Upaya Guru Dalam Meningkatkan Minat Belajar siswa Melalui Video Pembelajaran Pada Pelajaran Ips di MTsN 10 Nganjuk

Authors

  • Ni’am Nur Wafa’ Universitas Islam Negeri (UIN) Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung

DOI:

https://doi.org/10.55606/cendikia.v3i2.1116

Keywords:

Media Video Pembelajaran, Minat Belajar.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membahas Upaya Guru dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Melalui Video Pembelajaran pada Mata Pelajaran IPS Terpadu di MTs Negeri 10 Nganjuk. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan menerapkan metode  pengumpulan data wawancara mendalam, observasi partisipan, dan dokumentasi. Untuk mendalami hal tersebut, peneliti merumuskan fokus penelitian sebagai berikut : 1) Bagaimana proses penggunaan vidio pembelajaran dalam meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu di MTs Negeri 10 Nganjuk.?, 2) Bagaimana implikasi penggunaan vidio pembelajaran dalam meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu di MTs Negeri 10 Nganjuk?, 3) Bagaimana tingkat keefektifan penggunaan vidio pembelajaran dalam meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu di MTs Negeri 10 Nganjuk. ?. Hasil dari penelitian ini meliputi : 1) Guru harus mengingat bahwa karakteristik dan kemampuan siswa berbeda-beda dalam belajar. Oleh karena itu, guru harus menyiapkan lingkungan belajar yang mendukung pembelajaran yang akan diterima oleh semua siswa, sehingga tujuan pembelajaran tercapai. 2) Siswa dapat lebih memahami peristiwa yang terlihat secara visual dan menamai proses yang terjadi di dalamnya. Berbeda jika guru hanya mengajukan pertanyaan secara lisan. 3) Menggunakan media video edukasi yang efektif untuk meningkatkan minat belajar siswa. 

References

Ahmadi, Abu. (2009). Psikologi Umum. Jakarta : PT. Rineka Cipta,2009.

Ali, Muhammad, (2010), Metodologi dan Aplikasi Riset Pendidikan, Bandung: Pustaka Cendekia Utama

Aminatul, zahro dan Binti Maunah.(2015). Jurnal Penelitian dan Kebudayaan Islam. Vol 13 No. 2 Juli 2015. hal. 224. Total Quality Management (TQM) Sebuah Langkah dalam Mengedepankan Kualitas Output melalui Sistem Kontrol Mutu (Quality Control) sekolah.

Arikunto , Suharsim. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Azhar Arsyad. (2014). Media Pembelajaran.Jakarta:Rajawali Pers.

Azwar, Saifudin (2004), Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Offset.

Bogdan, Robert.C, dan Sari Knopp Biklen, 1982. Qualitative Research for Education : An. Introduction to Theory and Methods,Boston : llyn and bacon, Inc.

Bungin, Burhan, (2005), Metodologi Penelitian Kuantitatif , Jakarta: Prenada Media

Desti Pratiwi Dkk, (2014), Gaya Belajar Dominan Pada Siswa Berprestasi Dalam Kegiatan Pembeajaran di SD Negeri 2 Gombong Tahun Ajaran 2013/2014, FKIP, PGSD Universitas Sebelas Maret,

Perancangan Board Game sebagai Media Pembelajaran Keselamatan Berkendara untuk Remaja dengan Mekanik Dice Rolling,

Endraswara, Suwandi, (2011), Metodologi Penelitian Sastra, Yogyakarta: Tim Redaksi CAPS

Gunawan, (2013), Metode Penelitian Kualitatif, Jakarta : Bumi Aksara

Hadi , Sutrisno. (1989). Metodologi Research Jilid II. Yogyakarta: Andi Offset.

Khanifatul. (2013). Pembelajaran Inovatif: Strategi Mengelola Kelas Secara Efektif dan Menyenangkan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Koestoer, Partowsisastro. (1986). Diagnosa dan Pemecahan Kesulitan Belajar. Jakarta: Erlangga.

Kustandi, Sutjipto, Bambang, (2013). Media Pembelajaran Manual dan Digital Edisi Kedua. Bogor : Ghalia Indonesia.

Maunah, Binti, (2009), Landasan Pendidikan, Yogyakarta, : Teras

______, (2014), Psikologi Pendidikan, Tulungagung, : IAIN Tulungagung Press

______, (2009), Metodologi Pengajaran Agama Islam, Yogyakarta, : Teras

______, (2016), Interaksi Sosial Anak di Dalam Keluarga, Sekolah, dan Masyarakat, Surabaya, ; Jenggala Pustaka Utama

Mayer, (2005), Applying the science of Learning , Boston : Pearson

Moeliono , Anton M. (1989). Kamus Besar Bahasa Indonesia,. Jakarta: Balai Pustaka.

Moleong, Lexy. J. (2015). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Muhibbinsyah, Dkk. (1996). Strategi Belajar Mengajar, Surabaya: Cipta Media

Ngadino. (2009). Pengembangan Media Pembelajaran. Surakarta: Pendidikan Profesi Guru FKIP UNS

Nurhayati, D. A. W.(2020) Effect of Thinking Skill-Based Inquiry Learning Method on Learning Outcomes of Social Studies: A Quasi-Experimental Study on Grade VIII Students of MTSN 6 Tulungagung. Journal IOP Converence Series: Earth and Environmental Science Vol. 485,2020,1 https://iopscience.iop.org/article/10.1088/1755-1315/485/1/012073/meta

Nurhayati, Dwi Astuti Wahyu, (2012) Rice Planning Ritual Using Mantra by Caruban Community Madiun. Journal of Linguistics Vol.1. 2012. 46. https://jurnal.uns.ac.id/pjl/article/view/308

Rahman, Abdul & Muhib. (2004). Psikologi Suatu Pengantar dalam Pespektif Islam. Jakarta: Kencan

Sardiman, dkk, (2008). Media Pendidikan. Jakarta: Cv Rajawali.

Silalahi. Gabriel Amin. (2003). Metode Penelitian dan Studi Kasus. Sidoarjo: CV. Citra Media.

Sirait , Erlando Doni, Jurnal Formatifn 6(1):35-43, ISSN: 2088-351X, 2016. Pengaruh Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika,

Slameto, (2003). Belajar dan Faktor-faktor yang mempengaruhinya, Jakarta:Rineka Cipta,

Sudajana , Nana, (1989), Cara Belajar siswa Aktif, Bandung : Remaja Rosdakarya..

Sugiyono. (2008). Metodologi Penelitian Pendidikan:Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta

Suharjo,Drajat , (1993). Metodologi Penelitian dan Penulisan Ilmiah,.Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Tanzeh, Ahmad. (2011). Metodologi Penelitian Praktis, Yogyakarta : Teras

Downloads

Published

2023-04-19

How to Cite

Ni’am Nur Wafa’. (2023). Upaya Guru Dalam Meningkatkan Minat Belajar siswa Melalui Video Pembelajaran Pada Pelajaran Ips di MTsN 10 Nganjuk. CENDEKIA: Jurnal Ilmu Sosial, Bahasa Dan Pendidikan, 3(2), 116–128. https://doi.org/10.55606/cendikia.v3i2.1116