Analisis Nilai Karakter Disiplin Dalam Pembelajaran Kelas V SDN Wonorejo 1 Surabaya

Authors

  • Yossy Pitaloka Universitas Trunojoyo Madura
  • Aditya Dyah Puspitasari Universitas Trunojoyo Madura

DOI:

https://doi.org/10.55606/jurripen.v3i1.2701

Keywords:

Self-Discipline, Learning, Pancasila Student Profile

Abstract

The purpose of this research is to determine the Pancasila Student Profile, the sub-element of self-discipline in learning for class V students. This research uses descriptive qualitative research methods. The subjects used were class V students. The sampling in this study used purposive sampling. The research sample was 6 students, considering students with high cognitive scores, medium cognitive scores and low cognitive scores. Data collection uses observation sheets, interviews and documentation. The research results show: NF, IR, AY, ZD, RI, and ZL can enter on time respectively. The neatness, completeness and correctness of the uniforms used by NF, IR, AY, ZD, RI and ZL are good, complete and correct according to the respective schedule. NF, IR, AY, and ZD collected assignments on time twice, while RI and ZL respectively did not submit assignments on time. NF, IR, and AY did the task individually, while ZD did it twice and RI and ZL did not do it alone. No walking around while learning NF, IR, AY, ZD, RI, and ZL focus on their respective seats. Get motivation from teachers NF, IR, AY, ZD, RI, and ZL 3 days in a row. Get reward/punishment NF, IR, AY and ZD 1 time, while RI and ZL punishment 2 times.

References

Andeka, W., Darniyati, Y., Saputra, A. 2021. Analisis Faktor-Faktor yYang Mempengaruhi Motivasi Belajar Siswa SDN 04 Sitiung. CONSILIUM Journal : Journal Education and Conseling.1 (2), 201

Ansel, Maria. F., Pawe, Natalia. 2021. Pengaruh Bimbingan Belajar Orangtua Terhadap Disiplin Belajar Siswa Sekolah Dasar. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan. 2 (2), 310

Atiq, W. 2023. Kedisiplinan Siswa Dalam Mengembangkan Pengendalian Dan Disiplin Diri Sebagai Implementasi Profil Pelajar Pancasila. [online] Diambil dari: https://www.kompasiana.com/wagiyoatiq1733/656826ccde948f4936000d02/kedisiplinan-siswa-dalam-mengembangkan-pengendalian-dan-disiplin-diri-sebagai-implentasi-profil-pelajar-pancasil [Diakses pada tanggal 29 Desember 2023].

Azis, I. 2015. Pengaruh Kemampuan Mengelola Diri Terhadap Kedisiplinan Belajar Matematika pada Siswa Kelas VIII SMP DDI AL-IRSYAH Makassar. Skripsi Pendidikan Program Studi Kualifikasi Guru RA/MI, UIN Alauddin Makassar.

Daryanto., Darmiatun, S. 2013. Implementasi Pendidikan Karakter Di Sekolah. Yogyakarta: Penerbit Gava Media.

Kemendikbudristek. 2022. Dimensi, Elemen, dan Subelemen Profil Pelajar Pancasila pada Kurikulum Merdeka. https://kurikulum.kemendikbud.go.id

Majid, N. 2019. Penguatan Karakter Mealui Local Wisdom sebagai Budaya Kewarganegaraan. Yayasan Ahmar Cendekia Indonesia.

Mardikarini, S., Putri, L.C.K. 2020. Pemantauan Kedisiplinan Siswa Melalui Penetapan Indikator Perilaku Disiplin Siswa Kelas III. Jurnal Ilmiah KONTEKSTUAL. 2 (1), 31-34.

Misrawi, Z. 2017. Al-Quran Kitab Toleransi (Tafsir Tematik Islam Rahmatan Lil’ Alamin). Pustaka Oasis.

Muchtar, A. D., Suryani, A. 2019. Pendidikan Karakter Menurut Kemendikbud (Telaah Pemikiran Atas Kemendikbud). Edumaspul: Jurnal Pendidikan. 3 (2), 50-57.

