INOVASI DAN LITERASI KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI ERA GLOBALISASI

Authors

  • Ikhsanudin Ikhsanudin Universitas Islam Negeri (UIN) Salatiga
  • Wahyu Setiadi Universitas Islam Negeri (UIN) Salatiga
  • Mukh Nursikin Universitas Islam Negeri (UIN) Salatiga

DOI:

https://doi.org/10.55606/cendikia.v2i1.416

Keywords:

inovasi,literasi kurikulum PAI, globalisasi.

Abstract

Adanya inovasi atau perubahan dalam bidang kurikulum yang diterapkan dalam pendidikan institusi. Khususnya untuk kurikulum PAI, inovasi juga harus dilakukan dengan tujuan: mewujudkan lulusan yang cerdas dan berakhlak mulia. Implementasi perubahan yang dilakukan pada era globalisasi lebih bertumpu perubahan material yang sebenarnya bertentangan dengan ajaran agama Islam karena masyarakat revolusi 4.0 lebih diwakili oleh kapitalisme dan sosialisme dengan ketergantungan internet. Keagamaan adalah salah satu lembaga yang mewadahi tentang bagaimana pembentukan siswa dengan kepribadian islami yang memiliki ilmu teknologi dan kualitas yang mampu bersaing dalam globalisasi tanpa meninggalkan budaya daerah. Tujuan penulisan artikel ini adalah mendeskripsikan peluang inovasi kurikulum Pendidikan Agama Islam (PAI) di era globalisasi. Metode penelitian adalah studi literature dengan mengumpulkan data-data tertulis dari sumber referensi yang terkait. Hasil tulisan artikel ini memetakan inovasi dan literasi kurikulum PAI, dan tahapan penyusunan kurikulum PAI di era globalisasi.

References

Anwar, H. 2018. “Implementation Of Education Management Stan- dard In The Guidance Of Private Islamic High School”. Jurnal Pendidikan Islam. 4 (1):

– 86.

Chaer, M. T. 2016. Peran Madrasah Dalam Menghadapi Era Globalisasi dan Budaya. MUADDIB. 06 (02): 182-201.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Modul Penguatan Literasi dalam Pembelajaran, (Jakarta: Tahun 2016)

Kusmawati, H. 2016. Implementasi Kurikulum di Penggerak Pembina Generasi Penerus LDII Karanggawang Girikerto Turi Sleman Yogyakarta. Yogyakarta. Tesis. (UII: Magister Studi Islam).

Nata, A. (2011). Kapita Selekta Pendidikan Islam. Cet ke 1. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Nisa, K. M. 2018. Globalisasi: Membangun Pendidikan Global Berbasis Kearifan Lokal pada Pondok Modern. Jurnal An- Nuha. 5 (1): 101-116.

Priatmoko. 2018. Memperkuat Eksistensi Pendidikan Islam Di Era 4.0. TA‟LIM : Jurnal Studi Pendidikan Islam. 1 (2): 1-19

Samani, M & Hariyanto. 2017. Konsep & Model Pendidikan Karakter. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sud, M.A. 2005. Latihan Kepempimpinan Islam Tingkat Dasar (LKID). Yogyakarta: UII Press

Junedi, J., Suprihatin, S., & Mukh Nursikin. (2022). INOVASI KURIKULUM MUATAN LOKAL TAHFIDZUL QUR’AN DALAM MENINGKATKAN HASIL PEMBELAJARAN AL-QUR’AN HADITS DI MTs NEGERI 1 BOYOLALI TAHUN 2021. JURNAL RISET RUMPUN ILMU PENDIDIKAN, 1(2), 227–240. https://doi.org/10.55606/jurripen.v1i2.376

Mirani, A., Junedi, & Nursikin, M. (2022). Peranan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Lingkungan Sekolah Terhadap Sikap Toleransi Beragama SMPN 02 Sumowono. Rihlah Review: Jurnal Pendidikan Islam, 1(01), 1-9. Retrieved from https://journal.stitaf.ac.id/index.php/Rihlah/article/view/352

Junedi, Nisa, F., & Nursikin, M. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Blended Learning melalui Pembelajaran Tatap Muka dan Pembelajaran Jarak Jauh pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas XII SMK Negeri 2 Salatiga. Asian Journal of Applied Education (AJAE), 1(1), 43–50. https://doi.org/10.55927/ajae.v1i1.1415

Junedi, J., As’ari, A. H., & Nursikin, M. (2022). Penguatan Akhlak melalui Kitab Ta’lim Muta’alim bagi Santri Pondok Pesantren. Ummul Qura: Jurnal Institut Pesantren Sunan Drajat (INSUD) Lamongan, 17(2), 46-53. https://doi.org/10.55352/uq.v17i2.643

Junedi, J., & Wahidin, W. (2022). Implementasi Pembelajaran Buku Pengasuhan Berbasis Muslim Peduli Lingkungan untuk Membentuk Karakter Siswa. CENDEKIA, 14(01), 54-65. https://doi.org/10.37850/cendekia.v14i01.246

Gofur, M. A., Junedi, J., & Nursikin, M. (2022). Prinsip-Prinsip Inovasi dan Pengembangan Kurikulum PAI. Educational Journal of Islamic Management, 2(2), 81-88.

Junedi, J., Afifah, N., & Nursikin, M. (2022). Implementasi Pendidikan Agama Islam melalui Hafalan Hadits Beserta Artinya di TKIT Miftahul Jannah Salatiga. YASIN, 2(5), 643-659. https://doi.org/10.58578/yasin.v2i5.548

Downloads

Published

2022-02-17

How to Cite

Ikhsanudin, I., Wahyu Setiadi, & Mukh Nursikin. (2022). INOVASI DAN LITERASI KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI ERA GLOBALISASI. CENDEKIA: Jurnal Ilmu Sosial, Bahasa Dan Pendidikan, 2(1), 01–10. https://doi.org/10.55606/cendikia.v2i1.416