PENINGKATAN KINERJA GURU DALAM MERENCANAKAN DAN MELAKSANAKAN PROSES BELAJAR MENGAJAR MELALUI SUPERVISI AKADEMIK KEPALA MADRASAH MTs DARUL MUTTAQIN BUNGASUNGGU

Authors

  • Kasmawati Kasmawati MTs Darul Muttaqin Bungasunggu Kab. Gowa

DOI:

https://doi.org/10.55606/cendikia.v2i2.857

Keywords:

Kinerja Guru, Perencanaan dan Pelaksanaan Proses Belajar Mengajar, Supervisi Akademik

Abstract

Proses belajar mengajar di kelas merupakan suatu proses yang tidak terpisahkan dari proses perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran. Permasalahan yang ditemukan di lapangan bahwa guru belum dapat membuat perencanaan pembelajaran dengan baik, pembuatan perencanaan pembelajaran dilakukan setelah kegiatan pembelajaran dilaksanakan, dan masih banyak guru yang menggunakan metode pembelajaran konvensional. Permasalahan tersebut mendorong peneliti sebagai Kepala Madrasah untuk melakukan penelitian tindakan dengan tujuan untuk mengetahui penerapan dan keefektifan supervisi akademik Kepala Madrasah sebagai upaya peningkatan kinerja guru dalam perencanaan dan pelaksanaan proses belajar MTs Darul Muttaqin Bungasunggu Kab. Gowa Tahun Pelajaran 2021-2022. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Sekolah yang dilakukan dalam 3 siklus. Peningkatan kinerja guru pada siklus I, II, dan III sebesar 73,90%, 80,40%, dan 89,10%. Sedangkan ketuntasan individu pada siklus I, II, dan III sebesar 40%, 60%, 100%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa kegiatan pembinaan melalui penerapan supervisi akademik Kepala Madrasah dapat meningkatkan kinerja guru dalam perencanaan dan pelaksanaan proses belajar mengajar. Selain itu juga, kegiatan supervisi akademik ini juga efektif dalam meningkatkan kinerja guru dalam perencanaan dan pelaksanaan proses belajarn mengajar.

 

 

References

Daresh. (1989). Supervision as Aproactive Process. New Jersey: Logman.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan RI. (1982). Panduan Umum Alat Penilaian Kemampuan Guru. Jakarta: Proyek Pengembangan Pendidikan Guru.

Dodd, W.A. (1972). Primary School Inspection in New Countries. London: Oxford University Press.

Fattah, Nanang. (1996). Landasan Manajemen Pendidikan. Bandung: PT.Rosda Karya.

Glickman, C.D., et all. (2007). Supervision of Instruction: A developmental approach. Needham Heights, MA: Allyn and Bacon.

Hamalik, Oemar. (2002). Psikologi Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Hamalik, Oemar. (2005). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Purwanto, M. Ngalimin. (1997). Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosyda Karya.

Sudjana, Nana, dkk.. (2011). Buku Kerja Pengawas Sekolah. Jakarta: Pusat Pengembangan Tenaga Kependidikan, Badan PSDM dan PMP Kementerian Pendidikan Nasional.

Sudjana, Nana. (2013). Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Supriadi, D.. (1998). Mengangkat Citra dan Martabat Guru. Yogyakarta: Adicita Karya Nusa.

Suyud Margono. (2004). Alternatif Dispute Resolution. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Widyastono, Herry. (1999). Kinerja Guru Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 20 (5).

Downloads

Published

2022-05-22

How to Cite

Kasmawati Kasmawati. (2022). PENINGKATAN KINERJA GURU DALAM MERENCANAKAN DAN MELAKSANAKAN PROSES BELAJAR MENGAJAR MELALUI SUPERVISI AKADEMIK KEPALA MADRASAH MTs DARUL MUTTAQIN BUNGASUNGGU. CENDEKIA: Jurnal Ilmu Sosial, Bahasa Dan Pendidikan, 2(2), 142–154. https://doi.org/10.55606/cendikia.v2i2.857