Penerapan Karakter Disiplin Pada Siswa Di MTS TI Koto Tuo Kumpulan Kabupaten Pasaman

Authors

  • Nur Azzira UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
  • Charles Charles UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
  • Iswantir Iswantir UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
  • Wedra Aprison UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi

DOI:

https://doi.org/10.55606/cendikia.v3i2.1080

Keywords:

Penerapan, Karakter Disiplin

Abstract

Penulisan ini dilatarbelakangi oleh fenomena dari hasil observasi penulis tentang melakukan kegiatan masih ada sebagian siswa yang kurang menghargai gurunya, bertutur kata yang tidak baik kepada guru atau kepada orang yang lebih tua. Kemudian disaat bel masuk telah dibunyikan masih banyak dari siswa yang belum masuk ke ruangan kelas. Disaat jam istirahat sudah berakhir masih ada dari siswa yang berkeluyuran di luar kelas, jajan dan sibuk bermain dengan teman-temannya. Penulisan ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dalam penulisan ini diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Sumber data penulisan ini  yaitu informan kunci guru Pendidikan Agama Islam Mata Pelajaran Akidah Akhlak, dan informan pendukung adalah tiga orang siswa. Teknik analisis data yang penulis lakukan yaitu reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Kemudian teknik keabsahan data menggunakan Triangulasi Data.Berdasarkan hasil penulisan dapat dipahami bahwa penerapan karakter disiplin di MTs TI Koto Tuo Kumpulan berupa mengerjakan tugas tidak secara individu, mereka mencontek, dalam bentuk pengumpulan tugas tepat waktu masih kurang. Sikap siswa di dalam kelas kurang baik, seperti siswa yang tidak memperhatikan saat guru mengajar di kelas, mereka menguap, mengantuk bahkan menganggu teman di sebelahnya,  keluar kelas, pergi ke kantin, ke luar gerbang, adanya siswa yang datang terlambat datang ke sekolah serta telat masuk ke dalam kelas, masih banyak siswa tidak mematuhi peraturan berpakaian seperti tidak memasukkan baju ke dalam celana, dan membuang sampah sembarangan. Faktor pendukung penerapan karakter disiplin di MTs TI Koto Tuo Kumpulan adalah kerja sama semua guru di MTs TI tersebut dalam menerapkan disiplin kepada siswa, faktor penghambatan dalam penerapan karakter disiplin siswa adalah perilaku siswa itu sendiri yang tidak mau mendengarkan dan menaati aturan-aturan yang telah ditetapkan di sekolah baik itu peraturan di dalam kelas maupun peraturan di lingkungan sekolah.

References

Agung Nugroho, Penanaman Karakter Disiplin Pada siswa Sekolah Dasar, Fundadiknas Vol. 3 No. 2 Edisi Juli 2020

Novan Ardy Wiyani, Manajemen Pendidikan Karakter Konsep dan Implementasinya di Sekolah, (Yogyakarta: Pedagogia, 2012)

Budiningsih, Belajar dan pembelajaran, PT. Rineka Cipta: Jakarta, 2012

Fadillah Annisa. Penanaman NIlai-nilai Pendidikan Karakter Disiplin pada Siswa Sekolah Dasar, Perspektif Pendidikan dan Keguruan, Vol X, No. 1, April 2019

Al-Ghazali, Ihya’ Ulumuddin, Semarang: Toha Putra, t.th,

Okpal Hartis, Wawancara Pribadi, Senin 16 Mei 2022 di MTs TJ Koto Tuo Kumpulan

Thomas Lickona, Character Matters: Persoalan Karakter Bagaimana Membantu Anak Mengembangkan Penilaian yang Baik, Integritas, dan Kebajikan Penting Lainnya, Jakarta: PT Bumi Aksara, 2012,

Wisnu Aditya Kurniawan, Budaya Tertib Siswa Di Sekolah (Penguatan Pendidikan Karakter Siswa), Jawa Barat: CV Jejak, 2018

Wahyuni, Pendidikan Karakter Disiplin Pada Anak Usia 5-6 Tahun, Artikel penelitian Universitas Tanjungpura:2014

Downloads

Published

2023-04-14

How to Cite

Nur Azzira, Charles Charles, Iswantir Iswantir, & Wedra Aprison. (2023). Penerapan Karakter Disiplin Pada Siswa Di MTS TI Koto Tuo Kumpulan Kabupaten Pasaman. CENDEKIA: Jurnal Ilmu Sosial, Bahasa Dan Pendidikan, 3(2), 107–115. https://doi.org/10.55606/cendikia.v3i2.1080