Pelaksanaan Pembelajaran Bahasa Indonesia Bagi Anak Sekolah Luar Biasa (SLB) MI/SD

Authors

  • Rezky Cahyani Harahap Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Medan, Indonesia
  • Muthia Arini Hasibuan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Medan, Indonesia
  • Novia Ramadhani Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Medan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.55606/cendikia.v3i3.1344

Keywords:

Pelaksanaan, Pembelajaran Bahasa Indonesia, Sekolah Luar Biasa (SLB)

Abstract

Observasi ini bertujuan untuk menganalisis pelaksanaan pembelajaran Bahasa Indonesia bagi Anak Luar Biasa (SLB) MI/SD. Adapun yang menjadi fokus masalah pada penelitian ini adalah mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran Bahasa Indonesia di SLB Global Kids Centre Tebing Tinggi, hambatan apa yang terjadi dalam pelaksanaan pembelajaran Bahasa Indonesia di SLB Global Kids Centre Tebing Tinggi, serta upaya guru dalam mengatasi hambatan tersebut. Pada penulisan artikel ini, penulis menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah seorang guru dan siswa di SLB Global Kids Centre Tebing Tinggi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran Bahasa Indonesia bagi Anak Luar Biasa (SLB) MI/SD menggunakan metode Program Pembelajaran Individual (PPI) yang disesuaikan dengan kemampuan siswa dan media pembelajaran untuk mempermudah anak dalam mempelajari materi. Kurikulum 2013 tidak dapat diterapkan sepenuhnya karena materi pelajaran Bahasa Indonesia yang tidak sesuai dengan kondisi anak. Berbagai upaya dilakukan guru untuk mengatasi hambatan terebut: misalnya menggunakan PPI, dan mempelajari berbagai metode terbaru yang dapat diterapkan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia untuk anak autis.

 

References

Altyna, C. (2022). PENERAPAN KETERAMPILAN MEMBACA PADA SISWA BERKEBUTUHAN KHUSUS DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SEKOLAH. Griya Cendikia, 7(2), 209-219.

Amazeli, R. A. (2021). Pemerolehan Bahasa Reseptif dan Ekspresif Anak Autism Spectrum Disorder. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 10(1), 72-81.

Anggraeni, A. W. (2021). Kerumitan Kalimat Bahasa Indonesia Siswa Autis. BELAJAR BAHASA: Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 6(2), 199-214.

Daroni, G. A. (2018). Pembelajaran Bahasa Indonesia untuk anak autis. INKLUSI: Journal of Disability Studies, 2, 271-290.

Djadjuli, D. (2018). Pelaksanaan pengawasan oleh pimpinan dalam meningkatkan kinerja pegawai. Dinamika: Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Negara, 4(4), 565-573.

Farhurohman, O. (2017). Implementasi Pembelajaran Bahasa Indonesia di SD/MI. Primary: Jurnal Keilmuan dan Kependidikan Dasar, 9(1), 23-34.

Humaira, D., Fatmawati, F., & Zulmiyetri, Z. (2012). Pelaksanaan pembelajaran bahasa indonesia bagi anak tunagrahita ringan kelas iii di slb sabiluna pariaman. Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus, 1(3).

Ningrum, P., Wuryani, W., & Lianty, L. (2021). Strategi Pembelajaran Bahasa Indonesia untuk Siswa Autis. Jurnal Pendidikan Terbuka Dan Jarak Jauh, 22(2), 74-87.

Rahardja, D,. Sujarwanto. (2010). Pengantar Pendidikan Luar Biasa (Orthopedagogik). Surabaya : Unesa Press.

Rahmania, L., Pratiwi, AS, & Permana, R. (2020). Pemerolehan Bahasa Pada Anak Berkebutuhan Khusus. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia , 6 (1), 104-118.

Sodik, M., Sahal, Y. F. D., & Herlina, N. H. (2019). Pengaruh kinerja guru dalam pelaksanaan pembelajaran terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Alquran Hadis. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam,[SL], 7(1), 97-112.

Suyatno,. Dkk.2017. “Bahasa Indonesia Untuk Perguruan Tinggi (Membangun Karakter Manusia Melalui Bahasa). Jakarta: in Media.

Tantinia, N. T. (2015). PENGARUH MEDIA GAMBAR SERI DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA TERHADAP KEMAMPUAN BERBICARA BAGI ANAK AUTIS KELAS VII DI SEKOLAH KHUSUS AUTIS BINA ANGGITA. Widia Ortodidaktika, 4(5).

Downloads

Published

2023-06-15

How to Cite

Rezky Cahyani Harahap, Muthia Arini Hasibuan, & Novia Ramadhani. (2023). Pelaksanaan Pembelajaran Bahasa Indonesia Bagi Anak Sekolah Luar Biasa (SLB) MI/SD. CENDEKIA: Jurnal Ilmu Sosial, Bahasa Dan Pendidikan, 3(3), 1–14. https://doi.org/10.55606/cendikia.v3i3.1344