. (2017). Pendidikan Karakter dalam Kurikulum 2013. Tersedia secara online di: http://lib.untidar.ac.id/wp-content/uploads[diakses di Bandung,Indonesia: 17 Maret 2017].Pendidikan-Karakter-dalam-kurikulum 2.pdf. Diakses pada tanggal 20 September 2021

Hidayah, I. (2020). Analisis Standar Penilaian Pendidikan di Indonesia (Telaah atas Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 20 Tahun 2007, Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 66 Tahun 2013, dan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 23 Tahun 201. Al Iman: Jurnal Keislaman danKemasyarakatan, 4(1), 85-105. http://ejournal.kopertais4.or.id/madura/index.php/aliman/article/view/3851. Diakses pada tanggal 10 September 2021.

Indayati, T. (2020). Pengembangan lembar kerja mahasiswa (LKM) berbasis metode ilmiah untuk penguasaan konsep lingkungan dan perubahannya. Auladuna: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 7(1), 46-59. https://core.ac.uk/download/pdf/327171463.pdf. Diakses pada tanggal 29 September 2021.

Karimah, I., & Mahamat, S. (2018). METODE ILMIAH. Metode Ilmiah. http://eprints.umsida.ac.id/5754/. Diakses pada tanggal 4 Oktober 2021.

Kerti, N. N. (2018). Penerapan Catur Pramana Sebagai Metode Ilmiah Dalam Peningkatan Mutu Pembelajaran Agama Hindu. Jurnal Penjaminan Mutu,4(1),87-94.http://ejournal.ihdn.ac.id/index.php/JPM/article/view/401. Diakses pada tanggal 11 September 2021.

Kurniawati, W., & Atmojo, S. E. (2017). Pembelajaran Sains Bermuatan Karakter Ilmiah Dengan Alat Peraga Barang Bekas Dan Asesmen Kinerja. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 6(1), 48-59. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JPI/article/view/8866. Diakses pada tanggal 20 Oktober 2021.

Lestari, N. F., & Harjono, N. (2021). Pengembangan Instrumen Penilaian Karakter PPK Aspek Kemandirian Pada Siswa SD Kelas 4 Undiksha, MIMBAR PGSD 9(1). https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/33379. Diakses pada tanggal 25 Oktober 2021.

Mahirah, B. (2017). Evaluasi belajar peserta didik (siswa). Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 1(2). http://journal.inalauddin.ac.id/index.php/idaarah/article/vi/269. Diakses pada tanggal 12 Oktober 2021.

Milasari, M., Syukri, A., Badarussyamsi, B., & Rizki, A. F. (2021). Filsafat Ilmu dan Pengembangan Metode Ilmiah. Jurnal Filsafat Indonesia, 4(3), 217-228. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JFI/article/view/35499. Diakses pada tanggal 26 September 2021.

Mukti, F. D. (2018). Literasi sains dan pendidikan karakter di era globalisasi. Abdau: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 1(1), 106-127. 1-1-1-SM.pdf. Diakses pada tanggal 22 Oktober 2021.

Nisa, K., Nurhasanah, N., Kusuma, A. S. H. M., Sutisna, D. S. D., & Sari, M. P. (2021). Pengembangan Instrumen Penilaian Karakter Untuk Siswa Sekolah Dasar (SD). Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 6(1). 102-107. https://jipp.unram.ac.id/index.php/jipp/article/view/158. Diakses pada tanggal 28 Oktober 2021.

Pramana, K. A. B., & Putra, D. B. K. N. S. (2019). Merancang Penilaian Autentik. CV. MEDIA EDUCATIONS. Prasasti, P. A. T. (2017). Efektivitas scientific approach with guided experiment pada pembelajaran IPA untuk memberdayakan keterampilan proses sains siswa sekolah dasar. Profesi Pendidikan Dasar, 19-26. 4(1), https://journals.ums.ac.id/index.php/ppd/article/view/3623. Diakses pada tanggal 25 Oktober 2021.

Prihatsanti, U., Suryanto, S., & Hendriani, W. (2018). Menggunakan studi kasus sebagai metode ilmiah dalam Psikologi. Buletin 26(2), 126-136. Psikologi, https://journal.ugm.ac.id/buletinpsikologi/article/view/38895. Diakses pada tanggal 25 Oktober 2021.

