Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Video Tutorial Terhadap Hasil Belajar Bimbingan TIK Pada Kelas X Di SMAN 1 BATAHAN

Authors

  • Ulvi Aulia Universitas Islam Negeri (UIN) Bukittinggi, West Sumatera, Indonesia
  • Liza Efriyanti Universitas Islam Negeri (UIN) Bukittinggi, West Sumatera, Indonesia
  • Azan Munardi

DOI:

https://doi.org/10.55606/cendikia.v3i1.677

Keywords:

Media pembelajaran berbasis video tutorial, hasil belajar.

Abstract

Media pembelajaran berbasis video tutorial adalah pembelajaran yang dilakukan dengan menggunakan teknologi dan disajikan dalam bentuk video. Pembelajaran dengan menggunakan video tutorial tentunya akan memudahkan siswa dalam memahami materi pembelajaran dan guru juga akan mudah dalam menyampaikan materi pembelajaran. Namun  karena Kurangnya kompetensi pendidik maupun peserta didik dalam pengembangan dan penggunaan teknologi pembelajaran sehingga menjadi permasalahan dalam proses pembelajaran. Salah satu bentuk media pembelajaran yang dapat digunakan agar pembelajaran menarik dan tidak membosankan adalah dengan  memanfaatkan teknologi dimana menggunakan teknologi untuk membuat video pembelajaran yang lebih menarik perhatian siswa untuk mengikuti proses pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pengunaan media pembelajaran berbasis video tutorial terhadap hasil belajar siswa. hasil belajar bimbingan TIK pokok bahasan microsoft word. Penelitian ini menggunakan metode purposive sampling area. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Alat pengumpulan data menggunakan metode, angket, observasi, tes, dan wawancara.

References

Pritandhari, Meyta and T. Ratnawuri, “Evaluasi Penggunaan Video Tutorial Sebagai Media Pembelajaran Semester Iv Program Studi Pendidikan Ekonomi Universitas Muhammadiyah Metro,” PROMOSI (Jurnal Pendidik. Ekon., vol. 3, no. 2, pp. 11–20, 2015, doi: 10.24127/ja.v3i2.329.

Cahyono, Dwi ,A. Pratama, and H. A. Damar Rani, “Pengembangan Video Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik di Smk Negeri 1 Kempas Kelas XI pada Mata Pelajaran Teknologi Jaringan Berbasis Luas (WAN),” Joined J. (Journal Informatics Educ., vol. 3, no. 1, p. 52, 2020, doi: 10.31331/joined.v3i1.1075.

Wirasasmita, Rasyid Hardi and Y. K. Putra, “Pengembangan Media Pembelajaran Video Tutorial Interaktif menggunakan Aplikasi Camtasia Studio dan Macromedia Flash,” EDUMATIC J. Pendidik. Inform., vol. 1, no. 2, p. 35, 2018, doi: 10.29408/edumatic.v1i2.944.

Syafi’i, Imam, “Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Video Tutorial Terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Seni Budaya Pokok Bahasan Menggambar Desain Ragam Hias Kelas VIII SMP Negeri 2 Maesan Bondowoso Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2016-2017,” J. Educ. Technol. Innov., vol. 1, no. 1, pp. 24–32, 2018.

Anggoro, Bambang Sri, “Meningkatkan Kemampuan Generalisasi Matematis Melalui Discovery Learning dan Model Pembelajaran Peer Led Guided Inquiry,” Al-Jabar J. Pendidik. Mat., vol. 7, no. 1, pp. 11–20, 2016, doi: 10.24042/ajpm.v7i1.23.

Rahmah, Husnia Y. Budianti, and F. Nasution, “Penerapan Metode Eksperimen Dalam Meningkatkan Kemampuan Kognitif Mengenal Sifat-Sifat Air Anak Usia 5-6 Tahun di Ra Maryam Sei Rampah,” Raudhah, vol. 07, no. 01, pp. 66–78, 2019.

Setianingsih, I. Gst. A. A. Aris. D. K. N. S. Putra, and I. K. Ardana, “Pengaruh Model Pembelajaran Reciprocal Teaching Berbantuan Media Audio Visualterhadap Kompetensi Pengetahuan Ipa,” J. Educ. Technol., vol. 3, no. 3, p. 203, 2019, doi: 10.23887/jet.v3i3.21827.

Susanti, Rini. “Sampling Dalam Penelitian Pendidikan,” J. Teknodik, no. 16, pp. 187–208, 2019, doi: 10.32550/teknodik.v0i0.543.

Fitriyani, Riska. “Pengaruh Model Inkuiri Terbimbing Terhadap Keterampilan Proses Sains Pada Materi Kelarutan Dan Hasil Kali Kelarutan,” J. Inov. Pendidik. Kim., vol. 11, no. 2, 2017.

Aulia, Nelta. et al., “( Pokok Bahasan Koloid Di SMAN 1 Cerenti ) Minimum ( KKM ). Adapun Kriteria oleh sekolah untuk mata pelajaran,” J. JOM FTK UNIKS, vol. 1, pp. 94–102, 2019.

Lumbanraja, Prihatin and C. Nizma, “Pengaruh Pelatihan Dan Karakteristik Pekerjaan Terhadap Prestasi Kerja,” J. Ekon. dan Bisnis Univ. Udayana, vol. 12, pp. 142–155, 2010, [Online]. Available: http://jurnalmanajemen.petra.ac.id/index.php/man/article/view/18172.

Downloads

Published

2023-01-04

How to Cite

Ulvi Aulia, Liza Efriyanti, & Azan Munardi. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Video Tutorial Terhadap Hasil Belajar Bimbingan TIK Pada Kelas X Di SMAN 1 BATAHAN . CENDEKIA: Jurnal Ilmu Sosial, Bahasa Dan Pendidikan, 3(1), 140–148. https://doi.org/10.55606/cendikia.v3i1.677