Program Pendampingan Mahasiswa dalam Praktek Pengenalan Lapangan Prasekolah di SD Negeri 4 Lakudo

Authors

  • Suardin Suardin Universitas Muhammadiyah Buton
  • Muhammad Yusnan Universitas Muhammadiyah Buton
  • Wa Ode Dian Purnamasari Universitas Muhammadiyah Buton

DOI:

https://doi.org/10.55606/nusantara.v1i1.750

Keywords:

Program, Pendampingan Mahasiswa, Praktek, Pengenalan Lapangan

Abstract

Tujuan dari kegiatan pengabdian masyarakat di SD Negeri 4 Lakudo adalah untuk membantu mahasiswa menjadi lebih mahir dalam mengelola kegiatan Program Pengenalan Lapangan Prasekolah. Mahasiswa akan berlatih melakukan observasi langsung terhadap budaya sekolah, observasi untuk mengembangkan kompetensi, dan observasi langsung terhadap proses pembelajaran di kelas selama kegiatan pengabdian ini. Guru, staf dan dosen pembimbing di SD Negeri 4 Lakudo turut membimbing mahasiswa dalam melakukan kegiatan obsevasi ini sehingga dapat direalisasikan dalam kegiatan selanjutnya. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini menggunakan metode survey lapangan. Program ini melibatkan kepala sekolah dan guru SD Negeri 4 Lakudo. Hasil pengabdian ini menunjukkan pencapaian yang sangat baik dari indikator yang ditetapkan untuk observasi, sikap, dan kedisiplinan. Dengan bobot skor 1048,34 dan nilai rata-rata 87,37,  Hal ini menandakan bahwa siswa dipersiapkan untuk melaksanakan praktik mengajar di SD Negeri 4 Lakudo dalam pelaksanaan Pengenalan Lapangan Prasekolah (PLP).

 

References

Abdussalam, Fernandez, D., & Lapisa, R. (2018). Persepsi Siswa Tentang Praktek Mengajar Mahasiswa Program Pengalaman Lapangan Kependidikan (PPLK) dalam Proses Pembelajaran di SMK N 1 Padang Gumilang. Automotive Engineering Education Journals, 02(02), 1–7.

Amiruddin, Hasim, M., & Irfan, A. M. (2020). Pkm Guru Pamong Dan Mahasiswa KKN PPL Terpadu Pembelajaran Berbasis Merdeka Belajar Dalam Situasi Pandemi Covid-19. Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 1097–1105.

Caesarani, S. (2019). Pendampingan Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Ma Ponpes Al Islam. Jurnal Pengabdian Dan Edukasi Sekolah, 1(1), 42–50.

Dewi, R. P. (2018). Analisis Kesalahan Penyusunan Perangkat Pembelajaran Bahasa Indonesia Sma Kelas X Mahasiswa Program Profesi Guru Sm3T Tahun 2018. Pertemuan Ilmiah Bahasa Dan Sastra Indonesia …, 649, 649–660.

Efendi, S. (2020). Optimalisasi Peran Mahasiswa Pendamping Program Upsus Pajale Untuk Mempercepat Introduksi Teknologi Budidaya Jajar Lewogo Super di Kabupaten Sijunjung. PRIMA: Journal of Community Empowering and Services, 4(1), 36.

Fathurrahman, F., & Farih, A. (2019). Implementasi Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Fkip Universitas Islam Lamongan. Jurnal Reforma, 7(2), 77.

Fikri, Z., Sulaiman, & Busyairi, A. (2019). Peningkatan Kapasitas Mahasiswa PPL FKIP-UGR Tahun 2020 dalam Menyusun Rencana Program Pembelajaran (RPP). EDISI: Jurnal Edukasi Dan Sains, 3(1), 93–105.

Lalu Rudyat Telly Savalas. (2020). Pendampingan Guru Pamong Kegiatan Praktik Pengenalan Lapangan Dalam Rangka Program PPL ASEAN di Kota Mataram. Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Masyarakat, 5(3), 248–253.

Makmun, S., Rahmawati, S., Muslim, B., & Hafi, I. Y. (2019). Pendampingan Program Penerimaan Beasiswa. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 5(5), 5–9.

Meha, A. M., & Bullu, N. I. (2019). Hubungan Kesiapan Mengajar Dan Proses Praktik Pengalaman Lapangan Dengan Keterampilan Dasar Mengajar Mahasiswa Pendidikan Biologi. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 412–420.

Mubarok, R. (2020). Model Pengelolaan Praktik Pengalaman Lapangan Pada Masa Pandemi. Kelola: Journal of Islamic Education Management, 5(2), 147–160.

Ningsih, M. F. (2013). Pengaruh Program Pengalaman Lapangan (PPL) Dan Peran Guru Pamong Terhadap Kesiapan Menjadi Guru Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi Angkatan 2013 FKIP Universitas Sebelas Maret. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 20(3), 36–44.

Paraniti, A. A. I., & Noviyanti, P. L. (2019). Evaluasi rencana pelaksanaan pembelajaran pada pelaksanaan PPL terhadap pemahaman mahasiswa dalam penerapan scientific approach. Jurnal Bakti Saraswati, 08(01), 1–9.

Poerwanti, E. (2013). Pengembangan Model Pembinaan SD Muhammadiyah Di Malang Raya Untuk Menjadi Sekolah Ppl Bagi Mahasiswa Pgsd-Umm. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD), 1(1), 22.

Purwanti, P., & Yusuf, A. (2018). Studi evaluasi efektivitas pelaksanaan praktik pengalaman lapangan (PPL) mahasiswa Program Studi Bimbingan dan Konseling FKIP UNTAN Pontianak tahun 2017. Proceedings International Conference on Teaching and Education (ICoTE), 2(1), 159–168.

Santosso, A. M. (2017). Respon Mahasiswa Terhadap Pelaksanaan Ppl I Berbasis Lesosn Study (Ls) Student Responses on the Implementation of Ppl I Based Ls. Jurnal Biologi Dan Pembelajaran Biologi, 2(1), 2528–1615.

Sukoriyanto, S. (2018). Pendampingan Penggunaan Asesmen Portofolio Untuk Memonitor Kemajuan Mahasiswa PPL Bagi Guru Pembimbing. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 8(1), 23.

Suripan, Sucipto, Nurhadi, & Sopingi. (2017). Pendampingan Penyusunan Program Pengembangan Desa Laboratorium. Abdimas Pedagogi, 1(1), 87–93.

Sutapa, M. (2020). Penyelenggaraan Program PPL Pada Perguruan Tinggi LPTK. Jurnal Administrasi Pendidikan, 27(2), 183–195.

Downloads

Published

2021-02-28

How to Cite

Suardin Suardin, Muhammad Yusnan, & Wa Ode Dian Purnamasari. (2021). Program Pendampingan Mahasiswa dalam Praktek Pengenalan Lapangan Prasekolah di SD Negeri 4 Lakudo. NUSANTARA Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 38–44. https://doi.org/10.55606/nusantara.v1i1.750

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.