Faktor-Faktor Pendukung Pembelajaran Daring (Online Learning) di Sekolah Menengah Atas

Authors

  • Ilham Muhammad Universitas Pendidikan Indonesia
  • Fadli Agus Triansyah Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.55606/cendikia.v3i3.1413

Keywords:

bibliometric, pembelajaran online, scopus

Abstract

Pembelajaran online menawarkan beberapa manfaat, seperti akses ke kursus yang lebih luas, fleksibilitas, dan kesempatan untuk mengembangkan pemikiran kritis yang penting dan keterampilan pemecahan masalah. Hal ini memicu banyaknya penelitian terkait online learning dan mulai dari tahun 2019 online learning ini mulai lebih banyak lagi digunakan karena pada saat itu ialah masa pandemic. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menangkap lanskap penelitian tekait online learning in high school. Metode yang digunakan adalah analisis bibliometric. Data diperoleh dari database scopus yang telah disemournakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jumlah publikasi terkait online learning in high school meningkat setiap tahunnya dari tahun 2018 hingga tahun 2022, Adapun jumlah dokumen terbanyak yaitu pada negara Indonesia, jumlah dokumen terbanyak yaitu pada lembaga atau universitas “Universitas Pendidikan Indonesia” dan pada jurnal “National Science Foundation”. Fokus penelitian yaitu 1) human dan pandemic; 2)online learning, e-learning dan covid-19; 3)blended learning dan motivation. Keyword yang menjadi tema baru adalah adolescent, dan learning strategies.

 

References

Al-Balas, M., Al-Balas, H. I., Jaber, H. M., Obeidat, K., Al-Balas, H., Aborajooh, E. A., Al-Taher, R., & Al-Balas, B. (2020). Distance learning in clinical medical education amid COVID-19 pandemic in Jordan: current situation, challenges, and perspectives. BMC Medical Education, 20(1), 341. https://doi.org/10.1186/s12909-020-02257-4

Angraini, L. M., Alzaber, A., Sari, D. P., Yolanda, F., & Muhammad, I. (2022). IMPROVING MATHEMATICAL CRITICAL THINKING ABILITY THROUGH AUGMENTED REALITY-BASED LEARNING. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(4), 3533. https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i4.5968

Angraini, L. M., Yolanda, F., & Muhammad, I. (2023). Augmented Reality : The Improvement of Computational Thinking Based on Students ’ Initial Mathematical Ability. International Journal of Instruction, 16(3), 1033–1054.

Budiman, H. (2017). Peran Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Pendidikan. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 31. https://doi.org/10.24042/atjpi.v8i1.2095

Dwi, K., Siregar, P., Ramadhaniyati, R., Muhammad, I., & Triansyah, F. A. (2023). Analisis Bibliometrik : Fokus Penelitian Critical Thinking pada Sekolah Menengah ( 1992-2023 ). EDUKASIA: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 4, 349–360.

Haque, M. A., Haque, S., Zeba, S., Kumar, K., Ahmad, S., Rahman, M., Marisennayya, S., & Ahmed, L. (2023). Sustainable and efficient E-learning internet of things system through blockchain technology. E-Learning and Digital Media, 204275302311567. https://doi.org/10.1177/20427530231156711

Hassan, M. A., Habiba, U., Majeed, F., & Shoaib, M. (2021). Adaptive gamification in e-learning based on students’ learning styles. Interactive Learning Environments, 29(4), 545–565. https://doi.org/10.1080/10494820.2019.1588745

Iivari, N., Sharma, S., & Ventä-Olkkonen, L. (2020). Digital transformation of everyday life – How COVID-19 pandemic transformed the basic education of the young generation and why information management research should care? International Journal of Information Management, 55, 102183. https://doi.org/10.1016/j.ijinfomgt.2020.102183

Maryanto, B. P. A., Rachmawati, L. N., Muhammad, I., & Sugiyanto, R. (2023). Kajian Literatur: Problematika Pembelajaran Matematika Di Sekolah. Delta-Phi: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 93–106.

Muhammad, I., Darmayanti, R., & Arif, V. R. (2023). Discovery Learning Research in Mathematics Learning : A Bibliometric Review. Delta-Phi : Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 72–84.

Muhammad, I., Triansyah, F. A., Fahri, A., & Gunawan, A. (2023). Analisis Bibliometrik: Penelitian Game-Based Learning pada Sekolah Menengah 2005-2023. Jurnal Simki Pedagogia, 6(2), 465–479. https://www.edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/4713

Muhammad, I., Triansyah, F. A., Fahri, A., & Lizein, B. (2023). Analisis Bibliometrik: Penelitian Self-Efficacy Pada Sekolah Menengah Atas (1987-2023). Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan Volume, 5(1), 519–532.

Muhammad, I., Yolanda, F., Andrian, D., & Rezeki, S. (2022). Pengembangan Media Interaktif Menggunakan Adobe Flash Cs6 Profesional Pada Materi Relasi Dan Fungsi. Journal of Authentic Research on Mathematics Education (JARME), 4(1), 128–140. https://doi.org/10.37058/jarme.v4i1.3958

Ramadhaniyati, R., Dwi, K., Siregar, P., Muhammad, I., & Triansyah, F. A. (2023). Guide Discovery Learning ( GDL ) in Education : A Bibliometric Analysis. Journal on Education, 05(04), 11473–11484.

Sanusi, N., Triansyah, F. A., Muhammad, I., & Susanti, S. (2023). Analisis Bibliometrik: Penelitian Online learning Pada High school. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(3), 1694–1701. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i3.1763

Siahaan, E. Y. S., Muhammad, I., Dasari, D., & Maharani, S. (2023). Research on critical thinking of pre-service mathematics education teachers in Indonesia (2015-2023): A bibliometric review. Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah Di Bidang Pendidikan Matematika, 9(1).

Simamora, R. M. (2020). The Challenges of Online Learning during the COVID-19 Pandemic: An Essay Analysis of Performing Arts Education Students. Studies in Learning and Teaching, 1(2), 86–103. https://doi.org/10.46627/silet.v1i2.38

Soraya, S. M., Kurjono, & Muhammad, I. (2023). Analisis Bibliometrik : Penelitian Literasi Digital dan Hasil Belajar pada Database Scopus ( 2009-2023 ). EDUKASIA: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(20), 387–398.

Triansyah, F. A., Komaliddin, Y., Ugli, B., Muhammad, I., & Nurhoiriyah, N. (2023). Determinants of Teacher Competence in Islamic Education: Bibliometric Analysis and Approach. Indonesian Journal of Islamic Education Studies (IJIES), 6(June), 17–32.

Triansyah, F. A., Muhammad, I., Rabuandika, A., Pratiwi, K. D., Teapon, N., & Assabana, M. S. (2023). Bibliometric Analysis : Artificial Intelligence ( AI ) in High School Education. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 7(1), 112–123.

Triansyah, F. A., Yanti, F., Rabuandika, A., & Muhammad, I. (2023). Augmented Reality Research in Middle Schools : Bibliometric Review. EDUKASIA: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(1), 369–378.

Downloads

Published

2023-06-28

How to Cite

Ilham Muhammad, & Fadli Agus Triansyah. (2023). Faktor-Faktor Pendukung Pembelajaran Daring (Online Learning) di Sekolah Menengah Atas. CENDEKIA: Jurnal Ilmu Sosial, Bahasa Dan Pendidikan, 3(3), 140–152. https://doi.org/10.55606/cendikia.v3i3.1413