Implementasi Pola Asuh Orang Tua Dalam Penerapan Sikap Disiplin Siswa Di Kelas X Sman 1 Ngrayun Ponorogo Semester 2 Tahun Pelajaran 2021/2022
DOI:
https://doi.org/10.55606/cendikia.v2i2.1041Keywords:
Pola Asuh Orang Tua, Disiplin SiswaAbstract
: Sikap kedisiplinan siswa sangat rendah, dikarenakan pergaulan anak sekarang berbeda dengan anak zaman dulu, dan di sini guru dituntut agar dapat mengembangkan sikap disiplin, dengan cara menjelaskan hal-hal yang menarik agar siswa dapat semakin terpacu untuk belajar, selain itu pola asuh orang tua yang tidak tepat dapat menyebabkan turunnya sikap disiplin siswa, sehingga diperlukan kerjasama yang baik antara guru dan orang tua. Salah satu bentuk yang dianggap paling efisien untuk meningkatkan sikap disiplin siswa adalah melalui pola asuh orang tua. Dari hasil analisis data terbukti bahwa 1) Implementasi pola asuh orang tua dalam penerapan sikap disiplin siswa dengan jalan: siswa diberi beberapa aturan-aturan seperti harus bantu orang tua, siswa bisa membagi waktu belajar dan bermain, dan pemberian sangsi apabila siswa melanggar untuk aturan yang sudah ditentukan. 2) Faktor pendukung pola asuh orang tua dalam penerapan sikap disiplin siswa yaitu diberi pengarahan-pengarahan yang positif, adanya pengajaran dari orang tua dan guru ngaji tentang kedisiplinan, jadi anak bisa disiplin, pengawasan dari kedua orang tua dan saudara (kakak) agar memonitoring untuk disiplin, adanya suatu aturan-aturan agar berdisiplin. Faktor penghambat pola asuh orang tua dalam penerapan sikap disiplin siswa yaitu siswa kurang memperhatikan mengenai kedisiplinan, siswa kadang kurang mendengarkan nasehat orang tua, keluarga kurang harmonis, kurang memberikan arahan yang positif dalam perkembangan anak-anaknya.
References
Ahmadi dan Widodo Supriono, 2008. Psikologi Belajar, Jakarta: Rineka Cipta
Amin, Samsul Munir, 2007. Menyiapkan Masa Depan Anak, Jakarta: Amzah
Arikunto, Suharsimi. 2006. Evaluasi Program Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara
Asrori, Muhammad. 2007. Psikologi Pembelajaran, Bandung: CV. Wacana Prima
Djamarah, Saiful Bahri. 2004. Pola Komunikasi Orang Tua & Anak Dalam Keluarga, Jakarta: Rineka Cipta
Fitri, A. Z., & Haryanti, N. (2020). Metodologi Penelitian Pendidikan: Kuantitatif, Kualitatif, Mixed method dan Research and Development. Malang: Madani Media.
Haryanti, N. (2014). Ilmu Pendidikan islam. Malang: Gunung Samudera.
Haryanti, N. (2019). Metode Penelitian Ekonomi. Bandung: Manggu.
Haryanti, N., & Hidayati, Y. (2022). Inovasi Model Aplikasi Pembelajaran Online Daring di Sekolah. Purbalingga: Eurika Media Aksara.
Haryanti, N., & Indarti, L. (2022). Strategi pembelajaran Kiai dalam Membentuk Karakter Jujur dan Disiplin Santri. TA’ALLUM: Jurnal Pendidikan Islam Volume, 10(1), 121–136. https://doi.org/10.21274/taalum.2022.10.1.121-136
Haryanti, N., Muhibbudin, & Junaris, I. (2022). Analisis Kesulitan Belajar Siswa (Disleksia dan Disgrafia). Journal of Instructional and Development Researches, 2(1), 7–16.
Kurnia Sari, D., Saparahayuningsih, S., & Suprapti, A. (2018). Pola Asuh Orang Tua Pada Anak Yang Berperilaku Agresif (Studi Deskriptif Kuantitatif Di TK Tunas Harapan Sawah Lebar Kota Bengkulu). Jurnal Ilmiah Potensia, 3(1), 1–6.
Hidayah, Rifa. 2009. Psikologi Pengasuhan Anak, Malang: UIN-Malang Press
Margono, S. 2005. Metodologi Penelitian Pendidikan, Jakarta: Rineka Cipta.
Moleong, Lexy J. 2006. Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosdakarya
Patoni, Achmad. 2004. Dinamika Pendidikan Anak, Jakarta: PT. BIna Ilmu
Satori, Djam’an dan Aan Komariah, 2011. Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Alfabeta.
Sugiyono, 2010. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta.
Syamsudin, G. A. (2017). Dampak Pola Asuh Ibu Sebagai Tenaga Kerja Wanita (TKW) terhadap Kepribadian Remaja. Martabat: Jurnal Perempuan Dan Anak, 1(2), 220–244.