Implementasi Metode Pembelajaran Berbasis Edutainment Untuk Meningkatkan Metakognisi Siswa Mata Pelajaran Alqur’an Hadits Kelas VIII MTS Darul Arafah

Authors

  • Nurul Laila STAI Jam’iyah Mahmudiyah Tanjung Pura Langkat
  • Rani Febriyanni STAI Jam’iyah Mahmudiyah Tanjung Pura Langkat
  • Syarifah Syarifah STAI Jam’iyah Mahmudiyah Tanjung Pura Langkat

DOI:

https://doi.org/10.55606/cendikia.v3i1.675

Keywords:

Metode Pembelajaran,  Edutainment, Metakognisi Siswa

Abstract

Pembelajaran secara edutainment di desain sebaik mungkin agar siswa mampu bertahan dalam pembelajaran tanpa rasa jenuh, walupaun sebenarnya butuh kerja ekstra dalam mewujudkan pembelajaran yang terbaik. Jenis penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologis. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data observasi,wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini ditemukan metode Pembelajaran Berbasis Edutainmentdalam proses pembelajaran dapat meningkatkan upaya meningkatkan hasil belajar siswa setelah menerapkan Metode Pembelajaran Berbasis Edutainment menjadi meningkat Pada siklus I nilai rata-rata hasil belajar peserta didik adalah 71,5 dan ketuntasan klasikalnya mencapai 53.33%, sedangkan pada siklus II nilai rata-rata peserta didik adalah 78,18 dan ketuntasan klasiknya mencapai 80%. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan sebesar 37.77% . Hal ini menunjukkan bahwa hasil siswa sudah memenuhi target, sehingga peneliti berkesimpulan bahwa tidak perlu dilanjutkan lagi pada siklus berikutnya

 

References

Arikunto, Suharismi. Penelitian Kualitatif dan Kuatitatif. Yogyakarta: Bumi Aksara, 2019.

—. Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Bumi Aksara, 2019.

maisah, Martimis Yamin dan. Manajemen Pembelajaran Kelas. Jakarta: GP PresS, 2018.

Febriyanni, R., Wiguna, S., Arafah, N., & Akmalia, R. (2021). Efektivitas Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kemampuan Guru Menyusun RPP Di MAS Al-Ikhwan Serapuh. 5(2), 211–222.

Lexy J. Moleong. (2019). Metodologi Penelitian Kualitatif. Remaja Rosda Karya.

Lubis, E. A. (2012). Metode Penelitian Pendidikan. Unimed Press.

Siahaan, S. (2019). Pemanfaatan Teknologi dalam Penyelenggaraan Pendidikan Jarak Jauh Jakarta: Pustekkom Depdiknas. Jurnal Teknodik, Vol 1 No 1(Juni), 29–44.

Wiguna, S. (2021). Aplikasi anates dalam evaluasi pembelajaran. CV. Pena Persada.

Downloads

Published

2023-01-04

How to Cite

Nurul Laila, Rani Febriyanni, & Syarifah, S. (2023). Implementasi Metode Pembelajaran Berbasis Edutainment Untuk Meningkatkan Metakognisi Siswa Mata Pelajaran Alqur’an Hadits Kelas VIII MTS Darul Arafah. CENDEKIA: Jurnal Ilmu Sosial, Bahasa Dan Pendidikan, 3(1), 116–124. https://doi.org/10.55606/cendikia.v3i1.675