Pengembangan Model Laboratorium Jaringan Virtual Menggunakan GNS3 Di SMKS Bhinneka Karya 5 Boyolali

Authors

  • Bayu Widodo Sekolah Vokasi IPB
  • Nur Aziezah Sekolah Vokasi IPB
  • Aditya Wicaksono Sekolah Vokasi IPB

DOI:

https://doi.org/10.55606/nusantara.v3i2.1118

Keywords:

GNS3, Jaringan, Virtual Lab.

Abstract

Pendidikan vokasi mengutamakan keterampilan siswa, menekankan pembelajaran langsung, dan menyelenggarakan proses pembelajaran teoritis secara lebih efektif. Untuk memenuhi kompetensi mereka di bidang jaringan komputer, banyak Sekolah Menengah Kejuruan (TKJ) memfasilitasi siswa bekerja menggunakan peralatan jaringan secara langsung. Sayangnya cara ini tidak terlalu efisien untuk mengajar di Laboratoriun Jaringan, terutama jika ukuran kelasnya sangat besar ataupun terkendala keterbatasan peralatan/ sarana jaringan komputer.  Tujuan dari kegiatan "Pengabdian Masyarakat Dosen Pulang Kampung IPB" yang dilaksanakan di SMKS 5 Bhinneka Karya Boyolali ini adalah memberikan pilihan praktis dan murah untuk melakukan kegiatan praktikum jaringan komputer dengan cara membuat "Laboratorium Jaringan Virtual". Solusi yang diberikan telah membantu mengatasi masalah keterbatasan perangkat keras dan aksesibilitas yang ada di laboratorium jaringan. Laboratorium Jaringan Virtual memberi siswa kemampuan untuk menerapkan instance virtual perangkat jaringan secara nyata.

References

Alqudah, Mashal, and Rozilawati Razali. “A Review of Scaling Agile Methods in Large Software Development.” International Journal on Advanced Science, Engineering and Information Technology 6, no. 6 (2016): 828–837.

Djordjevic, Borislav, Valentina Timcenko, Nenad Kraljevic, and Nemanja Maček. “File System Performance Comparison in Full Hardware Virtualization with ESXi, KVM, Hyper-V and Xen Hypervisors.” Advances in Electrical and Computer Engineering 21 (2021): 2021.

Fomin, Maxim. “GNS3 for Network Emulation” (2017).

Gil, Pablo, Gabriel J Garcia, Angel Delgado, Rosa M Medina, Antonio Calderon, and Patricia Marti. “Computer Networks Virtualization with GNS3.” In Proc IEEE Frontiers in Education Conference, 2141–2144, 2014.

Goyal, R, S Lai, R Jain, and A Durresi. “Laboratories for Data Communications and Computer Networks.” In FIE ’98. 28th Annual Frontiers in Education Conference. Moving from “Teacher-Centered” to “Learner-Centered” Education. Conference Proceedings (Cat. No.98CH36214), 3:1113–1118 vol.3, 1998.

Karal, Lukas, Berthold Rathke, and Wilko Reichwein. “VIDAR Lab: A Virtual Network Environment for Project-Based Learning of Undergraduate Students.” In 2022 IEEE German Education Conference (GeCon), 1–6, 2022.

Mohtasin, R, P W C Prasad, Abeer Alsadoon, George Zajko, A Elchouemi, and Ashutosh Kumar Singh. “Development of a Virtualized Networking Lab Using GNS3 and VMware Workstation,” n.d.

Prapanca, Aditya, and I Made Suartana. “Simulasi Virtual Laboratorium Untuk Pengajaran Jaringan Komputer.” Journal of Information Engineering and Educational Technology 1 (2017): 89.

Robani, Melia, Fia Rachim, Amelia Febriani, and Ega A. “Metode Learning by Doing Dalam Mengoptimalisasi Kualitas Belajar Siswa SMP.” Jurnal Ilmiah Edukasia 1 (2021): 24–30.

Syamsuddin, Irfan. “A Virtual Lab Model to Integrate Computer Networking Courses,” 2017.

Downloads

Published

2023-04-19

How to Cite

Bayu Widodo, Nur Aziezah, & Aditya Wicaksono. (2023). Pengembangan Model Laboratorium Jaringan Virtual Menggunakan GNS3 Di SMKS Bhinneka Karya 5 Boyolali. NUSANTARA Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 72–80. https://doi.org/10.55606/nusantara.v3i2.1118