Pendampingan Pembuatan Kerajinan Tangan Dalam Upaya Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini di Lingkungan Dusun Wagir

Authors

  • Halimatu Sadiah Institut Agama Islam Az-Zaytun Indonesia
  • Riris Mahirotun Nisa Institut Agama Islam Az-Zaytun Indonesia
  • Zahira Fitriana Institut Agama Islam Az-Zaytun Indonesia
  • Dede Indra Setiabudi Institut Agama Islam Az-Zaytun Indonesia
  • Irvan Iswandi Institut Agama Islam Az-Zaytun Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.55606/cendikia.v2i3.288

Keywords:

kerajinan, prakarya, kreativitas.

Abstract

Pengabdian masyarakat ini bertujuan sebagai salah satu kegiatan untuk dapat meningkatkan kemampuan dan kreatifitas siswa serta anak-anak warga Dusun Wagir. Dalam mengisi waktu luang dan memberikan suasana baru setelah belajar online selama pandemi. Hal ini disebabkan karena kejenuhan anak-anak dalam belajar online, tujuan kegiatan ini adalah melatih kreatifitas siswa dan meningkatkan minat anak-anak dalam bisnis UMKM di masa depan, dengan memberikan motivasi dan semangat untuk anak-anak dalam pembuatan kerajinan tangan dalam menunjang perekenomian keluarga. Kegiatan ini kami berikan diluar jam belajar disekolah antusias yang besar dari siswa membuat kami semakin percaya diri dalam membekali siswa untuk lebih mandiri. Semoga kegiatan ini bisa terus berlangsung setelah KKN ini selesai. Hasilnya menunjukkan bahwa: (1) siswa sangat antusias dan semangat, ketika  diberikan keterampilan kerajinan tangan  dan direspon dengan sangat baik. (2) Pelaksanaan program pengabdian pada masyarakat ini sangat bermanfaat bagi siswa dan anak-anak sehingga dapat dilaksanakan oleh siswa dan anak-anak di Dusun Wagir Desa Gantar.

 

References

Departemen Pendidikan Nasional. 2014. Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Ke-4. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Flanel, A .2012. “Definisi Kain Flanel” diakses dari situs azizah flanel (http://azizahflanel wordpress/com/2012/06/5/defenisi-kain-flanel)

Maulana, A. 2015. Pengertian Kerajian Tangan. Diakses pada 23 Juli 2019 dari http://www.bantubelajar.com/2015/01/Pengertian-Kerajian-Tangan.html

Purwatiningsih, B & Islam, R., 2017. Pengembangan Kreativitas Anak Asuh melalui Handycraft Panti Asuhan Al-Amin Geluran Taman Sidoarjo. Engagement: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1). 65-75

Rahmat. 2011. 7 Tip Mengasah Kreativitas. http://www.motivasi-islami.com/7-tip-mengasah- kreativitas/.

Rahmi. 2017. Kegiatan Pelatihan Keterampilan Tangan Untuk Meningkatkan Kreativitas Ibuibu Warga Perumahan Anggara Graha RW 12 Batam. Minda Baharu: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1). 71-75

Riyadi, B., Supriadi, D.2004., Perencanaan Pembangunan daerah: Strategi Menggali potrensi dalam mewujudkan otonomi daerah. Jakarta

Sari, D. E., & Wajdi, M. B. N., 2017. The Effectiveness of The Method of GI With Electronic Workbench Study To Improve Activities and Results Student. Educatio: Journal of Education, 2(1), 136–150.

Sumanto. 2011. Pendidikan Senirupa di Sekolah Dasar. Malang: FIP UM.

Yona, M., 2017. Karya Kreatif yang mempunyai nilai ekonomis dengan Pemanfaatan Sampah Rumah Tangga Di Kelurahan Sei Pelunggut Kecamatan Sagulung Batam Propinsi Kepulauan Riau. Minda Baharu: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1). 42-55.

Downloads

Published

2022-09-05

How to Cite

Halimatu Sadiah, Riris Mahirotun Nisa, Zahira Fitriana, Dede Indra Setiabudi, & Irvan Iswandi. (2022). Pendampingan Pembuatan Kerajinan Tangan Dalam Upaya Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini di Lingkungan Dusun Wagir. CENDEKIA: Jurnal Ilmu Sosial, Bahasa Dan Pendidikan, 2(3), 62–68. https://doi.org/10.55606/cendikia.v2i3.288