Rahayu, A. H., & Anggraeni, P. (2017). Analisis profil keterampilan proses sains siswa Sekolah Dasar di Kabupaten Sumedang. Jurnal Pesona Dasar, 5(2). http://202.4.186.66/PEAR/article/view/8847. Diakses pada tanggal 25 Oktober 2021.

Safitri, D., Ngazizah, N., & Anjarini, T. (2020). Pengembangan Penilaian Autentik Berbasis Keterampilan Generik Sains Terintegrasi Karakter Tema 6 Kelas III SD. Ibriez: Jurnal Kependidikan Dasar Islam Berbasis Sains, 5(2), 220-228. https://ibricziainponorogo.ac.id/index.php/ibriez/article/view/117. Diakses pada tanggal 26 September 2021.

Sakti, B. P. (2018). Indikator Pengembangan Karakter Siswa Sekolah Dasar. V

Samiha, Y. T. (2016). Standar Menilai Teori dalam Metode Ilmiah pada Kajian Filsafat Ilmu. Medina-Te: Jurnal Studi Islam, 12(2), 133-142. http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/medinate/article/view/1177. Diakses pada tanggal 6 Oktober 2021.

Setiawan, A. R. (2019). Menyusun instrumen penilaian untuk pembelajaran topik lingkungan berorientasi literasi saintifik. In Seminar Nasional Fisika (Vol. 1, No. 1, pp. 7-14). http://proceedings2.upi.edu/index.php/sinafi/article/view/563. Diakses pada tanggal 17 Oktober 2021.

Setiawan, A. R. (2020). Menyusun Instrumen Penilaian untuk Pembelajaran Ekologi Berorientasi Literasi Saintifik. In Prosiding Seminar Nasional dan Workshop Biologi-IPA dan Pembelajaran Ke-4 (SnoWBel IV)(pp.2419). https://d1wqtxts1xzle7.cloudfront.net/65290996/202004209786024701710withcoverpagev2.pdf?Expires=1638838920&SignatureSCMZiwyjUCWiwQ9SCeUbORKqaBod41pYWmqderIMiriHIUWzgkt54uu6ltzoJ4u9-RRggaA2CgTSuDw4bh211CKdGYJMBcYSfL.nAhMUHI115c9bGGqtpCewiT6aLLIAV4Awjd2MvEWsYjTHCuymDDhOgWuR97zjola7TdG304T8yzR3jnzTfWS1BaPnSlumoPj71DTIYrSj3jyPOG9yET6PLaj3jP5p5NddnC2WzwgNWD4yKOKIKEd2TvO3EKWxCEwqnKjPQnfzD2eNXBAXAizXHJclwWNRmxrSyOgrFdSITG7C2AlixtVVmsyoWlqiMtEhGc-qexXw4tKeKO&KeyPairIdAPKAJLOHFSGGSLRBV4ZA. Diakses pada tanggal 17 Oktober 2021.

Sole, F. B., & Anggraeni, D. M. (2017). Pengembangan Instrumen Penilaian Sikap Ilmiah Sains Siswa Sekolah Dasar (SD) Berbasis Pendidikan Karakter. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 3(2). https://ippipa.unram.ac.id/index.php/ippipa/article/view/111. Diakses pada tanggal 14 September 2021.

Sukmasari, V. P., & Rosana, D. (2017). Pengembangan penilaian proyek pembelajaran IPA berbasis discovery learning untuk mengukur keterampilan pemecahan masalah. Jurnal Inovasi Pendidikan 101-110. IPA, 3(1), https://journal.uny.ac.id/index.php/jipi/article/view/10468. Diakses pada tanggal 20 Oktober 2021.

Tiara, S. K., & Sari, E. Y. (2019). Analisis teknik penilaian sikap sosial siswa dalam penerapan kurikulum 2013 di SDN 1 Watulimo. EduHumaniora Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 11(1),21. file:///C:/Users/asus/AppData/Local/Temp/11905-32126-1-PB.pdf. Diakses pada tanggal 18 September 2021.

Downloads

Published

2022-10-27

How to Cite

Khofifatun Rohmah, Nur Ngazizah, & Titi Anjarini. (2022). MENGEMBANGKAN PENILAIAN KARAKTER SAINS SISWA BERBASIS METODE ILMIAH PADA KELAS IV SEKOLAH DASAR. CENDEKIA: Jurnal Ilmu Sosial, Bahasa Dan Pendidikan, 2(4), 52–59. https://doi.org/10.55606/cendikia.v2i4.449