Analisis Implementasi Program Posyandu Balita di Wilayah Kerja Puskesmas Gantar Dusun Wagir

Authors

  • Zahra Putri Alhaqni Institut Agama Islam Az-Zaytun Indonesia
  • Azzahra Auliadin Institut Agama Islam Az-Zaytun Indonesia
  • Puji Rasmuri Institut Agama Islam Az-Zaytun Indonesia
  • Dede Indra Setiabudi Institut Agama Islam Az-Zaytun Indonesia
  • Irvan Iswandi Institut Agama Islam Az-Zaytun Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.55606/cendikia.v2i3.289

Keywords:

Implementasi, Kebijakan, Posyandu Balita.

Abstract

Hasil Riskesdas 2007 menunjukkan adanya kesenjangan IPKM (Indeks Pembangunan Kesehatan Masyarakat) antar provinsi termasuk Provinsi Jawa Barat. Kesehatan ibu hamil dan balita merupakan salah satu indikator penting dalam IPKM. Dusun wagir merupakan bagian dari Desa Gantar dengan pencapaian posyandu yang tercatat dengan kategori rendah karena kehadiran yang mencakup balita di timbang hanya 65% dengan ketetapan dua puskesmas yang dilakukan di Melur 1 sedangkan target WHO adalah 80% Puskesmas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengimlementasian posyandu di dusun Wagir 1 dan 2 dengan cara menganalisis Implementasi Program Posyandu Balita Di Wilayah Kerja Puskesmas Gantar Dusun Wagir. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan disain observasi partisipatif. Terdapat dua wilayah terpilih sebagai lokasi penelitian yang dilaksanakan di satu tempat posyandu. Pengetahuan menjadi aspek penting terhadap kesadaran dan kemauan ibu balita untuk datang ke Posyandu.

References

Asriyani, ,. S. (2017). Analisis Pelaksanaan Revitalisasi Posyandu di Wilayah Kerja Posyandu di Wilayah Kerja Puskesmas Gayam Sari Kota Semarang. Jurnal Kesehatan Masyarakat.

Aswadi, S. &. (2018). Perilaku Ibu Terhadap Pemanfaatan Posyandu Balita di Wilayah Kerja Puskesmas Tarakan Kecamatan Wajo Kota Makassar. Science Journal, 10(1), 12-25.

B., N. (2019). Analisi Pelaksanaan Program Pos Pelayanan Terpadu Di Gampong Meunasah Kulum Kecamatan Meurah Dua Kabupaten Pidie Jaya. Banda Aceh.

Budi, I. S. (2011). Manajemen Partisipatif: Sebuah Pendekatan dalam Menikngkatkan Peran Serta Kader Posyandu dalam Membantu Kesehatan di Desa. Jurnal Ilmu Kesehatan masyarakat, 153-159.

Rakhmat. (2005). Psikologi Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

RI, K. (2011a). Buku Panduan Kader Posyandu. In Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Jakarta: Direktorat Bina Gizi.

RI, K. (2011a). Buku Panduan Kader Posyandu. In Kementerian Kesehatan Repunlik Indonesia. Jakarta: Direktorat Bina Gizi.

RI, K. (2011b). Pedoman Umum Pengelolaan Posyandu. Jakarta: Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Saepudin. (2017). Peran Posyandu Sebagai Pusat Sebagai Pusat Informasi Kesehatan Ibu dan Anak. Record and Library Journal, 3(1), 201-208.

Susilawati, D. (2016). Promosi Kesehatan. Modul Bahan Ajar Cetak Keperawatan. Badan PPSDM Kementerian Kesehatan RI.

Downloads

Published

2022-09-05

How to Cite

Zahra Putri Alhaqni, Azzahra Auliadin, Puji Rasmuri, Dede Indra Setiabudi, & Irvan Iswandi. (2022). Analisis Implementasi Program Posyandu Balita di Wilayah Kerja Puskesmas Gantar Dusun Wagir. CENDEKIA: Jurnal Ilmu Sosial, Bahasa Dan Pendidikan, 2(3), 69–80. https://doi.org/10.55606/cendikia.v2i3.289