Mukholifah, S. N., Hariyadi, S. A. 2021. Implementasi Nilai-nilai Pancasila Melalui Pembelajaran PPKn Terhadap Pembentukan Sikap Disiplin Siswa Kelas VIII MTs Negeri 5 Bojonegoro. Jurnal Educatio. 7 (3), 974.

Musbikin, I. 2021. Pendidikan Karakter Jujur. NUSA MEDIA.

Nita, C.I.R., Setyawan, D. A., Iswanti, R. 2020. Analisis Penerapan Penguatan Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemic Covid-19 Siswa Kelas 5 SD Negeri Polehan 5 Malang. Prosiding Seminar Nasional PGSD. 4 (1). 393.

Patmawati, S. 2018. Penerapan Pendidikan Karakter Disiplin dan Tanggung Jawab Siswa Di SD Negeri No. 13/1 Muara Bulian. FKIP Universitas Jambi, 5.

Prasetiya, B., Tobroni., Mochamad, Y., Cholily., Khozin. 2021. Metode Pendidikan Krakter Religius Paling Efektif di Sekolah. Academia Publication.

Rahmatullah, Ibnu, H. dkk. 2022. Sekuntum Essay Pendidikan Dasar. PT. Nasya Expanding Management.

Salsabila, A., Puspitasari. 2020. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Pandawa: Jurnal Pendidikan dan Dakwah. 2 (2), 281-287.

Sarkadi. 2020. Tahapan Penilaian Pembelajaran Berdasarkan Kurikulum 2013. CV. Jakad Media Publishing.

Savitri, D. 2022. Analisis Karakter Disiplin Sekolah Dasar. Makalah disajikan dalam SEMINAR NASIONAL HASIL RISET DAN PENGABDIAN. Diselenggrakan oleh UNIPA Surabaya, Jawa Timur, 6 April 2022.

Sholekah, F. F. 2020. Pendidikan Karakter dalam Kurikulum 2013. CHILDHOOD EDUCATION: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. 1 (1), 3-5.

Soetantyo, S. P. 2012. Peran Dongeng dalam Pembentukan Karakter Siswa Sekolah Dasar. Seminar Temu Ilmiah Nasional Guru di Universitas Terbuka, 45-47.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. ALFABET.

Surabaya. go. id. 2023. Sekolah Ramah Anak Di Surabaya Wujudkan Lingkungan Pendidikan yang Aman dan Nyaman. [online] Diambil dari: https://www.surabaya.go.id/id/berita/73571/sekolah-ramah-anak-di-surabaya wujudkan-lingkungan-pendidikan-yang-aman-dan-nyaman[Diakses pada tanggal 9 Oktober 2023].

Sukatin, dan Shoffia, S. A. 2021 Pendidikan Karakter. Yogyakarta: Deepublish.

Suprayitno dkk. 2020. Pendidikan Karakter Di Era Milenial. Yogyakarta: Deepublish.

Suryadi, A. 2022. Menjadi Guru Profesional dan Beretika. Sukabumi: CV Jejak (Jejak Publisher).

Susanto, A. 2018. Bimbingan dan Konseling di Sekolah: Konsep, Teori, dan Aplikasinya. PRENADAMEDIA GROUP.

Warsah, I. 2021. Pendidik Inspiratif. Yogyakarta: Deepublish.

Wicaksono, A.G. 2020. Belajar dan Pembelajaran Konsep Dasar, Teori, dan Implementasinya. UNISRI Press.

Wuriyandani, W., Maftuh, B., Sapriya., Budimansyah, D. 2014. Pendidikan Karakter Disiplin di Sekolah Dasar. Cakrawala Pendidikan. 18 (2), 286.

Downloads

Published

2024-02-22

How to Cite

Yossy Pitaloka, & Aditya Dyah Puspitasari. (2024). Analisis Nilai Karakter Disiplin Dalam Pembelajaran Kelas V SDN Wonorejo 1 Surabaya. JURNAL RISET RUMPUN ILMU PENDIDIKAN, 3(1), 105–114. https://doi.org/10.55606/jurripen.v3i1.2701

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.