Pembuatan Video Profile TK Al-Hira

Authors

  • Rinanda Purba Universitas Potensi Utama
  • Triadi Sya'Dian Universitas Potensi Utama
  • Muhammad Abrar Kasmin Hutagalung
  • Nazarruddin Nazarruddin Universitas Potensi Utama, Medan, Indonesia
  • Daniati Syaputri Universitas Potensi Utama, Medan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.55606/nusantara.v3i1.842

Keywords:

Video, Promosi, Sekolah, TK Al-Hira

Abstract

TK Al-Hira merupakan salah satu lembaga TK yang ada di kota Medan, namun kurang dikenal bahkan oleh masyarakat kota Medan sendiri, dan belum memiliki media promosi yang memadai. Hal ini tentu disayangkan apalagi TK Al-Hira memiliki sistem pengajaran yang berkualitas, serta berstandard Internasional. TK Al-Hira membutuhkan media promosi yang mampu merepresentasikan segala keunggulan TK Al-Hira. Bukan hanya untuk masyarakat kota Medan, namun masyarakat luas Indonesia yang ingin mengaksesnya. Perancangan media video promosi TK Al-Hira ditujukan untuk memperkenalkan TK Al-Hira kepada masyarakat kota Medan sebagai target market primer. Dengan adanya media video yang memadai, maka diharapkan akan meningkatkan jumlah siswa TK Al-Hira dari tahun ke tahun. Berdasarkan analisis data ini nantinya akan menjadi acuan dalam proses perancangan video promosi bagi sekolah tersebut. Hal tersebut dilakukan agar nantinya perancangan video promosi yang dirancang dan dihasilkan dapat benar-benar sesuai dengan karakteristik dan bisa memecahkan/menjawab masalah yang ada di sekolah. Data yang dipakai sebagai acuan berupa data-data yang bersumber dari observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode produksi yang akan digunakan yaitu melalui tiga tahap, diantaranya tahap pra-produksi yaitu pengumpulan data yang dibutuhkan sebagai sumber ide dalam produksi, produksi yaitu proses eksekusi konsep dan storyboard, dan tahap Pasca-produksi yang merupakan tahap editing video.

References

Bignell., J. 1997. Media Semiotic: An Introduction. England: Manchester University Press.

Brannen, Julia. 2005. Memadu Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif.

Danesi, M. 2002. Understanding Media Semiotics. London: Arnold.

K. Lancaster. 2013. DSLR Cinema: Crafting the Film Look with Large Sensor Video. Focal Press.

Kress, Gunther & Theo van Leeuwen. 2006. Reading Images: The Grammar of Visual Design, Second Edition. New York: Routledge.

M. W. Weynand. 2007. How Video Works. USA: Focal Press.

Rose, G., 2007. Visual Methodologies: An Introduction to Interpretation of Visual Materials, Second Edition. London, England: Sage Publication.

Sya'dian, T. (2019). Analisis Semiotika pada Film Laskar Pelangi. PROPORSI: Jurnal Desain, Multimedia dan Industri Kreatif, 1(1), 51-63.

Downloads

Published

2023-01-28

How to Cite

Purba, R. ., Triadi Sya’Dian, Hutagalung, M. A. K. ., Nazarruddin Nazarruddin, & Daniati Syaputri. (2023). Pembuatan Video Profile TK Al-Hira. NUSANTARA Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 114–121. https://doi.org/10.55606/nusantara.v3i1.842

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.